Tips & Trik Mengamankan Ponsel Symbian Anda

1 Mar 2013 15:00 2393 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Aplikasi atau game di ponsel sejatinya diinstal untuk dapat digunakan. Namun ada beberapa aplikasi atau games di ponsel yang bersifat 'pribadi'.

Aplikasi atau game di ponsel sejatinya diinstal untuk dapat digunakan. Namun ada beberapa aplikasi atau games di ponsel yang bersifat 'pribadi'. Apa jadinya jika ponsel Symbian Anda sering dipinjam oleh orang lain atau dimainkan oleh Anak-anak Anda? Tentu akan khawatir ada yang bisa membukanya tanpa sepengetahuan, bukan? Atau mungkin ada aplikasi yang menyimpan data penting anda sehingga anda tidak ingin orang lain membuka dan mengetahui data data tersebut? Anda tidak perlu khawatir, karena ternyata Symbian memiliki dua aplikasi yang cukup dapat diandalkan dalam menjaga privasi anda, terutama aplikasi aplikasi penting anda di dalam ponsel. Aplikasi itu adalah AppHider dan Mr. Applock. Penasaran? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

  1. AppHider Aplikasi ini dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi agar tidak dapat terlihat pada menu. Sayangnya aplikasi ini tidak dilengkapi dengan password, sehingga pengguna lain yang sudah mengetahuinya dapat memunculkan aplikasi yang tersembunyi dengan mudah. Bagaimana cara menggunakannya? Berikut adalah caranya. . Download dan install aplikasi AppHider melalui Ovi Store. Untuk mendownload aplikasi ini Anda harus merogoh kocek 5 ribu rupiah.
  2. . Setelah selesai download dan install, jalankan aplikasi ini melalui Start Menu.
  3. . Untuk menyembunyikan aplikasi, Anda dapat memilih switch yang ada disebelah kanan aplikasi menjadi sampai warnanya abu-abu.
  4. . Hasilnya dengan menggunakan aplikasi ini, maka setiap aplikasi yang disembunyikan akan tersembunyi dan tidak tampil pada Start Menu.

Mr. Applock Aplikasi berikutnya adalah Mr. Applock. Mr. Applock dapat digunakan untuk mengunci aplikasi atau games yang ada di ponsel. Aplikasi yang ini cukup menjanjikan karena ada fitur password yang akan mengunci aplikasi anda, sehingga orang yang ingin mengaksesnya harus memasukkan password yang hanya anda yang mengetahuinya. Aplikasi ini juga tersedia dalam dua versi gratis dan berbayar. Perbedaan yang paling signifikan adalah fitur pada versi gratis tidak selengkap pada versi berbayar. Namun anda dapat mencoba aplikasi secara gratis, bila anda tertarik, maka anda dapat membeli versi berbayarnya. Bagaimana cara mendapatkan dan menggunakannya?

  1. . Download dan install aplikasi Mr.Applock melalui Ovi Store. Di Ovi Store aplikasi tersedia 1 pilihan yaitu Versi Full dan Versi Lite. Bedanya di versi lite tidak dapt berfungsi selengkap di versi Full. Pilih Download untuk mendownload dan menginstall.
  2. . Jika sudah selesai menginstall, Jalankan aplikasi dengan memilih launch.
  3. . Saat pertama kali aplikasi ini dijalankan, Anda harus mensetting unlock PIN.
  4. . Masukkan dua PIN yang sama sesuai yang Anda diinginkan, yang nantinya akan dipakai saat Anda akan menjalankan aplikasi ini dan aplikasi yang dikunci dengan PIN.
  5. . Aplikasi ini akan menginformasi ke Anda, apakah aplikasi ini akan berjalan secara otomatis saat ponsel dinyalakan. Lalu pilih Yes.
  6. . Pilih aplikasi yang ingin Anda kunci, sampai pada sebelah kanannya akan muncul ikon gembok. Anda juga dapat mengganti unlock PIN, mengunci banyak aplikasi sekaligus, atau mengnonaktifkan Autostart. Dengan memilih Option.
  7. . Hasilnya dengan aplikasi ini, setiap aplikasi yang terkunci saat dijalankan akan meminta PIN untuk membukanya.

Dengan menggunakan kedua aplikasi ini Anda dapat memilih nama yang cocok untuk Anda. Apakah aplikasi tersebut harus Anda kunci atau sembunyikan. Tidak hanya itu Anda juga dapat menggunakan keduanya, untuk saing melengkapi satu sama lainnya. Di mana Anda dapat menyembunyikan aplikasi dengan AppHider. Lalu aplikasi AppHider dapat dikunci dengan Lite Mr. LockApps untuk mengunci. Sehingga kekurangan aplikasi AppHider dapat tertutupi oleh aplikasi Mr.AppsLock. Penggunaan keduanya akan membuat isi dari ponsel Anda akan semakin aman dari tangan tangan jahil. Selain itu, Anda akan lebih tenang ketika ponsel Anda tertinggal di meja kantor ataupun rumah sekalipun karena walaupun ada yang mencoba menggunakannya, maka aplikasi aplikasi pribadi dan penting anda tidak dapat diakses sembarang orang. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel