Mengenal Kecanggihan Teknologi Accelerometer iPhone

13 Dec 2011 09:00 5290 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pada awal kemunculannya Apple iPhone memang tampak seperti tipe yang sama sekali baru dari ponsel kebanyakan. Ini merupakan kombinasi ramping dari ponsel, Internet (lengkap dengan *email*, *browsing* dan pencarian peta) dan iPod MP3 player.

Pada awal kemunculannya Apple iPhone memang tampak seperti tipe yang sama sekali baru dari ponsel kebanyakan. Ini merupakan kombinasi ramping dari ponsel, Internet (lengkap dengan *email*, *browsing* dan pencarian peta) dan iPod MP3 player.

iPhone menghadirkan layar *touch screen* yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan hanya dengan menunjuk nama orang dan nomornya di ponsel dengan jarinya. iPhone juga menggunakan *accelerometer*, yang mendeteksi gerakan perangkat.

Sebelum kita membahas accelerometer iPhone lebih jauh, kita perlu memahami dasar-dasar *accelerometer* pada umumnya. *Accelerometer* adalah perangkat yang dapat mengukur kekuatan percepatan, baik yang disebabkan oleh gravitasi atau oleh gerakan. Dengan *accelerometer* kita dapat mengukur kecepatan pergerakan suatu objek yang terpasang.

Contohnya pada iPod Nike + yang digunakan dalam sepatu lari. Sensor piezoelektrik dapat mengetahui apakah sepatu yang mereka gunakan bergerak berdasarkan jumlah waktu sepatu berada di tanah vs jumlah waktu sepatu berada di udara, dan iPod dapat mengubah informasi ini menjadi ukuran akurat kecepatan di mana pelari bergerak.

Karena gerakan *accelerometer* berdasarkan indra dan gravitasi, ia juga dapat merasakan sudut di mana itu sedang diadakan. Inilah yang membuat Wii bekerja, berbeda dari joystick, pengguna atau pemutar dapat memanipulasi kontroler (bukan seperti *remote control*).

Kontroler ini berisi *solid-state accelerometer*, yang bisa merasakan kemiringan, gerakan dan kecepatan yang diterapkan kepada mereka, serta arah yang terpaut dengan layar Wii. Hal ini memungkinkan pemain untuk menggunakan gerak intuitif dan natural. Ketika Anda bermain, misalnya, permainan melawan pedang, kontroler digunakan sebagai pedang, yang mana gerakan Anda diterjemahkan menjadi sinyal listrik ke komputer.

Lalu bagaimana dengan accelerometer iPhone Penggunaan *accelerometer* iPhone "5 Aplikasi Diabetes

iPhone Bagi Anda Penderita Diabet") ini mirip dengan yang di Wii, walaupun pada skala yang lebih kecil. Gerakan dan kemiringan perangkat dicatat oleh sensor, sehingga dapat membedakan mana cara layar sedang dilihat atau digunakan. Hal ini memungkinkan untuk secara otomatis menyesuaikan *output* visual untuk membuatnya sesuai dengan arah layar. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memutar ponsel dari posisi vertikal ke horisontal, mengubah tampilan video ke layar lebar lanskap dan menjadikannya sempurna untuk menonton acara TV dan video musik. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel