Cara Mendapatkan Fitur Terbaru iOS 5 pada Android

26 Oct 2011 14:00 4591 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Update terbaru iOS yaitu iOS 5 memiliki beberapa fitur yang bisa membuat iri pemilik smartphone ber-OS lain. Tetapi Anda yang merasa keberatan untuk mengeluarkan budget besar demi sebuah smartphone eksklusif berharga mahal milik Apple, iPhone 4. Dengan smartphone Android yang tersedia dalam beragam harga, Anda pun bisa memiliki fitur-fitur hebat yang dimiliki iOS 5.

Update terbaru iOS yaitu iOS 5 memiliki beberapa fitur yang bisa membuat iri pemilik smartphone ber-OS lain. Tetapi Anda yang merasa keberatan untuk mengeluarkan budget besar demi sebuah smartphone eksklusif berharga mahal milik Apple, iPhone 4. Dengan smartphone Android yang tersedia dalam beragam harga, Anda pun bisa memiliki fitur-fitur hebat yang dimiliki iOS 5.

iCloud iOS 5 = Dropbox Android

Fitur iCloud memberikan pengguna iPhone iOS 5 kemampuan untuk sinkronisasi dan menyimpan kontak, serta menyimpan berbagai macam file di Cloud.

Kemampuan iCloud untuk sinkronisasi dan menyimpan kontak sebenarnya telah dimiliki oleh Android. Kontak Anda secara otomatis telah di sinkronisasi dan tersimpan di server Google, Anda bisa melihat apa saja yang telah tersinkronisasi dengan mengakses "Settings -> Accounts and sync".

Namun kemampuan untuk menyimpan file seperti dokumen, foto, dan lain-lain tidak dimiliki oleh Android, dan untuk kemampuan inilah Anda membutuhkan Dropbox. Dropbox dipilih karena aplikasi Dropbox untuk Android bisa terintegrasi dengan baik. Pilihan "Share" menggunakan Dropbox tersedia di hampir semua menu aplikasi Android.

Satu yang kurang dari kombinasi Dropbox dengan Android adalah saat melakukan upload foto. Upload foto pada Dropbox masih kurang mulus jika dibandingkan dengan iCloud.

iTunes iOS 5 = Google Music Android

iTunes dan file lagu yang Anda simpan pada iCloud dapat langsung tersinkronisasi dengan baik pada iOS, Kemampuan ini masih belum bisa ditiru dengan Android. Namun kemungkinan terdekat dan layak untuk diadu dengan iTunes adalah Google Music. Tampilan music player sangat menawan, dapat diakses melalui browser sehingga mendukung multiplatform (Smartphone dan tablet Android, Serta desktop PC menggunakan browser Chrome) sama seperti iTunes, dan memungkinkan pengguna untuk download lagu dan diputar secara offline.

Namun tidak seperti iOS dimana pengguna upload file di iCloud dan kemudian bisa memutar file lagu di menggunakan iTunes, Google Music tidak bisa tersinkronisasi dengan Dropbox, pengguna harus upload file lagu ke Google Music. Dan satu lagi yang disayangkan adalah Google Music saat ini hanya tersedia untuk pengguna wilayah Amerika saja, Anda masih harus menunggu untuk Google Music masuk ke Indonesia.

Sambil menunggu Anda bisa menggunakan Spotify, dengan kemampuan yang sama namun belum layak jika disandingkan dengan iTunes.

iMessage iOS 5 = Google Talk Android

Tanpa perlu penjelasan lebih lanjut, Anda pasti sudah sangat-sangat memahami tentang aplikasi chat. Dan tentu saja kedua aplikasi chat milik Apple dan Google ini tidak jauh beda dengan aplikasi lainnya. Yang berbeda antara kedua aplikasi ini hanyalah iMessage khusus antar pengguna perangkat iOS, sementara Google Talk antar siapa saja yang memiliki akun Google.

Siri iOS 5 = Vlingo Android

Paseban pernah membahas tentang Siri, dimana aplikasi ini berfungsi sebagai Voice Assistant. Harus diakui Android belum memiliki aplikasi yang layak untuk disandingkan dengan "kepintaran" Siri. Namun hanya untuk sekedar alternative yang sedikit mendekati fungsi Siri adalah Vlingo.

Tidak seperti Siri yang Anda bebas mengatakan apapun dan aplikasi ini akan mengerti apa yang harus dilakukan, Vlingo masih berupa Voice Command dimana untuk memberikan perintah Anda harus menyebutkan satu kata yang telah ditentukan. Contoh, Anda menyebutkan text untuk mengirim SMS.

Location-Based Reminders iOS 5 = Go2Note Android

Location-Based Reminder adalah reminder/alert berdasarkan lokasi dengan memanfaatkan GPS, jadi saat Anda mendekati lokasi yang telah Anda tentukan alert akan berbunyi. Untuk Android Anda bisa menggunakan aplikasi Go2Note dengan fungsi yang sama.

Paseban telah membahas aplikasi Location Based Alert ini sebelumnya, dan aplikasi ini telah memulai debutnya jauh sebelum iOS 5 dan fitur Location-Based Reminders rilis secara resmi.

Camera Updates iOS 5 = CameraZoom FX

Aplikasi kamera pada iOS 5 mengalami update dimana kecepatan kamera bertambah dan menyediakan grid yang membantu pengguna dalam mengambil suatu gambar.

Untuk menandingi kemampuan aplikasi kamera pada iOS 5 ini Anda bisa menggunakan aplikasi CameraZoom FX. Selain menyediakan grid, CameraZoom FX juga dilengkapi setting untuk menentukan tombol hardware mana yang Anda inginkan sebagai tombol penjepret kamera. Pilihan berbagai macam "filters" mengubah kecerahan foto, burst mode (satu kali tekan beberapa kali jepretan kamera), upload ke jejaring sosial, dan masih banyak fitur lainnya juga bisa Anda dapatkan pada CameraZoom FX.

Dari sini bisa Anda lihat bahwa kelebihan iOS 5 adalah dalam sebuah mobile OS sudah terdapat berbagai macam aplikasi native dimana pada Android pengguna harus menginstalnya satu-persatu. Namun Paseban tidak menyebut hal ini sebagai kekurangan dari Android karena nyatanya fungsi tersebut terpenuhi dan mampu dilaksanakan oleh Android, beberapa memiliki kemampuan di bawah milik iOS 5, beberapa berkemampuan lebih bagus. Selain itu Anda juga bebas menentukan apakah Anda memerlukan fitur tersebut atau tidak. Dan satu lagi yang paling signifikan, Anda bisa mencari smartphone Android dengan harga terjangkau. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel