Bagaimana Mengatur Sync Windows Phone 8 Agar Sinkron Dengan Windows 7?

17 Jan 2013 13:00 2681 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berbagai perangkat mobile dengan sistem operasi Windows Phone 8 sedang bermunculan saat ini. Persaingan sistem operasi pun akan semakin sengit dengan munculnya sistem operasi terbaru untuk perangkat mobile dari Microsoft ini.

Berbagai perangkat mobile dengan sistem operasi Windows Phone 8 sedang bermunculan saat ini. Persaingan sistem operasi pun akan semakin sengit dengan munculnya sistem operasi terbaru untuk perangkat mobile dari Microsoft ini. Melalui Windows Phone 8 ini, Anda akan mendapatkan perbaikan dari sistem operasi sebelumnya yaitu Windows Phone 7. Dengan peningkatan kecepatan dan fungsi aplikasi yang diperluas, Anda akan merasa nyaman dengan penggunaannya.

Di lain pihak, dalam rangka menarik minat orang-orang agar banyak yang memilih Windows 8, Microsoft telah menghapus kompatibilitas dengan Zune dalam melakukan sinkronisasi aplikasi. Untuk pengguna Windows 7, ini berarti Anda perlu mengunduh dan meng-install program untuk dapat melakukan sinkronisasi.

Seperti telah diketahui, pengguna perangkat mobile dengan sistem operasi Windows Phone 7 melakukan sinkronisasi melalui Zune, sebagai pengganti dari Windows Media Player. Mampu untuk memutar audio, video, serta menyediakan akses ke Zune store dan Windows Phone Marketplace, adalah beberapa hal yang dapat dilakukan Zune. Namun, itu saja tidak cukup, karena Zune tidak bekerja sesuai harapan yang membuat program ini tenggelam dan digantikan oleh Xbox Music. Pengguna Windows Phone terbaru akan menggunakan Xbox Music dibanding menggunakan Zune player. Untuk hal ini, saatnya mengucapkan selamat jalan pada Zune, karena dengan problem-problemnya, Zune tidak dapat memuaskan para penggunanya. Namun dengan mempensiunkan Zune, Anda juga akan kehilangan fungsi-fungsi yang ada padanya. Untuk pengguna Windows Phone 7, sinkronisasi menjadi hal yang wajib dengan menggunkan Zune. Proses sinkron ini akan otomatis membuka Zune dan apapun tipe media yang ada, akan tersinkron antar perangkat tersebut. Untuk pengguna Windows Phone 8, proses sinkron tetap memungkinkan agar terhubung dengan Windows 7, namun hal ini akan berjalan sedikit rumit.

Untuk melakukan sync Windows Phone 8 dengan komputer Windows 7, Anda perlu untuk mengunjungi situs ini dan klik pada link Download Now untuk mengunduh dan meng-install softwarenya. Saat Anda telah selesai menjalankan proses instalasi, Anda perlu untuk membukanya dengan menghubungkan perangkat mobile Anda dengan komputer. Pada bagian bawah program sync ini, Anda akan melihat berapa kapasitas penyimpanan yang Anda gunakan dan apa tipe-tipe datanya.

Untuk menjalankan proses sinkronisasi, pilih opsi pada komputer di bagian atas kiri dan kemudian Anda akan memilih tipe media. Pengaturan yang berbeda tersedia untuk musik, video, gambar, dan ringtone. Program sync ini akan mengimport folder dari Windows library dan memberikan Anda jalan untuk memilih folder yang ingin Anda sinkron dengan perangkat mobile Anda. Anda dapat membuat folder baru, atau Anda dapat menggunakan folder yang telah tersedia. Untuk melakukan copy data dari perangkat mobile ke komputer, cukup check pada kotak pilihan yang Anda inginkan dan kemudian klik Sync.

Melalui opsi Settings Anda dapat memilih berapa banyak data yang akan disinkron, dan ada beberapa program yang dapat mengurangi ukuran file misalnya Resize untuk gambar, sehingga akan menambah kapasitas penyimpanan. Sebagai catatan, musik, video, dan gambar Anda akan diperlihatkan kosong, ini karena Anda tidak memiliki media dalam Windows library Anda. Cara terbaik untuk mengakali hal ini adalah menghubungkan media golder Anda ke Windows library folder. Jika Anda ingin melakukan proses sinkron ini pada Windows 8, maka langkah yang dijalankan hampir sama.

Zune sebagai media penghubung antar perangkat mobile yang memiliki sistem operasi Windows Phone dengan komputer, tidak menjalankan proses yang semestinya. Sebagai pengguna perangkat mobile dengan sistem operasi Windows Phone 8, tentunya Anda akan menginginkan sesuatu yang praktis, yang memang ditawarkan sistem operasi ini. Sinkronisasi adalah salah satu jalan untuk menuju kepraktisan tersebut. Bagi pengguna Windows 7, hal tersebut bisa Anda wujudkan dengan langkah-langkah tadi. Sambil menunggu proses peralihan Anda dari Windows 7 ke Windows 8, tidak ada salahnya Anda melakukan sinkronisasi antar Windows Phone 8 dengan Windows 7 yang Anda miliki sekarang. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel