Tips danTrik Cara Mudah Untuk Melepaskan Ketergantungan terhadap Layanan dan Fitur Google

19 Mar 2013 11:45 2494 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Banyak yang mengatakan jika Google telah menjadi agama kedua bagi para pengguna internet. Bagaimana tidak, hampir setiap hari kita pasti menggunakan layanan dan **fitur Google**, dari mulai Google Search, Youtube, Blogspot, bahkan hingga ke ponsel Android yang Anda gunakan. Walaupun banyak memberikan manfaat untuk kehidupan kita, namun tidak sedikit pula yang mengatakan jika Google banyak memberikan kerugian untuk penggunanya.

Banyak yang mengatakan bahwa Google telah menjadi guru bagi para pengguna internet. Bagaimana tidak, hampir setiap hari kita pasti menggunakan layanan dan fitur Google, dari mulai Google Search, Youtube, Blogspot, bahkan hingga ke ponsel Android yang Anda gunakan. Walaupun banyak memberikan manfaat untuk kehidupan kita, namun tidak sedikit pula yang mengatakan jika Google banyak memberikan kerugian untuk penggunanya. Hal tersebut tidak lain karena berkaita dengan hal privasi. Secara tidak langsung, Google telah mencatat semua hal yang kita lakukan di internet, dari mulai kata kunci apa saja yang kita ketik, hingga video apa saja yang kita tonton di Youtube.

Banyak orang yang memprotes tindakan Google tersebut, namun tetap saja protes dan kompalin tersebut tidak akan mempan untuk perusahaan sebesar Google. Jika protes dan complain sudah tidak mempan, maka hal yang dapat Anda lakukan selanjutnya tentu saja dengan melepaskan sedikit demi sedikit ketergantungan Anda terhadap layanan yang digunakan oleh Google tersebut. Walaupun tampak sangat sulit, namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya.

Log Out dari semua layanan Google

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mulai melepaskan diri dari Google adalah dengan meakukan log out dari akun Google dan jangan pernah memasukinya lagi. Untungnya Google saat ini telah menerapkan sistem yang menghubungkan semua layanannya, sehingga dengan keluar dari satu layanan, maka otomatis Anda juga akan keluar dari layanan lainnya.

Jika ternyata hal tersebut tidak mempan, maka Anda dapat langsung menghapus akun Google yang Anda miliki. Menghapus akun merupakan tindakan akhir yang dapat Anda lakukan jika Anda memang benar-benar ingin lepas dari Google. Namun sangat disarankan bagi Anda untuk tidak menghapusnya untuk menghindari penyesalan di masa yang akan datang.

Search Engine Baru: DuckDuckGo

Setelah keluar dari akun-akun Google, sekarang saatnya Anda mencari alternatif dari layanan Google yang Anda tinggalkan. Layanan yang paling banyak digunakan tentu saja Google Search. Nah, untuk menggantikan Google Search, Anda dapat menggunakan layanan DuckDuckGo sebagai penggantinya. Layanan ini lebih baik dari Google Search karena tidak akan melacak dan menyimpan data pencarian Anda sehingga privasi Anda tetap terjaga. Selain DuckDuckGo Anda juga bisa menggunakan WolframAlpha ataupun Bing.

Layanan Email Baru: Hotmail dan GMX

Gmail merupakan layanan Google yang juga tidak kalah populer dari Google Search. Untuk menggantikan layanan tersebut, Anda dapat menggunakan Hotmail dan GMX yang sama-sama menawarkan layanan gratis layaknya Gmail. Selain itu, Hotmail yang ada saat ini juga jauh lebih baik ketimbang versi terdahulu sehingga Anda layak untuk Anda coba. Di lain pihak, GMX juga menawarkan layanan email yang sangat aman dengan fitur enkripsi yang sangat baik.

Video Sharing Baru: Vimeo

Walaupun Youtube bukanlah produk asli Google, namun kini Youtube telah menjadi layanan Google yang sangat peminatnya. Rasanya sangat sulit sekali untuk melepaskan diri dari layanan video sharing ini, namun jika Anda benar-benar lepas dari Google maka Anda dapat mencoba beberapa situs video sharing alternatif. Vimeo merupakan situs video sharing yang mirip dengan Youtube walaupun kalah jauh dari popularitas dan jumlah pengguna. Selain itu ada juga situs Webisodes dan Veoh yang dapat Anda pertimbangkan.

Maps Baru: Bing dan MapQuest

Baru-baru ini banyak yang mengeluhkan layanan Apple Maps di iPhone terbaru yang sangat buruk kualitasnya sehingga orang-orang banyak yang kembali menggunakan Google Maps. Ya, Google Maps merupakan layanan peta terbaik saat ini dan sangat sulit untuk menemukan tandingannya. Saat ini mungkin hanya ada dua layanan peta yang mendekati Google Maps, yaitu Bing dan MapQuest.

Bing memiliki peta satelit yang lebih baik dari Google Maps, dengan gambar yang lebih tajam dan jelas. Fitur "Search Nearby” yang dimilikinya juga sama baiknya seperti yang dimiliki oleh Google Maps. Selain itu ada juga MapQuest yang sudah cukup populer untuk urusan peta GPS. Walaupun tidak memiliki fitur sebanyak Google Maps, namun layanan ini tetap harus diperhitungkan.

Web Browser Baru: Firefox dan Opera

Setelah lepas dari berbagai layanan Google tersebut, hal terakhir yang harus Anda lakukan tentu saja harus lepas dari browser buatan Google yaitu Chrome. Untuk hal yang satu ini mungkin tidak terlalu sulit karena banyak alternatifnya. Anda dapat menggunakan Firefox ataupun Opera Mini yang memiliki fitur yang tidak kalah baiknya dengan Google Chrome. Anda hanya tinggal menentukan saja browser mana yang nyaman untuk Anda gunakan. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel