Dukung Program Go Green dengan Melakukan 5 Langkah Ini pada Komputer Anda

6 Mar 2013 20:30 2627 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Global warming merupakan sebuah ancaman yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia di bumi ini. Maka dari itu, saat ini banyak pihak yang mengkampanyekan program go green untuk mencegah dampak buruk yang akan ditimbulkan oleh global warming.

Global warming merupakan sebuah ancaman yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia di bumi ini. Maka dari itu, saat ini banyak pihak yang mengkampanyekan program go green untuk mencegah dampak buruk yang akan ditimbulkan oleh global warming. Program go green tersebut dapat melingkupi berbagai macam hal, salah satu di antaranya tentu saja dengan melakukan penghematan pada alat elektronik.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini Plimbi akan mengulas beberapa hal yang dapat Anda lakukan pada komputer yang Anda miliki untuk mendukung program go green. Apa sajakah langkah-langkah tersebut? Simak ulasan Plimbi berikut ini.

Matikan Komputer ketika Tidak Dipakai

Tepat sekali, salah satu cara termudah untuk menghemat energi adalah dengan mematikan komputer ketika sedang tidak dipakai karena hal tersebut akan menghemat energi yang sangat banyak. Berdasarkan data yang diambil dari situs ComputersOff.ORG, mematikan komputer pada malam hari akan menghemat energi yang sama dengan:

  • Menjalankan jam dinding selama 1.392 minggu

  • Membuat 9.280 katung popcorn di microwave

  • Mencuci 464 potong baju

  • Memakai hair dryer selama 5.568 jam

  • Memakai vacuum cleaner selama 464 jam

  • Menjalankan microwave selama seminggu penuh.

Dengan melihat data tersebut dapat dibayangkan berapa banyak energi yang Anda hemat dengan hanya mematikan komputer di malam hari. Selain itu, sering menghidupkan dan mematikan komputer juga tidak akan membuat komputer tersebut cepat rusak. Pasalnya, semua komputer di masa sekarang ini diatur agar bisa dihipdupkan dan dimatikan sebanyak 40 ribu kali. Rasanya, sebelum Anda mencapai angka tersebut Anda pasti sudah akan membeli komputer baru.

Gunakan Power Management

Jika Anda malas untuk mematikan komputer, maka setidaknya Anda dapat menggunakan fitur power management yang ada di komputer Anda agar komputer tersebut masuk ke mode sleep ketika sedang tidak digunakan. Hal tersebut juga akan menghemat banyak energi listrik karena pada keadaan normal sebuah komputer akan memakan energi listrik sebesar 100 - 300 watt dan pada keadaan sleep hanya memakan 1 - 6 watt.

Jangan Membuang Komputer Bekas

Jika Anda membeli sebuah komputer baru, jangan sekali-kali membuang komputer bekas Anda karena hal tersebut dapat dengan cepat merusak alam. Jika komputer tersebut masih bisa digunakan, maka lebih baik bagi Anda untuk menjualnya atau memberikannya kepada orang yang membutuhkan. Jika komputer tersebut sudah rusak dan tidak bisa sipakai lagi, maka Anda bisa memberikannya ke perusahaan daur ulang ataupun menyimpannya sebagai koleksi unik.

Hemat dalam Melakukan Printing

Proses printing merupakan suatu hal yang memakan banyak energi, dari mulai tinta hingga kertas. Seperti yang sudah kita ketahui, kertas merupakan barang yang berkontribusi sangat banyak terhadap penebangan hutan. Maka dari itu janganlah sekali-kali melakukan printing untuk hal-hal yang tidak berguna. Pastikan Anda hanya mencetak berbagai macam hal yang memang harus dicetak saja.

Selain itu sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan printing secara bolak-balik untuk menghemat kertas. Karena dengan begitu, Anda akan menghemat penggunakan kertas dan listrik sebesar 50%.

Belilah Komputer yang Berlabel ENERGY STAR

Departemen Energi Amerika Serikat pernah mengeluarkan pernyataan jika semua komputer yang ada di Amerika Serikat menggunakan komputer yang memiliki label ENERGY STAR, maka hal tersebut akan menghemat penggunaan energi listrik senilai 2 milyar dollar. Selain itu, hal tersebut juga akan mengurangi efek rumah kaca yang setara dengan polusi dari 3 juta kendaraan. Maka dari itu, jika Anda ingin membeli komputer baru, pastikan komputer tersebut memiiki label ENERGY STAR agar dapat menghemat konsumsi energi yang dipakai. Hal tersebut juga akan semakin sempurna jika Anda mengkombinasikannya dengan power management di komputer tersebut.

Nah, dengan ulasan di atas sekarang kita mengetahui jika mendukung program go green bukanlah hal yang sulit. Selain dapat menyelamatkan lingkungan dari kerusakan, Anda juga otomatis akan menyelamatkan dompet Anda dari tunggakan biaya listrik yang berlebih. Selamat mencoba! [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel