Tips Cara Menggandakan Kinerja Baterai Nokia 808

8 Jan 2013 09:00 3091 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dengan berbekal kamera sebesar 41MP, tidak ada yang bisa mengungguli kemampuan kamera yang dimiliki oleh Nokia 808 saat ini. Namun memiliki performa yang sangat tinggi membuat ponsel ini memiliki permasalahan pada daya tahan baterai yang tidak mampu bertahan hingga jangka waktu yang lama karena penggunaan fitur-fiturnya yang terlalu maksimal.

Nokia 808 merupakan ponsel yang dikenal memiliki kamera yang sangat mumpuni untuk kelas kamera ponsel. Dengan berbekal kamera sebesar 41MP, tidak ada yang bisa mengungguli kemampuan kamera yang dimiliki oleh Nokia 808 saat ini. Namun memiliki performa yang sangat tinggi membuat ponsel ini memiliki permasalahan pada daya tahan baterai yang tidak mampu bertahan hingga jangka waktu yang lama karena penggunaan fitur-fiturnya yang terlalu maksimal.

Untuk mengatasi permasalah tersebut, pada artikel kali ini Plimbi memiliki tips bagaimana cara menggandakan kinerja baterai pada Nokia 808 Anda agar dapat bertahan dalam waktu yang lama agar Anda bisa memanfaatkan ponsel Anda secara maksimal.

Wi-Fi Power Saving

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam menjaga performa baterai dari ponsel adalah penggunaan Wi-Fi. Pengaturan ini bisa Anda temukan di dalam menu Option - Setting dan Anda akan menemukan menu WI-Fi Power Saving di dalam pengaturan tersebut. Jika Anda mengaktifkan pengaturan ini maka Anda telah mampu menhemat daya sebesar 100mA. Jika Anda ingin mendapatkan daya tahan dari baterai ponsel Anda, maka Anda bisa mengaktifkan pengaturan ini.

Peralihan Jaringan

Hal ini sedikit kontroversial, karena dampaknya tidak akan pernah sama untuk dua orang yang berbeda yang tinggal di daerah yang berbeda dengan pola aktivitas yang berbeda. Berdasarkan tes, ponsel yang menggunakan jaringan 2G akan menghabiskan daya sebesar 10mA, namun ketika mengaktifkan jaringan 3G atau 3.5G Anda akan menghabiskan daya sebesar 40 mA -inilah perbedaan yang besar jika Anda mengaktifkan kedua jaringan Anda secara berkala. Belum lagi jika Anda berada jauh dari keberadaan sinyal 3G, ponsel Anda akan menghabiskan daya yang lebih karena ponsel Anda juga akan bekerja lebih untuk mencari sinyal 3G Anda. Belum lagi dalam kondisi ekstrim, pada batas cakupan 3G, dengan data aktif dan transfer yang sedang berlangsung, ponsel Anda dapat menarik daya hingga 150mA dan Anda idah bisa menebak akan pergi ke mana seluruh daya pada ponsel Anda.

Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan menyadari cakupan di mana Anda berpergian, dan jika Anda mengetahui bahwa cakupan daya 3G di daerah Anda sangat minim, maka ada baiknya Anda mengalihkan jaringan Anda ke jaringan 2G untuk menghemat daya tahan baterai Anda, terutama ketika Anda sedang berpergian menggunakan kendaraan umum.

Atur Porsi Kecerahan

Permasalahan ini juga tidak kalah pentingnya, semakin cahaya ponsel Anda redup, maka semakin kuat ponsel Anda bertahan, karena dengan redupnya cahaya, Anda akan mendapati daya tahan dari baterai Anda lebih kuat dibandingkan ketika Anda menggunakan kecerahan pada ponsel Anda secara maksimal. Dan tentunya juga hindari penggunaan tema yang terlalu cerah, karena juga akan mempengaruhi performa dari daya tahan baterai Anda.

Singkatnya, jika ponsel Anda menggunakan layar OLED yang memiliki kekuatan piksel yang sangat terang benderang dalam kuantitas, itu juga akan menghisap daya tahan baterai Anda secara drastis. Sedangkan untuk layar LCD/TFT, seperti pada Nokia 701 misalnya, perbedaan antara warna hitam dan putih hanya faktor kedua dibandingkan kecerahan utama yang menjadi faktor utama. Namun kebanyakan pengguna tidak bisa hidup tanpa layar ponsel yang redup, namun kembali lagi kepada faktor kebutuhan akan daya tahan ponsel yang penting.

Matikan Kamera

Dengan kamera yang memiliki resolusi yang besar yang menjadi salah satu sumber utama yang mengambil seluruh daya dari ponsel ini pada saat kamera pada 808 Anda gunakan, penting untuk menutup aplikasi kamera ini setelah Anda menggunakannya. Cara yang tepat untuk memastikan bahwa aplikasi kamera ini benar-benar tertutup adalah dengan menekan tombol merah yang biasanya Anda gunakan untuk mengakhiri panggilan Anda dan cara yang salah adalah setelah Anda menggunakannya Anda menekan tombol Menu/Home.

Kurangi Penggunaan Aplikasi Widget

Banyak widget pada homescreen Symbian Anda adalah aplikasi bawaan yang memang ditanamkan pada ponsel ini yang mana mampu memulai dan mengakhiri data akses internet. Anda akan melihat penggunaan data yang lebih rendah, perangkat yang lebih cepat dan baterai yang lebih baik jika Anda menghapus widget homescreen yang benar-benar tidak Anda perlukan. Seperti contohnya, apakah aplikasi E! Benar benar penting untuk Anda, apakah Anda juga membutuhkan Movie teaser terbaru? Jika Anda tidak benar benar membutuhkannya, maka Anda bisa menghapus program tersebut untuk melihat kinerja yang baik dan daya tahan baterai yang juga lebih baik. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel