Amankan Password Anda dengan Aplikasi KeyGrinder Untuk iOS

22 Jan 2013 10:00 1751 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Aturan yang sering diemui untuk mengamankan akun online Anda adalah untuk tidak pernah menggunakan password yang sama lebih dari sekali. Namun, bagaimana jika Anda dapat menggunakan hanya satu password saja di mana-mana? Itulah yang dapat Anda lakukan dengan KeyGrinder.

Aturan yang sering diemui untuk mengamankan akun online Anda adalah untuk tidak pernah menggunakan password yang sama lebih dari sekali. Bahkan jika Anda melakukan kesalahan karena melanggar aturan ini, setidaknya Anda tidak pernah menggunakan password terpenting Anda lebih dari sekali.

Tapi bagaimana jika Anda dapat menggunakan hanya satu password saja di mana-mana, tanpa harus mendaftar untuk layanan manajemen password atau membayar biaya berlangganan? Itulah yang dapat Anda lakukan dengan KeyGrinder, dan ini sepenuhnya gratis untuk Anda gunakan secara online dan melalui aplikasi iPhone. Jika Anda memiliki kesulitan mengingat password, namun mengkhawatirkan akun online Anda, mungkin Anda bisa mencoba KeyGrinder, aplikasi password untuk iOS ini.

Cara Kerjanya

Aplikasi password ini bekerja menggunakan prinsip yang sangat sederhana, dan sudah banyak digunakan untuk menyimpan password dengan aman, yaitu hashing. Faktanya, KeyGrinder menggunakan teknik yang sama yang digunakan oleh Stanford University pada proyek PwdHash yang dirancang untuk menciptakan password yang kebal dari pencuri. Ide yang mudah untuk mengingat password dengan tingkat keamanan yang sangat kuat, password yang benar-benar unik.

Ketika Anda menggunakan aplikasi password ini untuk menghasilkan password, dibutuhkan data masukan dari Anda, misalnya "password” dan alamat situs yang Anda kunjungi misalnya "google.com”. Dengan mengubah password Anda menjadi hash domain-specific dan kedua masukkan data Anda dan situs yang coba diakses, masing-masing setiap password dari setiap domain yang Anda kunjungi akan sepenuhnya unik. Karena password ini telah di-hash, mereka juga merupakan kombinasi yang kuat dari huruf besar, huruf kecil dan angka, sehingga dengan sendirinya lebih kuat dari password yang paling berkesan.

Aplikasi password hampir identik dengan PwdHash, dan kedua layanan ini menghasilkan password yang sama ketika diberi mandat input yang sama. Karena situs tertentu memiliki sub-domain yang sama sekali berbeda untuk menangani fungsi terpisah yaitu mail.google.com dan drive.google.com, aplikasi ini hanya menggunakan "name.com” yang merupakan bagian dari domain tersebut. Ini berarti Anda tidak perlu mengingat masing-masing domain dan sub-domain yang Anda gunakan.

Bahkan, semua variasi domain berikut menghasilkan password aman yang sama: "mail.google.com”, "www.google.com”, "m.google.com”, "http://mail.google.com/”, "mail.google.com/d”. Perhatikan bagaimana "http://”, "www.” dan apapun setelah domain top-level dalam hal ini .com diabaikan.

Panjang masing-masing password akan bervariasi tergantung pada masukan password yang Anda masukkan, jadi untuk "mail.google.com” menggunakan "password” akan mengghasilkan "GEGW8EGRbW. Namun jika Anda menggunakan "mypasswordisaverylongpassword”, maka hasil yang akan keluar adalah: CYbbtuHIZ24PVt0qHwMFXAAAAA. Namun dalam hal ini, password yang dihasilkan tidak akan melebihi 26 karakter.

Memiliki akses ke layanan seperti KeyGrinder atau PwdHash pada web memang berguna, tetapi ketika ini hadir secara mobile, mengakses sebuah situs tidak selalu menjadi hal yang paling nyaman. Untuk ini, ada aplikasi resmi KeyGrinder yang dibanderol seharga $0.99, namun sekarang tampaknya ini sepenuhnya gratis. Aplikasi ini menawarkan fungsi yang identik dengan situs web.

Terlebih lagi, aplikasi password untuk iOS ini akan mengingat URL yang telah Anda gunakan. Sehingga Anda cukup memasukkan password master Anda dan memilih dari situs yang sering Anda kunjungi sebelum menghasilkan hash dan menduplikasi password ke clipboard. Kemudian Anda dapat menyisipkan hash ke layanan yang Anda butuhkan untuk login.

Aplikasi password untuk iOS ini akan menjaga keamanan profil online Anda, sambil menggunakan satu password dari web browser atau perangkat iOS Anda. Hal terbaik dari menggunakan solusi kriptografi seperti ini adalah bahwa password Anda tidak akan disimpan dimanapun. Untuk PwdHash ada ekstensi Chrome dan Firefox yang tersedia dari situs resminya.

Untuk diingat, bahwa tidak ada password yang sempurna, situs yang Anda kunjungi bisa saja diretas atau bocor. Jika Anda menggunakan password yang sama pada lebih dari satu lokasi, maka Anda sudah bermain-main dengan bahaya. KeyGrinder mungkin salah satu solusi yang bisa Anda gunakan. Download KeyGrinder untuk iOS di App Store. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel