Lomography Smartphone Film Scanner - Scanner Film Unik Bagi Para Lomographer

1 Feb 2013 07:55 2986 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berawal dari Rusia dan menyebar menjadi sejumlah besar komunitas para penghobi analog dari seluruh dunia, Lomography menawarkan format lain dari fotografi. Oleh sebab itu Lomography menawarkan proyek scanner film melalui Kickstarter bernama Lomography Smartphone Film Scanner.

Lomography merupakan organisasi global yang mendedikasikan dirinya untuk melakukan eksperimen dan menemukan cara kreatif melalui fotografi analog. Berawal dari Rusia dan menyebar menjadi sejumlah besar komunitas para penghobi analog dari seluruh dunia, Lomography menawarkan format lain dari fotografi. Tetapi bukan berarti komunitas ini benar-benar mengatakan "tidak" kepada dunia digital. Tentu ada adaptasi yang harus mereka lakukan.

Oleh sebab itu Lomography menawarkan proyek scanner film melalui Kickstarter bernama Lomography Smartphone Film Scanner. Lalu apa yang proyek ini tawarkan? Gadget kecil ini menawarkan cara instan untuk melakukan pemindaian film 35mm yang biasa digunakan kamera analog. Tidak hanya memindai, scanner film ini pun dapat mencetak serta membagikan secara online seluruh hasil foto kamera Lomo Anda. Masih cukup banyaknya orang yang tertarik dengan dunia fotografi analog atau mereka yang menyimpan koleksi film 35mm, tentunya menyajikannya secara digital akan membuat kenangan lama Anda kembali muda.

Cara menggunakan Lomography Smartphone Film Scanner ini pun cukup mudah. Cukup dengan menyalakannya, memasukkan film, mengambil foto melalui perangkat smartphone dan memanfaatkan aplikasi foto untuk melakukan editing serta membagikannya secara online. Secara instan, Anda akan memiliki sebuah versi foto digital dari film Anda yang dapat dimasukkan ke dalam dokumentasi arsip, surat, sosial media atau mencetaknya. Scanner film ini telah terintegrasi dengan aplikasi Lomoscanner yang memungkinkan penggunanya melakukan editing secara mudah. Smartphone Film Scanner telah dikembangkan oleh sebuah tim yang berpengalaman menangani fotografi analog di Lomography.

Mereka memiliki spesialisasi dalam hal mendesain kamera-kamera analog terbaru beserta aksesorisnya. Scanner ini didesain dengan panel cahaya yang mampu menerangi film. Oleh sebab itu memindai setiap frame film akan sama mudahnya seperti saat menjepret foto melalui perangka smartphone. Gadget ini dapat bekerja dengan seluruh model iPhone dan beberapa smartphone Android. Anda dapat memindai film negatif menjadi positif dan menggabungkannya menjadi foto panorama seperti halnya menggunakan perangkat kamera Lomography LomoKino. Anda dapat memindai berbagai jenis film 35mm menggnakan Lomography Smartphone Film Scanner ini. Selain itu Anda dapat melakukan scanning jenis film negatif, color slide, adan film hitam-putih. Selain itu, perangkat ini pun mampu melakukan pemindaian dengan baik bagi format foto seperti panoramic Horizon (180 derajat) dan juga kamera Spinner (360 derajat) yang dikeluarkan oleh Lomography. Proyek ini sendiri ditujukan sebagai salah satu bentuk perayaan 20 tahun berdirinya Lomography.

Selama jangka waktu tersebut, organisasi ini telah mencatatkan rekor pengembangan banyak jenis kamera, film, dan aksesoris secara independen. Sebagai contoh, tahun lalu Lomography sendiri telah merilis kamera Belair X 6-12 yang menggunakan format medium kamera berukuran 6x12. Ukuran tersebut merupakan ukuran terbaru bagi kamera berformat medium. Selain itu organisasi ini telah menghasilkan kamera dengan film 35mm yang mampu mengambil foto panorama dengan sudut 360 derajat bernama Spinner 360. Bagi para Lomographer yang telah tersebar hampir di seluruh dunia, tentunya proyek ini akan sangat menarik untuk ditunggu proses realisasinya. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel