5 Cara Mengetik di Komputer Yang Memiliki Layout Keyboard Berbeda

28 Jan 2013 18:00 4154 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perbedaan jenis keyboard tentu saja memberikan masalah bagi penggunanya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Plimbi akan mengulas beberapa cara mengetik di komputer yang memiliki keyboard berbeda. Tips yang akan Plimbi berikan ini tentunya akan sangat berguna sekali bagi Anda yang ingin berpergian ke luar negeri.

Terdapat banyak sekali jenis keyboard yang ada di dunia ini. Jika Anda pernah berjalan-jalan ke luar negeri kemudian pergi ke sebuah warnet atau cafe internet, pasti Anda akan mengalami kebingungan dan kesulitan ketika akan mengetik karena keyboard-nya memiliki layout yang berbeda. Hal tersebut tentu sangat menjengkelkan karena kita harus mencari letak beberapa tombol terdahulu sebelum dapat menggunakannya. Uniknya, masalah ini hampir dialami oleh semua turis yang berkunjung ke ke luar negeri.

Masalah ini muncul tentu karena banyaknya variasi keyboard yang ada. Keyboard-keyboard tersebut biasanya dibuat berbeda agar bisa menyesuaikan dengan bahasa dan kurs lokal Negara tersebut. Sebagai contoh, kebanyakan keyboard di Perancis tidak menggunakan keyboard standar QWERTY, melainkan mereka menggunakan keyboard dengan layout AZERTY. Sementara jika Anda pergi ke Jerman, maka kebanyakan jenis keyboard yang mereka gunakan adalah QWERTZ. Selain itu, terkadang simbol-simbol yang biasa ada di keyboard seperti @$& juga dihilangkan atau diganti sesuai dengan mata uang yang mereka gunakan.

Perbedaan jenis keyboard tersebut tentu saja memberikan masalah bagi para wisatawan luar negeri. Sebagai contoh, jika melihat pada data statistik Google, maka banyak sekali orang di Perancis yang menulis kata "FRANCE dengan "FRQNCE. Menariknya, kesalahan ketik tersebut banyak terjadi pada musim panas, yang berarti musim di mana banyak turis berdatangan ke Negara tersebut.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Plimbi akan mengulas beberapa cara mengetik di komputer yang memiliki keyboard berbeda. Tips yang akan Plimbi berikan ini tentunya akan sangat berguna sekali bagi Anda yang ingin berpergian ke luar negeri. Apa saja tipsnya? Berikut ulasannya.

Menghapal kode nomor ASCII

Tidak peduli di komputer manapun yang sedang Anda gunakan, jika Anda menekan tombol ALT disertai dengan kombinasi tombol lainnya, maka di komputer Anda akan muncul berbagai macam karakter yang Anda inginkan. Oleh karena itu, tips pertama yang mungkin bisa Anda terapkan adalah dengan cara menghapal kode untuk beberapa simbol yang mungkin sering Anda gunakan seperti @ ataupun simbol berbagai jenis mata uang. Namun jika Anda malas untuk menghapalnya, maka Anda dapat mencari tabel kode ASCII yang banyak tersebar di internet sesaat setelah Anda tiba di luar negeri.

Copy & Paste Simbol

Jika Anda merasa malas untuk menghapal berbagai macam kode ASCII dan juga malas untuk mengetik berbagai macam kode tersebut, maka Anda dapat langsung mencari tabel yang sudah berisi berbagai macam simbol tersebut secara instan. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menyalin dan memindahkan simbol tersebut ke berbagai tempat atau dokumen yang Anda inginkan.

Re-Map tombol-tombol keyboard

Apabila Anda berencana untuk menggunakan komputer tersebut untuk jangka waktu yang lama, maka ada baiknya bagi Anda untuk merubah layout dari tombol-tombol di keyboard tersebut. Anda dapat mengganti tombol-tombol yang sering Anda gunakan atau bisa saja Anda meruah keseluruhan layout keyboardnya. Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat menggunakan software gratis seperti MapKeyboard, Sharpkeys, dan KeyTweak.

Gunakan keyboard virtual

Cara lain untuk mengakali masalah Anda ketika mengetik di komputer asing adalah dengan menggunakan keyboard virtual. Dengan keyboard virtual ini tentunya Anda dapat sesuak hati menggunakan keyboard yang Anda inginkan. Selain itu, keyboard virtual juga pasti ada hampir di semua komputer yang menggunakan sistem operasi Windows sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Satu-satunya hal yang wajib Anda miliki adalah kemampuan untuk menulis dengan cepat degan menggunakan sistem touch ini.

Bawalah sebuah keyboard wireless

Jika semua tips yang telah diberikan di atas ternyata masih cukup membuat Anda frustasi, maka hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan membawa sebuah keyboard wireless. Jika di dalam tas Anda masih ada sedikit ruang dan Anda juga lebih terbiasa menggunakan keyboard pribadi Anda, maka sangatlah tepat jika Anda membawa sebuah keyboard wireless ketika berpergian ke luar negeri. Anda dapat menghubungkan dengan mudah keyboard wireless tersebut melalui USB ke komputer manapun yang Anda pakai. Selain itu, ukuran dari keyboard tersebut juga cukup kecil sehingga mudah untuk dibawa. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel