Siri - Teknologi Fitur Voice Assistant Baru Tersedia Khusus Untuk iPhone 4S

10 Oct 2011 17:00 5268 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada acara perilisan iPhone 4S tanggal 4 Oktober lalu, Apple juga mengumumkan sebuah fitur baru pada iOS 5 miliknya, beberapa dari Anda pasti sudah mendengar tentang fitur baru bernama Siri. Lalu apa kemampuan fitur *voice assistant* yang hanya bisa berfungsi pada iPhone 4S ini?

Pada acara perilisan iPhone 4S tanggal 4 Oktober lalu, Apple juga mengumumkan sebuah fitur baru pada iOS 5 miliknya, beberapa dari Anda pasti sudah mendengar tentang fitur baru bernama Siri. Lalu apa kemampuan fitur voice assistant yang hanya bisa berfungsi pada iPhone 4S ini?

Siri memungkinkan Anda menggunakan perintah suara untuk mengirim pesan, membuat jadwal, menelepon seseorang, dan beberapa perintah lainnya. Fitur ini mungkin sudah familiar bagi Anda karena pada fitur perintah suara milik iOS sebelumnya sudah bisa melakukan hal ini.

Namun kemampuan lebih dari hanya sekedar voice control yang dimiliki Siri membuatnya lebih cocok disebut sebagai voice assistant. Perkembangan Paseban maksudkan adalah dengan Siri Anda bisa mendiktekan suatu SMS dan kemudian mengirimkannya dengan perintah suara, menanyakan tentang cuaca hari ini, meminta petunjuk jalan, menanyakan resep atau informasi lainnya yang oleh Siri pertanyaan tersebut akan dijawab bersumber dari Wikipedia, Wolfram Alpha, atau sumber informasi lainnya. Dan oleh karena kemampuan Siri tersebut, Anda harus selalu online saat menggunakan Siri.

Siri official video:

 

Untuk saat ini Siri hanya mendukung bahasa Inggris (baik American English, UK English, maupun Australian English), Perancis dan Jerman tetapi tidak menutup kemungkinan akan mendukung bahasa-bahasa lain ke depannya.

Dengan adanya Siri, kontrol atas iPhone yang dulunya dilakukan dengan "tap" sebuah tombol kini bisa digantikan dengan perintah suara. Anda sekarang juga tidak harus menggenggam iPhone dalam mengopersikannya, yang mana hal ini akan sangat berguna dalam beberapa situasi.

Demo dari penggunaan Siri:

 

Seperti yang bisa Anda lihat pada video diatas, pertanyaan akan cuaca hari ini bisa dilakukan dengan berbagai macam perintah, dan Siri pun bisa menjawab seperti layaknya Anda berbicara dengan orang lain. Siri bisa benar-benar mengerti apa yang Anda katakan, tidak seperti teknologi voice recognition pada umumnya yang diprogram hanya mengenal beberapa perintah saja. Quite cool right. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel