Edit Efek Foto Sebelum Diunggah ke Instagram Dengan 5 Aplikasi Ini

14 Jan 2013 15:00 18259 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Pernah Anda penasaran dengan beberapa foto teman Anda di Instagram yang menawan? Ada panorama cantik dengan detail yang mantap atau juga efek oldies seperti efek terbakar. Foto lain memperlihatkan foto mozaik yang tersusun atas beberapa foto.

Pernah Anda penasaran dengan beberapa foto teman Anda di Instagram yang menawan? Ada panorama cantik dengan detail yang mantap atau juga efek oldies seperti efek terbakar. Foto lain memperlihatkan foto mozaik yang tersusun atas beberapa foto. Ya, banyak foto hadir di Instagram menggunakan beragam efek yang tidak ada di filter bawaan Instagram seperti HDR atau efek-efek retro lainnya. Bisa dipastikan foto yang di upload telah diedit terlebih dulu dengan aplikasi lain sebelum masuk ke Instagram dan kemudian di-upload. Ya, cara umum membuat foto yang membuat para Instagramer terperangah dengan foto Anda adalah mengolahnya dengan aplikasi pengolah foto atau filter third party yang tidak ada di Instagram sebelum dipajang di galeri.

Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk edit efek foto tersebut dan aplikasi-aplikasi tersebut dapat anda dapatkan secara gratis.

HDR CAMERA Aplikasi buatan Almalence ini berfungsi untuk membuat foto HDR. Dengan HDR, foto yang Anda buat akan menjadi lebih detail kerena HDR akan mempertajam datail pada area yang terlalu terang (highlight) atau area gelap (shadow). Pemandangan akan menjadi lebih tegas dan berwarna pekat dengan efek ini. Bagus juga untuk memotret wajah atau potrait sehingga tampil lebih dramatis. Aplikasi ini berukuran 2.9 MB dan dapat anda unduh secara gratis langsung dari Play Store.

PHOTO GRID HD Aplikasi yang dikembangkan oleh Roid App ini dapat membantu Anda. Jika Anda ingin merubah foto dalam satu frame, Anda bisa menggunakan aplikasi ini yang akan menciptakan mozaik atau kumpulan foto.

Buatlah mozaik foto dalam bentuk bujur sangkar agar lebih mudah diunggah dan pas dengan ukuran foto di Instagram. Aplikasi ini berukuran 3.1 MB dan dapat anda unduh secara gratis langsung dari Play Store.

POLAROID CAMERA Wise Shark Software merupakan pengembang yang mengeluarkan aplikasi ini. Aplikasi ini akan menciptakan frame atau bingkai ala foto instan polaroid. Foto yang dihasilkan pun akan memilih efek warna jadul atau retro sehingga berkesan unik. Hasil foto yang bujur sangkar akan cocok untuk selanjutnya diunggah lewat Instagram. Aplikasi ini menyediakan enam efek retro untuk diterapkan dan berbeda dengan yang ada di Instagram. Aplikasi ini berukuran 7.5 MB dan dapat anda unduh secara gratis langsung dari Play Store.

ROIDIZER Aplikasi ini dikembangkan oleh Tobias Fiebiger. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk mendapatkan efek yang sangat sesuai dengan apa yang anda inginkan, terutama jika menginginkan efek retro yang berbeda dari yang ada di Instagram. Ada sepuluh efek film analog yang dapat diterapkan di foto Anda. Foto yang diolah pun dapat diterapkan dalam bentuk Polaroid sehingga menjadi alternatif dari aplikasi Polaroid Camera sebelumnya. Bingkai polaroidnya pun dapat disisipi dengan teks yang Anda inginkan. Aplikasi ini berukuran 2.3 MB dan dapat anda unduh secara gratis langsung dari Play Store.

PUDDING CAMERA Aplikasi ini dikembangkan oleh KTH. Bagi Anda yang ingin punya banyak pilihan filter keren untuk foto yang hendak dipajang di Instagram, yang satu ini bisa jadi aplikasi yang wajib. Di dalam aplikasi ini tersedia 72 efek foto yang tentu jauh lebih banyak dari yang ada di Instagram. Anda juga bisa menggunakan efek fish eye, tilt-shift, multiframe shot, dan juga beragam efek retro. Aplikasi ini berukuran 19 MB dan dapat anda unduh secara gratis langsung dari Play Store.

  1. Menerapkan efek untuk foto instagram Untuk menerapkan efek foto di instagram, ikuti langkah-langkah berikut ini: . Gunakan salah satu aplikasi di atas untuk membuat foto keren untuk diunggah ke Instagram. Kemudian pilih salah satu aplikasi yang menurut anda cocok dengan selera anda, kemudian buka aplikasi tersebut. Sebagai contoh, kita akan menggunakan Pudding Camera sebagai contoh aplikasi yang akan kita gunakan. 
  2. Setelah selesai, tutup aplikasi. Kini bukalah Instagram. Buka foto dengan men-tap tombol berikon kamera lalu pilih ikon galeri foto. Ambil foto dari folder Pudding Camera dari galeri foto yang muncul.
  3. . Foto akan ditampilkan di Pilihan filter efek jika ingin menambahkan efek kembali. Selanjutnya, tap tombol (Next). Beri deskripsi dan tap tombol centang.
  4. . Edit foto selesai. Semoga daftar aplikasi serta panduan untuk memaksimalkan efek dari aplikasi Instagram di atas dapat membuat anda semakin mahir dan terbiasa untuk menciptakan hasil foto dengan efek yang memukau untuk dapat anda bagikan kepada teman teman anda. Selamat mencoba dan berkreasi! [IRW]
Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel