10 Shortcut Keyboard Bagi Anda Pengguna Mac Pemula

14 Feb 2013 21:00 7190 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Banyak pengguna baru Mac yang mungkin merasa sedikit bingung ketika mereka melihat shortcut keyboard pada Mac yang berbeda dari apa yang pernah digunakan pada shortcut Windows atau pada sistem operasi lainnya. Pada artikel ini, Plimbi akan memandu Anda mengenai perbedaan-perbedaan, dan menunjukkan beberapa shortcut keyboard tersebut.

Shortcut pada sebuah aplikasi atau sistem operasi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan, shortcut ini berfungsi agar kinerja Anda pada saat menjalankan aplikasi maupun sistem operasi tersebut menjadi lebih efisien dan juga lebih cepat. Banyak pengguna baru Mac yang mungkin merasa sedikit bingung ketika mereka melihat shortcut keyboard pada Mac yang berbeda dari apa yang pernah digunakan pada shortcut Windows atau pada sistem operasi lainnya. Pada artikel ini, Plimbi akan memandu Anda mengenai perbedaan-perbedaan, dan menunjukkan beberapa shortcut keyboard tersebut.

1. Command + S

Pada sebagian besar aplikasi termasuk yang dibuat oleh Apple, shortcut keyboard ini berfungsi untuk melakukan proses menyimpan (save) sebuah file atau aplikasi atau dimana Anda sedang bekerja dengan aplikasi.

2. Command + X / Command + C / Command + V

Cutting, copying, dan pasting adalah bagian penting saat sedang mengerjakan sebuah tulisan pada Mac. Untuk melakukan proses tersebut dari kolom teks atau aplikasi pengolah kata, langkah pertama adalah dengan menyorot teks menggunakan mouse (atau menggunakan shift + panah kiri/kanan untuk memilih teks ke kiri atau kanan dari titik penyisipan), dan kemudian tekan Command+X. Ini akan menghapus teks yang dipilih, dan menyalinnya ke clipboard.

Untuk menyalin (Copy) teks dari kolom teks (atau aplikasi pengolah kata), pertama sorot teks menggunakan mouse (atau menggunakan shift + panah/tombol kanan kiri untuk memilih teks ke kiri atau kanan dari titik penyisipan), dan kemudian tekan Command+C ini akan menjaga teks yang dipilih, lalu akan membuat salinan dalam clipboard. Untuk melakukan paste teks yang telah di-cut atau copy, gunakan perintah Command+V dengan titik penyisipan di lokasi di mana Anda ingin isi clipboard yang akan disisipkan.

3. Command + Space

Pada sistem operasi Mac OS X Tiger versi 10.4, Spotlight adalah sebuah aplikasi untuk mencari konten pada Mac Anda, menjalankan aplikasi atau bahkan sebagai kamus untuk mencari arti sebuah kata. Jika Anda ingin memanggilnya gunakan perintah shortcut keyboard Command+Space. Tekan dan Anda akan mendapatkan sebuah bar Spotlight biru yang muncul di sudut atas kanan layar Mac Anda.

4. Command + Shift + A/U/D/R/H/L

Dalam proses pencarian sebuah file, perintah shortcut ini akan berguna untuk menghemat waktu dan juga mengefisienkan kinerja Anda tanpa harus mengklik berbagai pilihan menu yang disajikan. Untuk pergi ke berbagai folder pada Mac Anda dapat menggunakan shortcut berikut:

  • Command + Shift + A = Pergi menuju Go to Applications folder

  • Command + Shift + U = Pergi menuju Utilities folder (inside Applications folder)

  • Command + Shift + D = Pergi menuju Desktop folder

  • Command + Shift + R = Membuka Open AirDrop (tersedia pada Mac Lion dan versi di atasnya)

  • Command + Shift + H = Pergi menuju Home folder

  • Command + Shift + L = Pergi menuju user Downloads folder

5. Command + [ or ]

Mac memiliki banyak tombol browser untuk melakukan perintah forward maupun backward layaknya seperti yang terdapat pada browser seperti Safari, Chrome atau Firefox. Anda dapat menggunakan Command+[ untuk kembali, dan Command+] untuk maju. Jadi, jika Anda berada pada browser Safari, Anda dapat menggunakan perintah ini untuk kembali atau maju dalam hirarki browsing Anda tersebut. Pada beberapa aplikasi, Anda juga dapat menggunakan kombinasi perintah Command+ panah kiri, atau Command+ panah pada shortcut keyboard untuk menavigasikan perintah maju atau mundur.

6. Command + [ / ]

Jika Anda sedang bekerja atau sedang berada dalam dokumen yang panjang dan perlu untuk melompat ke salah satu bagian atas atau bawah, banyak aplikasi yang menggunakan salah satu perintah berikut: Command+ panah atas (untuk pergi ke atas dokumen), atau Command+ panah bawah (untuk pergi ke bagian bawah dokumen).

7. Command + .

Ketika Anda tidak yakin bagaimana cara mengeja kata yang benar dalam email yang sedang ditulis atau pada dokumen yang sedang Anda ketik, tentu Anda bisa mengandalkan pemeriksaan ejaan (spell check), Anda juga bisa memanfaatkan fitur dari Mac OS X dengan melakukan perintah Command + [titik]

8. Command + ,

Jika Anda perlu untuk cepat mengakses pengaturan preferensi dalam aplikasi? Cukup menggunakan Command+ [koma] dalam berbagai aplikasi. Jendela pop up akan membuka preferensi tersebut, dan Anda akan dapat mengubah pengaturan sesuai keinginan Anda.

9. Command + Q / Command + H

Ingin berhenti atau menyembunyikan aplikasi sementara Anda bekerja pada aplikasi lainnya? Cukup arahkan ke aplikasi yang Anda ingin hentikan dan tekan Command+Q. Aplikasi ini akan segera berhenti atau meminta Anda untuk menyimpan pekerjaan yang belum disimpan. Untuk menyembunyikan aplikasi, tekan Command+H. Menyembunyikan sebuah aplikasia kan membuat aplikasi tersebut terbuka, tapi tidak terlihat. Untuk menampilkan kembali aplikasi yang sudah disembunyikan tersebut, klik ikon di Dock atau menggunakan Command+Tab app switcher untuk memilihnya.

10. Control + Option + Command + Eject

Anda dapat melakukan shutdown dengan cepat dengan melakukan perintah Control + Option + Command + Eject. Jika Anda menginginkan Mac dalam kondisi sleep, gunakan perintah shortcut dengan menekan Option + Command + Eject. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel