Cara Cepat Upload File dan Unggah Data dengan Plugin FireFTP

7 Mar 2013 10:30 3688 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Peramban web Mozilla Fireforx memang memiliki banyak fitur-fitur plugin dalam bentuk Add-on yang kesemuanya memiliki fungsi masing-masing. Beberapa diantaranya yang sangat populer digunakan adalah DownloadHelper untuk bantuan download, Greasemonkey untuk kebutuhan perubahan memodifikasi tampilan website dan lain-lain. Pada artikel kali ini kami akan membahas sebuah plugin Mozilla Fireforx yang berfungsi untuk mengunggah (upload) dan mengunduh (download) data-data ke server hosting maupun dari server hosting.

Peramban web Mozilla Fireforx memang memiliki banyak fitur-fitur plugin dalam bentuk Add-on yang kesemuanya memiliki fungsi masing-masing. Beberapa diantaranya yang sangat populer digunakan adalah DownloadHelper untuk bantuan download, Greasemonkey untuk kebutuhan perubahan memodifikasi tampilan website dan lain-lain. Pada artikel kali ini kami akan membahas sebuah plugin Mozilla Fireforx yang berfungsi untuk mengunggah (upload) dan mengunduh (download) data-data ke server hosting maupun dari server hosting. Plugin ini bernama FireFTP, sebuah plugin yang gratis, open source dan dapat digunakan pada lintas platform. FireFTP dapat dikenali dari logonya yang bergambar kuda laut tersenyum berwarna biru, dengan ekor melingkar seperti obar nyamuk bakar. Dan dengan ini diyakini bahwa Anda akan bisa menemukan cara cepat upload file image dan data Anda.

Pada plugin FireFTP ini sebenarnya memiliki fungsi dan kegunaan yang hampir sama dengan file transfer lainnya, namun FireFTP menumpang dan berdiri pada peramban web Mozilla Firefox, sedangkan alat sejenis yang lainnya dapat berdiri sendiri. FireFTP sangat mudah untuk digunakan karena lebih lebih ringan, dan sudah otomatis menjadi satu dengan browser.

Untuk penggunaannya, FireFTP dapat Anda aktifkan dari menu Tools, membuka pandangan dua-pane dalam jendela Firefox. Pada pane di sebelah kiri akan menunjukan sistem file lokal, pohon direktori serta daftar file dalam direktori. Sedangkan pada panel di sebelah kanan akan menunjukkan remote server FTP. Diantara panel juga terdapat dua tombol dengan ditunjukan panah, satu untuk mengunggah (upload) dan satunya lagi untuk (download).

Untuk dapat menghubungkan ke sebuah server FTP, salah satunya dapat Anda masukan nama situs secara langsung ("QuickConnect") atau bisa juga menggunakan fasilitas Account Manager untuk membuat FireFTP karena ada pengaturan khusus pada situs tertentu, termasuk didalamnya username, pengaturan keamanan (skema enkripsi), password, modus pasif , direktori awal untuk mengubah pada koneksi, serta perubahan masalah untuk dilakukan dalam nama file setelah transmisi.

Anda bisa mendapatkan plugin FireFTP ini dengan mengunduh dan menginstal langsung dari adoons Mozilla versi 2.0.10. Proses pemasangan FireFTP pada peramban web Mozilla cukup singkat, seperti pemasangan plugin-plugin lain. Pada halaman link diatas, Anda cukup mengklik pilihan +Add to Fireforx, setelah itu otomatis akan melakukan proses download. Proses download hanya sekitar 10 detik (tergantung kecepatan koneksi) dan selanjutnya akan muncul jendela untuk proses install dengan waktu menunggu 3 detik. Setelah itu plugin FireFTP siap untuk digunakan dan jangan lupa sebelumnya untuk restart Mozilla agar pemasangan berhasil.

Sebelum Anda menggunakan FireFTP ini untuk menghubungkan hardisk dengan server hosting Anda, silahkan buat akun terlebih dahulu sebagai bukti pengguna yang sah. Caranya dengan memilih Create an account dan ikuti petunjuk selanjutnya, yakni isi dengan data hostingan Anda, seperti nama hosting, login serta password yang akan digunakan. Jika proses pembuatan akun telah selesai selanjutnya Anda tinggal mengklik opsi Connect agar data di komputer lokal Anda dapat terhubung dengan server di hosting Anda. Jika sudah FireFTP sudah tersambung maka Anda bisa upload ke hostingan dengan proses yang sangat mudah. Beberapa orang juga menggunakan FireFTP untuk mengubah isi web baik template maupun isi kandungan web.

Perlu Anda ketahui bahwa FireFTP juga dapat mendukung caching daftar direktori, dan juga dapat melakukan perbandingan antara pohon direktori lokal dan remote satu. Hal ini tentunya dapat terhubung melalui proxy server dan dapat secara otomatis kembali setelah pemutusan. Terdapat juga fitur yang dapat mengatur untuk mencegah semua link berbentuk ftp:// di Firefox sehingga membuat terbuka dalam FireFTP.

Tata letak plugin FireFTP sangat mirip dengan WS FTP, dan terhitung sudah ada lebih dari 21 juta orang yang mengunduh dan menggunakan FireFTP dari situs penyedia Pengaya Firefox (per April 2012). Satu kelemahan dari FireFTP, plugin ini tidak dapat menangani (upload dan download) file yang ukurannya lebih besar dari 2GB, dan karenanya tidak dapat mentransfer (full-size) DVD. Pengembang dari FireFTP adalah Mime Cuvalo dari negara Kroasia.
Download FTP di sini. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel