Cara Mengatasi Komputer Error dengan 3 Software Ini

23 Feb 2013 15:00 12571 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
*Error* bukan suatu hal yang asing lagi ditelinga para pengguna komputer. Dari mulai *error* tingkat rendah sampai tingkat tinggi pun pasti pernah dialami para pengguna komputer. Dan kadang-kadang jalan pintas mereka adalah dengan install ulang. Kurang lebih cara itu masih ampuh memecahkan masalah, tapi akan makan waktu sangat lama dan riskan dengan data yang sudah pernah kita simpan dalam partisi.

Error bukan suatu hal yang asing lagi ditelinga para pengguna komputer. Dari mulai error tingkat rendah sampai tingkat tinggi pun pasti pernah dialami para pengguna komputer. Dan kadang-kadang jalan pintas mereka adalah dengan install ulang. Kurang lebih cara itu masih ampuh memecahkan masalah, tapi akan makan waktu sangat lama dan riskan dengan data yang sudah pernah kita simpan dalam partisi. Ditambah lagi kalau sering install ulang maka harddisk akan cepat rusak. Kenapa ? karena ketika install ulang dilakukanlah format partisi, dan format itu membuat piringan harddisk berputar sangat cepat. Akibat yang ditimbulkan dalam harddisk yang berputar cepat itu berupa panas berlebihan. Apa akibatnya kalau hal ini terjadi berkali-kali ? setidaknya anda sendiri bisa menilai langkah terburuk selanjutnya.

Berikut akan diulas 3 software untuk memperbaiki error pada komputer dan sering muncul pada Google sebagai software terbaik untuk mengatasi masalah komputer. Dan inilah cara memperbaiki komputer error dengan software:

Advanced System Care

Software yang satu ini sangatlah powerful. Kenapa ? karena dia dapat mengatasi berbagai macam masalah. Mulai dari kasus malware, registry yang rusak, disk yang terkena damage, harddisk badsector, registry dan disk yang fragmented, pemakaian memori yang berlebihan, mempercepat koneksi internet, memaksimalkan performa komputer untuk bermain game. Kalau bisa dibilang software ini adalah software All-In-One. Kabar gembiranya , software ini dapat diunduh secara gratis di website resminya. software ini dibuat oleh perusahaan IObit bermula pada tahun 2004. Banyak award yang didapatkan dan testimoni yang mendukung software ini sebagai software terbaik untuk mengatasi masalah komputer. Apalagi software ini ada versi yang menambahkan antivirus buatan mereka. Jadi tidak hanya masalah komputer secara umum tapi virus pun dapat diatasi hanya dengan satu software ini. Hebat bukan ?. IObit tidak hanya menyediakan untuk versi desktopnya saja tapi untuk ponsel pun disediakan. Untuk saat ini masih terbatas untuk pengguna Android saja. Download di sini.

Ccleaner

Ccleaner singkatan dari Crap Cleaner dikembangkan oleh Piriform. Program ini kurang lebih bertujuan untuk membersihkan berkas-berkas yang sudah tidak berguna maupun yang punya probabilitas tinggi sebagai berkas yang berbahaya. Selain membersihkan berkas , Ccleaner juga deprogram untuk membersihkan registry. Ketika suatu program diuninstall dari komputer bukan berarti registrynya pun ikut dihapus. Kalaupun ingin menghapus harus lewat regeditor dan akan membuat tingkat kompleksitas penghapusan semakin tinggi alias rumit. registry yang sudah tidak terpakai merupakan salah satu faktor jelas yang mendukung terjadinya error pada komputer. Oleh karena itu, ccleaner memudahkan penggunanya memperbaiki komputer secara instant lewat pembersihan berkas dan registry. Download di sini.

Defraggler

Masih seputar pengembangan yang dilakukan oleh Piriform hanya saja kalau Ccleaner fokus pada pembersihan berkas dan registry yang tidak berguna, Defraggler fokus ke arah defragment disk. Defragment dilakukan bertujuan agar data yang diproses di dalam partisi terbaca dengan lancer tanpa ada kendala yang membuat proses pembacaan terasa lama. Bedanya dengan defragmenter yang sudah disediakan di dalam Windows , Defraggler menambahkan fitur baru berupa Optimization dan kecepatan yang lebih dalam melakukan defragment. Kalau yang pernah melakukan proses defragment di Windows menggunakan software bawaan pasti akan terasa lama. Apalagi yang masih menggunakan Windows XP. Untuk fitur optimization bertujuan agar setelah proses defragment terlaksanakan , program akan membuat proses pembacaan kedepannya jauh lebih cepat. Karena diatur tanpa dirapihkan sama saja tidak berguna.

Sebenarnya masih banyak lagi software untuk mengatasi error pada komputer namun yang Plimbi ambil hanya software yang sering terdengar pada forum dan dinyatakan sebagai trusted software. Sedikit saran dari Plimbi jangan terlalu sering menginstall ulang OS pada komputer dan apabila ada errorpun jangan cepat sekali panik. Kita ada internet, semua masalah rata-rata sudah dijelaskan pada forum dan ada problem solvingnya. Tambahan lagi, untuk software yang sudah dibahas di atas tadi ada versi Pronya. Tentunya berbayar dan dijamin tingkat kinerjanya jauh lebih baik. Untuk yang pro sekedar informasi saja bila ada yang ingin mengupgrade keversi yang lebih banyak fiturnya. Download di sini.
[NDR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel