Trik Mudah Melakukan Konversi Video pada Symbian 5th Edition

24 Mar 2012 16:00 3748 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda yang berniat akan melakukan konversi video pada Symbian 5th edition nampaknya patut untuk menyimak ulasan berikut ini. Ada hal-hal yang perlu dilakukan yang penting Anda ketahui supaya konversi videonya bisa berjalan dengan lancar.

Anda yang berniat akan melakukan konversi video pada Symbian 5th edition nampaknya patut untuk menyimak ulasan berikut ini. Ada hal-hal yang perlu dilakukan yang penting Anda ketahui supaya konversi videonya bisa berjalan dengan lancar.

Anda sebelum melakukan konversi video pada Symbian 5th edition harus menyediakan bahan baku untuk menunjang proses konversi, yakni komputer yang memiliki hard-disk memadai. Kemudian gunakanlah software encoder bernama Super yang bisa Anda download secara gratisan di sini.

Pengaturan Software Super

Anggap saja Anda sudah berhasil melakukan install software Super ini di PC. Berikutnya untuk melakukan konversi video pada Symbian 5th edition adalah Anda harus melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Anda dituntut untuk mengatur "Output Containt” ke format MP4.

  2. Kemudian atur juga "Output Audio Codec” ke MPEG-4.

  3. Jangan lupa juga untuk mengatur Output "Audio Codec” ke AAC LC.

  4. Kemudian contreng-lah box DirectShow Decode.

  5. Langkah berikutnya ialah mengubah ukuran skala video ke 640 x 360, namun ada pilihan lainnya yang bisa juga dipilih yakni 368 x 208 dan 416 x 176.

  6. Aturlah Aspect Ratio menjadi 16 : 9.

  7. Atur juga Frame/ Sec menjadi 29,97.

  8. Gunakan Bitrate standar 2016.

  9. Kemudian contreng-lah box "High Quality”.

  10. Aturlah "Sampling Freq” menjadi 44100

  11. Berikutnya ubahlah Audio Bitrate ke 96 kbps.

Jika sudah melakukan 11 langkah tersebut secara sempurna, maka Andapun telah siap untuk melakukan konversi video dengan memerhatikan langkahnya sebagai berikut.

Menggunakan File Explorer, pilihlah video yang akan Anda konversi tersebut. Kemudian lakukan drag and drop file tersebut kebagian jendela Super. Jika langkah tersebut berhasil maka nama video yang kemudian akan Anda konversi akan muncul tepat di bawah notifikasi "Drop a Valid Multimedia File Here”.

Kemudian Andapun bisa melakukan dua kali klik (double) di bagian tadi untuk mengetahui lebih detil video seperti unsur aspect ratio-nya, bit rate-nya, dan lainnya. Jika ukuran-ukuran tersebut masih lebih rendah dari setting-an Anda, maka Anda bisa meningkatkan ukuran tersebut sehingga kualitasnya lebih baik. Dalam beberapa video bisa memiliki aspect ratio 2.35 : 1 sehingga terlihat tampilannya yang kurang sempurna. Akan terlihat misalnya, gambar orang lebih tinggi atau lebih lebar karena memang secara default Symbian 5th edition ini memiliki aspect ratio 16 : 9.

Kalau Anda yakin dengan semua setting-an tersebut maka selanjutnya tinggal menekan tombol Encode untuk memulai proses konversi video pada Symbian 5th edition tersebut. Jika sudah selesai, maka Anda tinggal melakukan transfer video tersebut ke ponsel Anda, mudah bukan? [EH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel