Mozilla Firefox Add-on Baru, Informasikan Siapa yang Telah Melacak Aktivitas Online Anda

12 Mar 2012 14:00 3802 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Paseban sebelumnya pernah membahas tentang resiko *online tracking*, alasan kenapa hal tersebut banyak terjadi saat ini serta cara mengatasinya. Kini terdapat Mozilla Firefox add-on baru yang bisa memberitahukan kepada Anda siapa yang telah melacak aktivitas *online* Anda.

Plimbi sebelumnya pernah membahas tentang resiko "online tracking", alasan kenapa hal tersebut banyak terjadi saat ini serta cara mengatasinya. Kini terdapat "Mozilla Firefox add-on" baru yang bisa memberitahukan kepada Anda siapa yang telah melacak aktivitas "online" Anda. Pada tingkat tertentu, "online tracking" bisa dikatakan bahwa pelacakan aktivitas "online" merupakan bisnis besar.

"Revenue dari perusahaan online tracking" yang terlibat bisa mencapai $39 milyar”, ungkap Gary Kovacs, CEO Mozilla. Hal ini tidak akan mereda dalam waktu dekat, tetapi masih bisa diatasi dengan bantuan Mozilla Firefox add-on terbaru. Kovacs telah meluncurkan "Mozilla Firefox add-on" baru bernama Collusion di sebuah acara "Technology Entertainment and Design conference" (TED). Add-on ini berupa alat visualisasi yang menggambarkan jumlah dan jenis situs yang melacak "browsing" Anda saat Anda melakukan "surfing web". Kovacs menyatakan pada presentasinya, "Privasi bukanlah pilihan, itu bukanlah hal yang harus kita bayar untuk menggunakan Internet.

” Bekerja seperti rincian warna-kode untuk mengetahui DNA asing, Mozilla Firefox add-on Collusion menyusun diagram dot matrix yang terdiri dari titik-titik abu-abu di mana menunjukkan situs yang dikunjungi atau yang mengunjungi, terhubung dengan titik-titik merah di mana situs yang mengakses "cookies" "browser" untuk memantau aktivitas "online" Anda. Data dari "cookies browser" Anda inilah yang berharga bagi perusahaan pengiklan, dan akan dibagi oleh situs yang melacak semua aktivitas "online" Anda ke pihak lain.

Ide Kovacs ini membawanya hingga akhirnya dia meluncurkan Mozilla Firefox add-on Collusion dalam skala besar, dengan tujuan pengguna bisa mencatat "online tracking" pada "browser" mereka dan mengirimkan data secara anonim ke "Database". Selanjutnya, "database" tersebut dapat diakses oleh peneliti dan orang lain untuk studi dan analisis. Idenya adalah, jika kita dapat memahami siapa yang melacak kita dan bagaimana mereka melakukan pelacakan, maka kita dapat menemukan cara yang lebih baik untuk melakukan "bypass". "Memory di Internet bersifat selamanya”, ungkap Kovac. "Kita sedang diawasi. Sekarang saatnya kita mengawasi pihak yang mengawasi kita”.

Anda bisa men-"download" Mozilla Firefox add-on terbaru ini melalui situs resmi Mozilla di alamat . Di situs tersebut Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Collusion. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel