Membuat Video Jadul Dengan Ponsel Nokia 808 dan Aplikasi Berbayar

8 Feb 2013 17:30 2840 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pernahkah Anda menonton Film G30 S PKI atau Pembacaan Teks Proklamasi oleh Ir. Soekarno? Pada film atau video tersebut dapat Anda lihat berbagai efek-efek yang terlihat menarik. Efek-efek seperti itu memang cukup sulit untuk di buat di masa sekarang. Selain itu, efek-efek terssebut begitu memberikan efek artistic yang tinggi.

Pernahkah Anda menonton Film G30 S PKI atau Pembacaan Teks Proklamasi oleh Ir. Soekarno? Pada film atau video tersebut dapat Anda lihat berbagai efek-efek yang terlihat menarik. Efek-efek seperti itu memang cukup sulit untuk di buat di masa sekarang. Selain itu, efek-efek terssebut begitu memberikan efek artistic yang tinggi.

Namun, dengan semakin canggihnya teknologi, Anda tidak perlu khawatir. Anda juga dapat membuat video jadul itu dari ponsel. Adapun salah satu ponsel yang dapat digunakan adalah Nokia 808. Dengan menggunakan media ponsel tersebut, Anda dapat membuat video atau film jadul. Untuk menunjang pembuatan itu, Anda juga butuh suatu aplikasi khusus yang dapat membuat efek-efek jadul. Aplikasi tersebut tidak lain adalah Silent Film Director. Karena begitu menarikny efek yang ada pada film jadul ini maka aplikasi ini pun di buat berbayar. Meski demikian harganya pun begitu murah yaitu hanya 5 ribu rupiah. Apalah artinya uang 5 ribu di banding nilai artistic yang ada. berikut cara membuat video jadul tersebut.

Hal utama yang perlu Anda lakukan tentu membeli aplikasi tersebut. Untuk membelinya pun, Anda tinggal mengunjungi situs resminya di Ovi Store. Setelah Anda menemukannya, maka lakukanlah pembayaran sebesar 5 ribu rupiah. Lalu, Anda download aplikasi tersebut. Setelah itu di install sebagaimana aplikasi yang lain.

Setelah aplikasi tersebut di install, Anda pilih Lauch atau dari Start Menu. Setelah icon atau aplikasi tersebut di jalankan maka Anda akan dihadapkan yang bertuliskan Create Your Video, Action dan juga Show Time. Karena dalam hal ini Anda akan membuat video, maka pilih Action. Ketika Anda memilih Action maka akan dihadapkan ke tampilan yang menuntut Anda untuk melakukan berbagai pengaturan yang ada pada aplikasi tersebut. Jadi, sebelum video tersebut di buat, Anda harus mengaturnya terlebih dahulu.

Ada beberapa hal yang perlu Anda atur pada halaman tersebut ada beberapa pengaturan seperti Effect, Quality, Soundtrack dan juga time Scale. Untuk Effect, Anda juga akan dihadapkan pada suatu pilihan efek yang ada di dalam aplikasi ini. Diantaranya adalah Black White, 60s Home Video, 20s Movie, Sepia, Vintage Sepia, 70s Home Video, dan yang terakhir None (tanpa efek). Dari sekian efek yang ada, Anda dapat menentukan sendiri mana efek yang menurut Anda paling baik.

Sedangkan untuk Quality, juga terdapat beberapa pilihan. Seperti, Low (192 x 144), Normal ( 320 x 240), High ( 640 x 480) dan juga HD ( 1280 x 720). Untuk kualitas dari video tersebut Anda dapat memilih keempat kategori tersebut. Untuk memilih video dengan kualitas yang bagus, Anda juga dapat memilih High. Dari semua pilihan tersebut, sebaiknya Anda sesuaikan dengan lebar layar ponsel yang digunakan.

Untuk Soundtrack juga terdapat beberapa pilihan. Misalnya, From Video, Mute, Plucky Daisy, Handy Trolley, Movie Projector, Evil Plan FX, Mister Emposition, Look Busy, Old Time, dan juga Amazing Plan. Pada pilihan tersebut dapat Anda pilih sesuai keinginan. Selain itu, Anda juga dapat mencoba terlebih dahulu. Misalnya, Anda memeilih Amazing Plan. Untuk mencobanya, Anda dapat memilih tombol Play yang ada di bagian Kanan Atas. Jadi, sebelum ditentukan tidak ada salahnya Anda coba terlebih dahulu Soundtracknya.

Untuk pilihan cara membuat video jadul yang terakhir yaitu Timescale. Pada bagian ini, Anda akan dihadapkan pada pilihan, 1.0x, 0.3x, 0.5x. 0.7x, 1.3x, 1.5x dan terakhir yaitu 2.0x. Semakin kecil Timescale yang Anda pilih maka semakin lambat. Begitu juga sebaliknya. Semakin besar timescale maka akan semakin cepat prosesnya. Jika semuanya sudah di atas maka Anda pilih Take Action.

Setelah memilih itu, Anda harus mengarahkan ponsel ke obyek atau ke gambar yang akan di buat video. Misalnya, Anda ingin membuat video pak tani. Maka, arahkan ponsel tersebut ke sawah yang terdapat pak tani sedang mencangkul. Setelah tepat di suatu obyeknya Anda pilih Record. Pada saat Anda akan berhenti merekam maka tekan kembali Record tersebut. Setelah semua selesai maka aplikasi ini akan me-remender. Waktunya pun sangat tergantung kepada lamanya video dan kualitas video Anda. Itulah Plimbi tentang cara membuat video Jadul. [TFK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel