jBatik - Software Design untuk Membatik Secara Profesional

5 Jun 2012 14:30 33376 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Selama ini orang hanya mengetahui bahwa proses membuat pola batik hanya bisa dilakukan dengan canting dan selembar kain, namun tahukah Anda saat ini telah tersedia software design untuk membatik bernama jBatik.

Semenjak ditetapkannya batik sebagai salah satu warisan budaya yang dihasilkan oleh Indonesia pada tahun 2009, perkembangan industri batik sangatlah pesat dan semakin banyak orang memakai batik sebagai salah satu busana resmi ataupun busana sehari-hari karena keragaman motif dan desainnya. Selama ini orang hanya mengetahui bahwa proses membuat pola batik hanya bisa dilakukan dengan canting dan selembar kain, namun tahukah Anda saat ini telah tersedia software design untuk membatik bernama jBatik.

Software design membatik ini dirancang oleh Muhamad Lukman, Nancy Margried dan Yun Hariadi dengan menggabungkan teknologi, seni arsitektur dan matematika yang kemudian menghasilkan apa yang disebut dengan batik fractal. Lalu mereka membentuk sebuah tim bernama Pixel People Project yang bergerak di bidang seni dan desain.

Dengan software design jBatik, proses membuat pola-pola batik dapat dilakukan dengan memetakan pola-pola batik secara matematis yang kemudian akan diterjemahkan dalam bentuk pola-pola batik digital oleh software batik yang satu ini. Bahkan hanya dengan satu pola jika dikombinasikan dengan pola-pola yang lain di jBatik bisa menghasilkan pola batik baru, sangat menarik bukan?

jBatik mampu menjalankan berbagai macam fungsi untuk membuat pola-pola batik layaknya sedang membuat pola-pola batik dengan canting, sebagaimana berikut:

  1. Satu Pola untuk Beragam Pola Baru. Dengan software design batik ini, hanya dengan satu pola dapat menghasilkan berbagai macam pola baru hanya dengan mengubah parameternya saja. Anda dapat menyimpan hasil pola buatan Anda sendiri di media penyimpanan terlebih dahulu jika Anda ingin melayout di kemudian hari.
  2. Draw Formula. Ini merupakan salah satu fitur yang tersedia di jBatik dengan hanya menggambar pola sederhana, software batik ini akan secara otomatis membantu Anda untuk membuat rumusan yang mudah tentang pola yang ingin Anda gambar yang tentu saja Anda dapat dengan bebas mengeditnya sendiri.
  3. Pola 3D. jBatik mampu menghasilkan pola batik dalam bentuk 3D yang tentunya akan sangat menarik. Anda dapat menambahkan tampilan gambar 3 dimensi baik dari kanan, kiri, depan maupun belakang sesuai dengan keinginan Anda.
  4. Layout dan Edit. Layaknya software untuk membuat gambar atau desain, jBatik juga memiliki fitur layout dan edit. Jika Anda memiliki sejumlah objek pola di media penyimpanan, Anda dapat me-layout-nya dengan Template Layout yang disediakan di jBatik. Jika Anda tidak puas dengan warna pola yang ada sebelumnya, Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan Anda bahkan posisi pola tersebut bisa diatur sesuai kemauan Anda dengan fitur edit.
  5. Import gambar dari media penyimpanan Lain. Tidak hanya pola yang tersedia dari jBatik yang dapat digunakan dalam software ini, jika Anda memiliki pola yang Anda sukai, Anda dapat meng-import pola Anda dalam format .png yang kemudian dapat di-layout menggunakan rumus jBatik.

jBatik sendiri telah mendapatkan penghargaan dari Asia Pacific ICT Award (APICTA) 2008 untuk kategori Tourism and Hospitality dan UNESCO 2008 Award of Excellence 2008 sebagai Stamp of Approval. Software batik yang satu ini juga telah mendapatkan hak patennya atas inovasi Batik Fractal, sehingga untuk mendapatkan jBatik anda harus merogoh kocek sebesar Rp 350.000, harga yang tidak terlalu tinggi dibandingkan software desain lainnya apalagi jBatik merupakan software karya anak bangsa yang harus kita dukung perkembangannya. Anda bisa mengunduhnya di situs batikfractal.com [FJ] 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel