Bagaimana Memilih Aplikasi Keyboard Android Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda?

11 Mar 2013 10:45 4251 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ada berbagai macam aplikasi keyboard Android yang bisa Anda gunakan dimana akan mengubah layout, tata bahasa, dan kadang memasukkan fitur spesial yang tidak ada pada default keyboard perangkat Android Anda. Beberapa keyboard bisa Anda dapatkan dengan mengeluarkan biaya, namun ada juga aplikasi keyboard gratis yang bekerja sama baiknya dengan yang berbayar.

Jika ada satu alasan mengapa memilih Android dibandingkan dengan tipe smartphone lainnya, pasti jawabannya adalah pengelolaannya yang mudah. Entah Anda akan melakukan berbagai macam pengelolaan dengan aplikasi yang berbeda, tema, atau custom ROM, Anda hanya perlu mengembangkan cara-cara yang ada. Selain itu, Anda juga dapat mengganti fitur yang ada di dalam perangkat Android, termasuk keyboard.

Ada berbagai macam aplikasi keyboard Android yang bisa Anda gunakan dimana akan mengubah layout, tata bahasa, dan kadang memasukkan fitur spesial yang tidak ada pada default keyboard perangkat Android Anda. Beberapa keyboard bisa Anda dapatkan dengan mengeluarkan biaya, namun ada juga aplikasi keyboard gratis yang bekerja sama baiknya dengan yang berbayar. Jika aplikasi keyboard default Android tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, mungkin Anda perlu mencari alternatif lainnya.

Fitur dari keyboard Android

Untuk menyesuaikan kebutuhan Anda akan keyboard Android yang sesuai dengan kebutuhan Anda, kita perlu melihat fitur-fitur pada keyboard Android yang mungkin Anda cari. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melihat lebih jauh fitur utama pada suatu keyboard dan tentukan apa yang paling Anda butuhkan.

  • Predictive typing. Ini adalah fitur yang diutamakan oleh orang yang mengetik dengan cepat, dimana akan menekan tombol demi tombol dan menghindari kesalahan dalam mengetik, namun dengan cara yang cepat. Jika Anda adalah seseorang yang hati-hati dalam mengetik dan sering mengalami kesalahan dalam mengetik, Anda mungkin tidak membutuhkan fitur ini.

  • Swipe typing. Selain melakukan tap pada saat pengetikan, fungsi swipe akan membawa Anda untuk melakukan slide menggunakan jari dari tombol ke tombol dan keyboard akan menerjemahkan kata apa yang Anda maksudkan untuk diketik. Sangat berguna ketika dikombinasikan dengan fitur predictive typing agar mengetik lebih cepat.

  • Customization. Dengan fitur ini, Anda dapat mengganti layout keyboard, menggunakan lebih dari satu bahasa, mengganti warna tema dan huruf, serta mengganti berbagai hal yang ada di aplikasi keyboard. Android mudah untuk dikelola, jadi memilkki keyboard yang mudah dikelola juga merupakan hal yang bagus.

  • Aesthetics. Beberapa orang tidak nyaman mengetik jika keyboard yang digunakan berpenampilan buruk. Mungkin Anda salah satu dari orang-orang tersebut. Jadi tidak ada salahnya mencari keyboard yang berpenampilan cantik dan menarik, terutama jika Anda ingin perangkatAndroid tampak lebih indah saat pengetikan.

Contoh aplikasi keyboard

Setelah Anda menentukan tipe keyboard seperti apa yang Anda butuhkan, Anda akan mencari aplikasinya. Sebagai acuan, berikut contoh aplikasi keyboard terbaik yang bisa Anda gunakan.

  • SwiftKey Flow

SwiftKey Flow memiliki segalanya yang Anda butuhkan dari sebuah keyboard untuk Android yaitu swipe typing, predictive typing, customization, dan tampilan yang menarik. Dengan paket yang lengkap tersebut, Anda akan dimudahkan dalam kegiatan mengetik dengan memanfaatkan aplikasi keyboard ini. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di sini.

  • Go Keyboard

Go Keyboard merupakan aplikasi keyboard yang mendukung berbagai bahasa, dan fitur predictive typing dapat Anda manfaatkan untuk mengetik dalam berbagai bahasa juga. Ditambah, terdapat fitur customization dimana Anda dapat bermain-main dengan tema, Emoji, dan layout. Fitur lain yang ada dalam Go Keyboard adalah support tablet, import kontak, support swipe gesture, dan layout bahasa. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di sini.

  • Smart Keyboard

Aplikasi keyboard ini tidak memiliki banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan. Tidak ada swipe typing, gesture, predictive typing. Ini adalah suatu aplikasi keyboard yang normal dan tanpa fitur berarti. Jadi, apa yang bisa kita dapatkan? Satu hal yang menjadi kelebihan Smart Keyboard adalah, Anda dapat mengganti layout keyboard dengan sangat mudah. Anda dapat mengelola layout keyboard sesuai dengan keinginan Anda. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di sini.

Pilih keyboard sesuai kebutuhan

Entah apakah Anda mencari keyboard dengan fitur predictive typing, swipe typing, customization, atau aesthetic, Google Play store telah menyediakan aplikasi untuk menyalurkan kebutuhan Anda tersebut. Selain contoh keyboard tadi, masih banyak aplikasi keyboard lain yang bisa Anda temukan. Jadi sekarang tentukan pilihan Anda, dan jelajahi berbagai aplikasi keyboard di Google Play store. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel