Tips dan Trik Cara Menggunakan Aplikasi Keamanan 1Password for iOS

21 Mar 2013 13:30 3465 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
1Pasword adalah sebuah aplikasi keamanan yang wajib dipergunakan bagi Anda, untuk melindungi data-data pribadi di perangkat IOS Anda. Setelah sebelumnya Plimbi melakukan penjelasan mengenai apa itu aplikasi 1Password, maka pada artikel kali ini Plimbi akan memberikan tips atau tutorial cara menggunakan aplikasi 1 Password. Adapun yang Anda perlukan sebelum memulai adalah sebagai berikut.

1Pasword adalah sebuah aplikasi keamanan yang wajib dipergunakan bagi Anda, untuk melindungi data-data pribadi di perangkat IOS Anda. Setelah sebelumnya Plimbi melakukan penjelasan mengenai apa itu aplikasi 1Password, maka pada artikel kali ini Plimbi akan memberikan tips atau tutorial cara menggunakan aplikasi 1Password. Adapun yang Anda perlukan sebelum memulai adalah sebagai berikut:

  • 1Password for Mac dengan aplikasi Drobox yang sudah tersinkronisasi

  • Aplikasi 1Password for iOS, jika Anda belum memilikinya silahkan klik di sini.

Mengaktifkan fitur Dropbox Sync

Ketika Anda pertama kali meluncurkan aplikasi 1Password, Anda akan ditanya apakah Anda ingin membuat database baru, atau melakukan proses sinkronisasi (sync database) yang sudah ada atau pernah dibua. Karena pada contoh kali ini Anda menggunakan Dropbox untuk melakukan pross sinkronisasi data pada 1Password, maka kita akan memilih New Database.

Jika Anda ingin melakukan sinkronisasi melalui jaringan lokal Anda dengan menggunakan aplikasi 1Password pada Mac, maka Anda dapat mengikuti prosedur sinkronisasi dengan memilih "Sync Existing.”

Setelah proses tersebut, Anda akan dihadapkan dengan tampilan seperti berikut, silahkan Anda buat sebuah master password (create a master password), silahkan Anda isi password tersebut kemudian ulangi password tersebut (re-enter). Sebaiknya Anda juga harus membuat sebuah petunjuk password (password hint) ini akan sangat berguna ketika suatu saat nanti Anda lupa dengan password yang telah dibuat.

Setelah database telah Anda buat, seilahkan lakukan proses sinkronisasi dengan aplikasi Dropbox dengan cara memilih menu Settings > Sync > Dropbox. Setelah itu silahkan ubha pengaturan menjadi "ON”, lalu silahkan masukan akun Dropbox milik Anda pada jendela pop up.

Setelah Anda selesai melakukan proses pengaturan sebelumnya, maka aplikasi keamanan 1Password akan melakukan proses download database dengan sebuah kunci yang sudah terenkripsi dan akan disimpan didalam perangkat iOS milik Anda. Setelah proses download selesai maka semua data seperti pada data Logins, Accounts, Identities, Notes, Software dan Wallet akan muncul pada mobile app. Perlu Anda perhatikan, jika Anda melakukan perubahan pada versi mobile dari aplikasi 1Password maka akan dapat merubah proses sinkronisasi kedalam versi desktop dari aplikasi 1Password.

Add New Items

Anda juga dapat melakukan peroses penambahan data seperti data (login, account, identity, note, software, maupun wallet dengan cara menekan tombol + pada perangkat IOS Anda. Hal tersebut akan memunculkan jendela pop up ketika Anda ingin melakukan proses penambahan data pada aplikasi 1Password. Semua data-data yang ada pada perangkat IOS Anda maka akan secara otomatis dilakukan proses sinkronisasi (Dropbox Syncing)

Using the Built-in Browser

Untuk dapat mengakses data pada aplikasi 1Password (1Password), Anda dapat menggunakan aplikasi browser bawaan (built-in browser) untuk melakukan proses login ke aplikasi 1Password secara otomatis

Jika Anda melakukan hal tersebut pada built-in browser di aplikasi 1Password maka untuk dapat memasukan password dan melakuka proses login, silahkan Anda tekan logo kecil bola dunia (globe) pada browser toolbar, lalu silahkan pilih pada appropriate login pada form yang sedang ditampilkan pada situs web tersebut. Maka data-data Anda akan dilakukan secara otomatis, dan untuk dapat mengakses situs 1Password yang merupakan salah satu aplikasi keamanan terbaik iOS maka Anda harus melakukan proses login.

 

Video Cara Setting 1Password

 

[AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel