Apa itu USB 3.0?

14 Feb 2013 08:30 3001 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Selama 14 tahun terakhir ini, Universal Serial Bus atau yang biasa disebut USB telah menjadi standar baku untuk menghubungkan berbagai perangkat dengan komputer

Selama 14 tahun terakhir ini, Universal Serial Bus atau yang biasa disebut USB telah menjadi standar baku untuk menghubungkan berbagai perangkat dengan komputer. Baik itu hard drive eksternal, kamera, mouse, maupun printer, pasti akan menggunakan USB untuk menghubungkannya. Teknologi USB sendiri telah dikembangkan sejak tahun 1993 yang ditandai dengan kemunculan USB 1.0 pada tahun 1996. Versi pertama tersebut mampu melakukan transfer data pada kecepatan maksimal 12 Mbits/s. Pada tahun 2001 munculah USB 2.0 yang dapat menembus kecepayan hingga 480 Mbits/s.
Akhirnya pada tahun 2010, USB 3.0 muncul di pasaran dengan berbagai kelebihan yang dimiliknya. Berbagai perubahan telah banyak dilakukan pada USB 3.0 ini, diantaranya adalah:

Transfer Rate
USB 3.0 ini mendukung kecepatan yang sangat tinggi yaitu sekitar 3.200 Mbits/s atau 3,2 Gbits/s pada keadaan normal walaupun sebenarnya secara teritis mampu mencapai kecepatan hingga 4,8 Gbits/s.

Data Transfer
USB 3.0 memperkenalkan teknologi full duplex data transfer. Dua dari lima jalur pada USB ini disiapkan khusus untuk mengirim data sementara tiga jalur sisanya digunakan untuk menerima data. Dengan begitu maka USB 3.0 ini dapat menulis serta membaca data secara simultan pada kecepatan penuh. Ini merupakan fitur baru karena tidak terdapat pada versi USB sebelumnya.

Power
Fitur lain yang dimiliki oleh USB 3.0 ini adalah kemampuannya untuk melakukan isi ulang baterai lebih cepat dan lebih banyak dibandingkan dengan versi USB sebelumnya yaitu USB 2.0.

Power Management
USB 3.0 ini tidak mendukung lagi fitur device polling karena USB ini menggunakan fitur yang lebih baru yaitu interrupt-driven protocol. Oleh karena itu tidak akan ada lagi power drain pada perangkat yang berstatus idle karena sinyal dari perangkat tersebut tetap diperlukan untuk memulai proses transfer data. Selain itu, USB 3.0 ini juga mendukung fungsi idle, sleep, dan suspend.

Tampilan Fisik
Selain fitur-fiturnya, terdapat perubahan juga dari bentuk fisik USB 3.0 ini. Salah satunya adalah kabel yang akan lebih tebal karena memiliki 4 kabel yang lebih banyak dibanding USB 2.0. namun hal tersebut bukanlah menjadi sebuah masalah besar saat ini. Selain itu, plug atau colokan dari USB 3.0 ini juga sedikit berbeda karena memiliki beberapa konektor tambahan di dalamnya.
Setelah membahas berbagai macam fitur menarik yang disuguhkannya, sekarang mari kita mengulas beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan USB 3.0.

Compatibility
Sebuah teknologi baru akan menjadi percuma jika tidak bisa berkolaborasi dengan teknologi lama. Untungnya, teknologi USB 3.0 ini masih tetap dapat digunakan bersama dengan teknologi 2.0. jika Anda membeli sebuah perangkat USB 3.0 ataupun membeli komputer yang mendukung USB 3.0, maka Anda tetap dapat menggunakannya dengan berbagai perangkat USB 2.0. namun, kecepatan dari perangkat tersebut tentunya akan berkurang sesuai dengan kecepatan USB 2.0.

Transfer Rate
Kecepatan transfer memang menjadi salah satu unggulan dari USB 3.0. Bayangkan, Anda dapat memindahkan data sebesar 10 GB hanya dalam waktu 25 detik sementara USB 2.0 akan membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

Manfaat Lainnya
Berbagai perangkat yang akan mendapatkan manfaat yang sempurna dari USB 3.0 ini adalah perangkat yang membutuhkan kapasitas transfer tinggi seperti HD webcam, Blu-Ray drives, dan lainnya.

Dukungan Sistem Operasi
Windows Vista, Windows 7, dan Linux dapat mendukung USB 3.0 ini sementara Windows XP keungkinan besar tidak akan bisa menggunakannya.
Walaupun memiliki banyak kelebihan, tapi tak bisa dipungkiri ada beberapa kekurangan dari USB 3.0 ini, yaitu:

Kabel
Panjang maksimum kabel yang didukung oleh USB 3.0 ini adalah 3 meter lebih pendek dari USB 2.0 yang mendukung kabel hingga 5 meter. Namun dengan bantuan hub, maka panjang maksimum kabel USB 3.0 ini dapat mencapai hingga 18 meter.

Limit Kecepatan
Secepat apapun USB 3.0, tetap saja Anda tidak akan bisa melebihi kecepatan hard disk yang Anda punya karena setiap hard disk memiliki batas RPM tertentu. Satu-satunya cara untuk menikmati kecepatan super ini adalah dengan mengganti harddisk Anda dengan SSD. Namun Anda mungkin harus menunggu teknologi tersebut untuk menyebar luas sekitar satu atau dua tahun lagi. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel