Tips Memilih Kamera Digital Ketika Membeli di Mall Atau Toko

26 Jan 2013 10:00 4832 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Banyak perusahan kamera yang berlomba-lomba membuat kamera secanggih dan semurah mungkin. Dengan itu, terkadang membuat Kita pusing untuk memilih kamera mana yang akan di pilih. Biasanya, tempat yang lebih sering di pilih untuk membeli kamera ini adalah Mall. Hal ini tidak lain karena tempatnya yang nyaman dan tersedia banyak pilihan kamera.

Banyak perusahan kamera yang berlomba-lomba membuat kamera secanggih dan semurah mungkin. Dengan itu, terkadang membuat Kita pusing untuk memilih kamera mana yang akan di pilih. Biasanya, tempat yang lebih sering di pilih untuk membeli kamera ini adalah Mall. Hal ini tidak lain karena tempatnya yang nyaman dan tersedia banyak pilihan kamera.

Hal yang lebih sering dilakukan adalah langsung menuju ke suatu merek tertentu. Misalnya, Canon, dan yang lainnya. Biasanya, orang lebih mendahulukan kepada harga. Semakin mahal harga semakin bagus pula kualitas dari kamera tersebut. Tetapi kebanyakan orang lebih senang jika harga tetapi barang tersebut di jual dengan harga murah. Sehingga, akan lebih menghemat pengeluaran. Berikut tips memilih kamera digital dengan tepat dan sesuai keinginan.

Harga

Kriteria ini menjadi harga mutlak untuk para konsumen. Untuk membeli kamera, Anda harus menyesuaiakan dengan uang yang ada di saku. Untuk membeli kamera, lebih baik Anda memilih kamera dengan harga cash dari pada yang kredit. Meski harga kredit lebih murah tetapi jika di hitung secara keseluruhan lebih besar dari harga cash. Jika uang tersebut belum memenuhi harga yang ada pada kamera, lebih baik Anda menabung dulu. Hal ini akan lebih menghemat Anda dalam membeli kamera.

Resolusi Kamera

Selain pertimbangan harga, resolusi dari suatu kamera juga perlu diperhatikan. Dengan adanya hal itu maka Anda tidak akan menyesal di akhir. Resolusi ini biasanya di ukur dengan istilah Mega Piksel. Untuk mendapatkan kamera yang bagus maka Anda harus mencari kamera dengan resolusi tinggi. semakin tinggi resolusi maka semakin bagus juga kualitas dari kamera tersebut.

Biasanya, kamera dengan resolusi tinggi juga di jual dengan harga yang lebih tinggi pula daripada resolusi rendah. Jadi, antara harga dan resolusi memiliki keterkaitan yang erat. Sebab, resolusi suatu kamera sangat tergantung kepada harga dari suatu kamera.

Ukuran LCD

Ukuran LCD menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan ketika membeli kamera. Di pasaran, ukuran dari LCD ini biasanya 1,5 inchi dan juga 2,5 inchi. Dalam memilih kamera, lebih baik Anda memilih ukuran LCD yang lebih lebar. Tentu, semakin lebar ukuran LCD kamera maka semakin mahal pula harga yang ditawarkan.

Pilihan menggunakan LCD yang lebih lebar akan sangat membantu Anda dalam memotret suatu gambar. Anda akan mempunyai kepuasan tersendiri ketika menggunakannya. Jangan terpancing oleh harga murah untuk LCD yang berukuran lebar. Akibat dari hal ini adalah LCD kamera Anda tidak tahan lama. Jadi, Anda harus jeli dalam memilih LCD ini.

Zoom

Dalam suatu kamera. Terdapat dua macam jenis Zoom. Pertama, Digital Zoom dan yang kedua adalah Optical Zoom. Kedua zoom tersebut menjadi hal penting dalam suatu kamera. Sebab, dapat memperbesar suatu obyek gambar. Sesuai dengan namanya, digital zoom adalah memperbesar akan suatu media secara digital. Sehingga, Anda tidak perlu lagi menggunakan lensa sebagai bantuan untuk memperbesarnya.

Sedangkan optical zoom berarti memperbesar suatu ukuran obyek dengan bantuan lensa. Sehingga, Anda dapat mengambil gambar sesuai ukuran yang diinginkan. Di pasaran, terdapat ukuran 3 kali sampai 10 kali optical zoom. Sedangkan untuk digital zoom, juga sama yaitu antara 3 kali sampai 10 kali. Untuk mendapatkan kamera yang bagus, lebih baik Anda mengutakan optimal zoom daripada digital zoom.

Kartu Memori

Untuk dapat melihat kembali hasil jepretan, lebih baik memilih kartu yang kompatibel dengan kamera. Sehingga, hasil potretan tersebut dapat di salin ke PC untuk dikenang. Umumnya, kartu memori tersebut terdiri dari beberapa jenis. Diantaranya adalah xD, SD, Flash Card, dan yang lainnya. semakin besar kapasitas dari kartu memori itu lebih baik. Anda akan dapat memotret apapun tanpa batasan. Maka dari itu, paling tidak memori kartu berkapasitas 1 GB.

Kesimpulan

Pada intinya pemilihan kamera ini sangat tergantung kepada kebutuhan Anda. Jika Anda hanya seorang mahasiswa atau pelajar atau kebutuhan keluarga, kamera dengan kelas juga dapat dijadikan pilihan. Hal ini dilakukan supaya menghemat dana dan memanfaatkan fitur yang ada sesuai kebutuhan. Namun, jika Anda gunakan untuk profesi, lebih baik memilih kamera kelas atas untuk menunjang karir tersebut. [TFK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel