Tips Untuk Mengoptimalkan Kinerja Browser Tablet Anda

22 Feb 2013 18:30 2596 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tablet saat ini memiliki berbagai fungsi yang cukup digemari oleh berbagai kalangan pengguna gadget, baik itu untuk menonton video, mendengarkan lagu, bahkan sampai membuat lagu.

Tablet saat ini memiliki berbagai fungsi yang cukup digemari oleh berbagai kalangan pengguna gadget, baik itu untuk menonton video, mendengarkan lagu, bahkan sampai membuat lagu. Namun, selain lebih banyak dimanfaatkan untuk menikmati fasilitasi multimedia, Tablet PC kerap digunakan untuk browsing internet. Permasalahannya, browser standar bawaan Tablet terkadang kurang memberikan kenyamanan saat akan menggunakannya. Akhirnya, Anda merasa bahwa aktivitas browsing dengan tablet tidak senyaman ketika menggunakan komputer atau laptop Anda.

Namun, ternyata ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan kinerja dan penggunaan dari browser tablet Anda, sehingga Anda akan merasa lebih nyaman ketika melakukan aktivitas browsing dengan tablet kesayangan Anda. Mari kita simak apa saja langkah serta tips yang harus dilakukan agar browser tablet Anda semakin optimal ketika digunakan.

Mengganti Default Format Halaman Web

Pada beberapa website tertentu, sudah tersedia pengaturan otomatis yang akan menampilkan tampilan halaman sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan, seperti ponsel, tablet, atau komputer. Penyesuaian ini nantinya akan memaksimalkan hasil yang ditampilkan pada layar browser Anda. Untuk memastikan hasil yang ditampilkan maksimal, ada baiknya Anda mengatur pengaturan ke Default. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Melalui Browser pilih menu setting.
  2. Tap Advance dan ganti 'User agent string' menjadi sesuai yang dinginkan yaitu desktop atau tablet.

Tidak semua Tablet memiliki menu user agent option. Seperti pada Acer Iconia A500, Anda harus
menggunakan cara yang berbeda yaitu melalui browser, ketik 'about:debug' pada address bar. Setelah itu Anda dapat masuk ke Setting, maka akan ada menu 'Debug' dan pilihan yang ditemukan pada user bisa diganti di sini.

Mempercepat Browsing Web

Android memiliki keunggulan berupa kemampuan menjalankan Flash pada browser mereka. Ini yang menjadi keunggulan mereka dibandingkan dengan produk Apple saat ini. Namun, ternyata ini tidak selalu menjadi keunggulan, karena pada umumnya iklan yang ada di dalam halaman web menggunakan konten Flash, sehingga akhirnya membuat waktu membuka halaman web semakin lama, dan tentunya menghabiskan kuota internet Anda. Jadi, jika Anda tidak terlalu memerlukan fitur Flash, Anda disarankan mematikan fitur pembacaan Flash ini dari browser Anda. Cara yang tepat untuk menonaktifkannya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih Browser, lalu Setting>Advanced dan ganti pada 'Enable plug-ins' menjadi 'On demand'. Maka aplikasi Flash akan muncul sebagai panah yang harus Anda klik untuk memulainya.
  2. Cara lain adalah dengan melalui browser, ketik 'about:debug' pada address bar
  3. Setelah itu Anda dapat masuk ke setting, maka akan ada menu 'Debug'. Matikan pada OpenGL rendering.

Sinkroniasikan Bookmark Browser Anda dengan Browser desktop PC

Pada aplikasi browser bukan bawaan, seperti Chrome, Anda dapat dengan mudah melakukan sinkronisasi antara browser di tablet Anda dengan komputer. Sehingga Anda tidak perlu repot mencari halaman halaman penting di yang dibuka di komputer Anda, ketika Anda ingin membukanya di tablet Anda. Pada sistem operasi Honeycomb, Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk melakukan sinkronisasi, cukup melakukan langkah langkah di bawah ini, maka data Anda akan tersinkroniasi secara langsung dari browser di komputer rumah Anda.

  1. Pilih Preferences > Personal Stuff pada browser Chrome desktop PC Anda dan pilih settings.
  2. Melalui menu General pada Honeycomb's browser. Lalu pilih sync with Google Chrome

Dapatkan Browser versi 3.1

  1. Jalankan browser.
  2. Pilih Setting > Labs dan Anda akan menemukan Anda akan melihat sebuah pilihan untuk ' Quick Control'.
  3. Ini akan memunculkan thumbwheel kecil di sisi halaman untuk navigasi dan akan diaktifkan sebagai standar dalam update berikutnya.

Cara cara di atas adalah sebagian besar cara yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan kinerja dan kenyamanan Anda ketika sedang melakukan aktivitas browsing. Tentunya aktivitas browsing di era teknologi dan internet saat ini merupakan sebuah kegiatan yang lumrah dilakukan. Anda dapat mencari berbagai informasi dengan cepat dan mudah hanya dengan melakukan aktivitas browsing. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengutamakan kenyamanan Anda ketika sedang melakukan aktivitas tersebut. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel