Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri dengan Bantuan Aplikasi Self-Esteem Blackboard Android

13 Feb 2013 10:30 3521 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Semua manusia pastinya memiliki percaya diri, walaupun kekuatan dari percaya diri bagi setiap individu itu berbeda-beda. Percaya diri bisa juga merupakan pandangan keseluruhan dari individu tentang dirinya sendiri, atau bisa juga dikatakan bahwa percaya diri (self esteem) adalah penilaian individu terhadap kehormatan diri.

Semua manusia pastinya memiliki percaya diri, walaupun kekuatan dari percaya diri bagi setiap individu itu berbeda-beda. Percaya diri bisa juga merupakan pandangan keseluruhan dari individu tentang dirinya sendiri, atau bisa juga dikatakan bahwa percaya diri (self esteem) adalah penilaian individu terhadap kehormatan diri,melalui sikap terhadap dirinya sendiri yang sifatnya implisit dan tidak diverbalisasikan dan menggambarkan sejauh mana individu tersebut menilai dirinya sebagai orang yang memeiliki kemampuan, berarti bagi dirinya sendiri maupun orang lain, berharga untuk kehidupannya dan kehidupan orang lain, dan kompeten.

Seseorang yang memiliki percaya diri yang rendah biasanya akan merasakan seringnya gagal dalam mencapai apa yang diinginkannya. Dampaknya individu tersebut akan sering mengkritik diri sendiri, sering mengalami penurunan produktivitas, kadangkala juga melakukan hal-hal destruktif yang diarahkan pada orang lain maupun dirinya sendiri, memiliki perasaan tidak mampu, mudah tersinggung dan seringkali menarik diri dalam kehidupan sosialnya.

Nah, ada satu cara meningkatkan rasa percaya diri yang efektif dan langsung bisa Anda terapkan secara gratis. Lagi-lagi, Android menjawabnya, lewat developer Excel at life membuat aplikasi Android yang bertujuan memandu Anda meningkatkan percaya diri. Aplikasi tersebut bernama Self-Esteem Blackboard. Aplikasi Self-Esteem Blackboard dirancang khusus dengan wacana-wacana dan artikel yang berisi tips untuk kepercayaan diri Anda. Berikut ulasan Plimbi:

Konsep

Apabila Anda memiliki berbagai gejala seperti tersebut di atas dan berpengaruh secara negatif terhadap kehidupan Anda seperti berpengaruh kepada hubungan Anda, kepada kerjaan, maupun sebagian besar aktivitas hidup Anda sebaiknya Anda segera berusaha menyembuhkannya dan mengurangi hal ini agar Anda dapat menjalankan kehidupan Anda dengan lebih baik.

Menjalani terapi dengan psikolog atau psikiater mungkin memang salah satu solusi, namun Anda sendiri pun mampu untuk menyembuhkan diri Anda sendiri karena pada dasarnya manusia memiliki kemampuan untuk menyehatkan psikis dan fisiknya masing-masing. Aplikasi Android Self-Esteem Blackboard merupakan salah satu solusi yang bisa Anda gunakan untuk menjalani terapi individu untuk meningkatkan atau mengembalikan lagi percaya diri/self esteem Anda.

Apabila dengan menggunakan ini Anda merasakan beberapa sifat ini ada pada Anda, seperti:

  • Meningkatnya tanggung jawab Anda.

Anda menjadi lebih lapang dan bersedia menerima tanggung jawab yang dibebankan kepada Anda. Ketika menjalani tanggung jawab tersebut Anda pun tidak merasa resah, cemas, dan khawatir. Anda menjalaninya secara positif dan optimis.

  • Komitmen dengan tujuan Anda.

Anda menjadi lebih fokus dengan apa yang Anda ingin capai dan lebih serius serta optimis dalam menjalaninya. Selain itu Anda selalu konsisten dengan usaha Anda untuk mencapainya walaupun ada halangan saat Anda memperjuangkannya.

  • Kesungguhan

Anda sungguh-sungguh dalam menjalankan apa yang Anda yakini karena Anda semakin positif dan percaya pada diri Anda bahwa Anda mampu untuk melakukan dan mewujudkan mimpi-mimpi Anda

  • Forgiving

Anda akan lebih mudah memaafkan orang lain termasuk diri Anda sendiri. Anda akan lebih menerima apabila Anda belum mendapatkan keberhasilan yang ingin Anda capai, karena dengan memaafkan dan menerima segala kejadian di dalam kehidupan Anda akan lebih mampu bangkit dan meresiliensi kepercayaan diri Anda

  • Internal values.

Anda akan menemukan nilai-nilai positif yang ternyata Anda miliki setelah percaya diri Anda kembali. Dengan Anda menyadari bahwa diri Anda berharga, maka akan berpengaruh juga secara positif terhadap nilai-nilai eksternal Anda

  • Positivity

Anda akan lebih positif dalam memandang segala hal.

  • Self-improvement.

Berkembangnya nilai-nilai positif dalam diri Anda akan meningkatkan juga segala hal dalam diri Anda termasuk kepribadian Anda.

Fitur dan Konten

Beberapa fitur dari aplikasi ini adalah berisi konten-konten menarik yang meliputi:

  • Artikel yang membahas mengenai self-esteem dan terapi kognitif perilaku (CBT)

  • Psikotes mengenai konsep diri Anda

  • Membuat self-talk untuk peningkatan percaya diri/self esteem pada papan tulis/blackboard.

  • Mereview apa yang sudah Anda tuliskan di papan tulis

  • Terdapat Self-Esteem Assistance Audio untuk mereview dan merevisi self-talk yang didasarkan pada kejadian lampau

  • Terdapat Self-Esteem Blackboard Audio untuk memvisualisasikan perubahan pada self-talk

  • Terdapat audio dan musik relaksasi

Spesifikasi

Aplikasi Self-Esteem Blackboard ini masih diluncurkan dengan versi 2.2. Anda bisa memasangnya secara gratis di Google Play. Memori yang dibutuhkan untuk memasang aplikasi ini pada tablet atau ponsel Android Anda adalah sebesar 1,9 M. Versi Android yang bisa dipasangkan aplikasi Self-Esteem Blackboard ini adalah Android versi 1.6 atau versi terbaru di atasnya. bisa di download di sini. [ASR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel