Berkreasi Semakin Mudah Dengan Lima Software Desain 3D Ini

28 Jan 2013 19:00 3333 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ada banyak sekali software yang dapat memudahkan kreasi Anda dalam mendesain 3D. Seperti lima software desain 3D yang dibahas berikut ini dan akan sangat berguna untuk Anda para kreator. Berikut reviewnya.

Hampir dari semua produk-produk yang beredar di luaran sana, menggantungkan segalanya pada teknologi dan desain. Dalam membuat tampilan, bentuk, bahkan keseluruhan produksi juga bisa dikatakan seperti itu. Perusahaan-perusahaan besar sudah tak hanya mencari para ahli teknik yang pada dasarnya memang mendalami ilmu ini, tapi juga Anda yang bukan ahli teknik ataupun desain tetapi mulai atau bahkan sudah menguasai ilmu ini. Ada banyak sekali software yang dapat memudahkan kreasi Anda dalam mendesain 3D. Berikut ini adalah lima software desain 3D yang akan sangat berguna untuk Anda para kreator.

AutoCAD

Bisa dikatakan software ini adalah yang paling terkenal di dunia desain. Rilis pertama kali pada bulan Desember 1982, software bersultan Autodesk ini digunakan untuk mendesain dalam bentuk 2D dan 3D. Ada tiga format data asli AutoCad yakni DWG, DXF, dan terakhir Autodesk sedang mempromosikan DWF yang diterbitkan sendiri sebagai data CAD. Software ini hanya mendukung sistem operasi Windows, dan pernah mendukung Unix dan Macintosh pada tahun 1980 hingga 1990-an namun sayangnya versi tersebut telah dihentikan. AutoCAD memiliki harga lisensi yang cukup fantastis hingga jutaan rupiah yang membuat software desain 3D ini tak dapat dinikmati banyak orang.

Autodesk 123D

Masih besutan Autodesk, software ini diberi nama Autodesk 123D. Software ini dapat Anda dapatkan secara gratis di Internet. Dalam software yang mendukung operasi sistem Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7 ini sudah terdapat kumpulan blok serta objek. Dalam proyek pembuatannya, Autodesk bekerja sama dengan tiga perusahaan yakni Ponoko, Techshop, dan 3D Systems yang membuat para pengguna 123D untuk membuat objek fisik dari teknologi 3D printing.

FreeCAD

Disebut-sebut adalah kloning versi gratis dari AutoCAD. Mungkin bisa seperti itu dikarenakan fitur-fitur yang ada hampir serupa, namun tetap saja AutoCAD tetap lebih unggul. Freeware ini ditujukan untuk banyak jenis desain termasuk arsitektural dan mesin. Yang mana fitur-fitur yang ada mirip dengan Creo, CATIA, atau Autodesk karena itu software ini jatuh pada kategori MCAD. Berdasarkan beberapa referensi hal itu bermaksud untuk dijadikan fitur berbasis parametrik modeler dengan modul software arsitektural yang membuatnya mudah untuk menyediakan fungsionalitas tanpa mengubah sistem inti.

Alibre Design

Software parametrik CAD yang dikembangkan oleh Alibre untuk Microsoft Windows ini dapat membuat sketsa dengan sangat cepat. Dengan fitur dari tool tips yang membantu Anda untuk menciptakan desain 3D yang begitu sempurna. Jika Anda sudah menguasai sebuah produk 3D CAD secara otomatis Anda juga bisa menguasai software ini. Mulai dari harga 199 USD Anda sudah bisa membeli software CAD yang mendukung Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7 ini.

Google SketchUp 8

Banyak orang yang memberi ulasan disaat pertama kali mereka membuat desain 3D menggunakan Google SketchUp 8 ini, mereka bilang software ini sangat mudah digunakan apalagi untuk para pemula yang sama sekali awam. Dan kenyataannya adalah memang seperti itu adanya dengan hanya tiga tools yakni Line, Push/Pull, dan Orbit.

  • Line atau pensil digunakan untuk membuat garis dan bidang datar atau 2D.
  • Push/Pull untuk membuat objek 2D yang telah dibuat menjadi 3D.
  • Orbit untuk mengubah angle pada saat proses penyuntingan.

Bagaimana menurut Anda? sederhana, bukan? Software ini memiliki 2 jenis yaitu free dan versi pro seharga 500 USD. Namun Anda tak perlu khawatir tentang kelengkapan fitur free version, karena ini hampir memiliki semua fitur yang ada di versi berbayar. Itulah lima software desain 3D yang dapat Anda unduh langsung dari Internet. Terdapat trial version pada setiap produk berbayar yang ada di atas. [RIZ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel