iOS 4 vs BlackBerry OS 7 vs Android Gingerbread vs Windows Phone Mango - Mobile OS Mana yang Anda Pilih?

23 Sep 2011 15:30 5944 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ada masa dimana pilihan mobile OS (Operating System) sangatlah terbatas dan mudah. Anda bisa memilih RIM BlackBerry untuk penggunaan yang lebih sosial dan umum. Atau Anda bisa memilih perangkat iOS untuk penggunaan yang lebih multimedia. Namun kini dimana era perang smartphone, secara bergandengan diikuti dengan era perang mobile OS.

Ada masa dimana pilihan mobile OS (Operating System) sangatlah terbatas dan mudah. Anda bisa memilih RIM BlackBerry untuk penggunaan yang lebih sosial dan umum. Atau Anda bisa memilih perangkat iOS untuk penggunaan yang lebih multimedia. Namun kini dimana era perang smartphone, secara bergandengan diikuti dengan era perang mobile OS.

Android muncul sebagai pendatang baru yang menggebrak pasaran mulai tahun lalu, dan kini perkembangan mobile OS besutan Google ini telah sampai pada versi Android 2.3 (Gingerbread). iOS dengan stabil tetap melakukan perkembangan dan telah sampai pada versi iOS 4. Microsoft yang sudah lama kurang memperhatikan OS versi mobile miliknya baru-baru saja mengeluarkan Windows Phone 7.5 (Mango) untuk ikut berpartisipasi dalam perang mobile OS. Sementara RIM BlackBerry yang mengalami kemerosotan drastis akhir-akhir ini, mengeluarkan BlackBerry OS 7 dan berusaha mengejar ketertinggalan.

Lalu bagaimanakah persaingan keempat mobile OS ternama ini? berikut tabel yang bisa menggambarkan skema peperangan tersebut:

mobile OS

Unified Notifications

Pada kategori sistem notifikasi, iOS memiliki tampilan yang hampir serupa dengan Android, dimana pusat notifikasi terletak pada "pull down tray" yang terletak pada bagian paling atas layar. BlackBerry OS 7 tidak mengalami banyak perubahan dan memusatkan notifikasi pada homescreen. Windows phone Mango berkonsep sama seperti BlackBerry OS 7 dengan pusat notifikasi pada homescreen, namun Microsoft menambahkan "live tiles" untuk tampilan yang lebih menarik.

Phone-to-Phone Messaging

BlackBerry dengan Messenger miliknya masih menjadi jawara pada kategori ini, sementara iPhone dengan iMessage nampak meniru kesuksesan BlackBerry. Sementara kedua platform lainnya tidak memiliki aplikasi khusus untuk phone-to-phone messaging.

Advanced Reminder System

Dalam kategori ini iOS 4 dengan reminder bawaan yang bisa di-setting berbasis lokasi memanfaatkan GPS membuat platform ini memiliki nilai lebih dari ketiga platform lainnya. Android juga memiliki fitur seperti ini, namun membutuhkan aplikasi tambahan dari pihak ketiga.

Quick-Camera Access

Kebanyakan pengguna sekarang memanfaatkan kamera ponsel miliknya menjadi kamera utama yang mereka gunakan sehari-hari, oleh karena itu kategori seputar kamera Paseban masukkan sebagai kategori yang penting untuk diperhatikan. Windows Phone Mango dan iOS 5 memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mengakses fitur kamera bahkan pada saat layar dalam keadaan terkunci. BlackBerry menyediakan tombol khusus untuk akses kamera, tetapi pengguna harus melakukan unlock terlebih dahulu.

Photo Editing Tools

Dalam hal aplikasi bawaan, iOS menjadi jawara dengan menyediakan lebih banyak tools. Namun apabila mempertimbangkan tambahan aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh pihak ketiga, iOS dan Android sama-sama berada diatas dan bersaing.

Online gaming Community

Kategori ini tidak pernah menjadi perhatian utama sebelumnya, namun kedatangan windows Phone Mango dengan fitur Microsoft Xbox Live membuat kategori ini muncul sebagai kategori yang patut dipertimbangkan dalam sebuah smartphone multimedia.

So, mobile OS mana yang Anda pilih untuk perangkat yang akan Anda beli? RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel