Duolingo - Cara Belajar Bahasa Asing dengan Mudah di Perangkat iOS

8 Jan 2013 11:15 2965 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bahasa bersifat universal. Dimanapun Anda berada, setiap Negara pasti memiliki bahasanya masing-masing, baik itu bahasa yang resmi ataupun tidak resmi. Dan terkadang, ketika Anda memutuskan untuk pergi keluar negeri, Bahasa Inggris saja tidak menjadi jaminan Anda bisa bertahan hidup.

Bahasa bersifat universal. Dimanapun Anda berada, setiap Negara pasti memiliki bahasanya masing-masing, baik itu bahasa yang resmi ataupun tidak resmi. Dan terkadang, ketika Anda memutuskan untuk pergi keluar negeri, Bahasa Inggris saja tidak menjadi jaminan Anda bisa bertahan hidup. Di Perancis dan Spanyol misalnya, kebanyakan penduduk di kedua Negara ini menolak berbicara Bahasa Inggris karena alasan historis. Lalu bagaimana jika Anda ingin berpergian ke Negara tersebut tetapi tidak mempunyai banyak uang dan banyak waktu untuk mempelajari bahasanya? Jangan cemas, karena saat ini tersedia sebuah aplikasi belajar bahasa asing yang dapat Anda unduh secara gratis untuk Anda yang mempunyai perangkat iOS. Berikut ulasan Plimbi.

Aplikasi ini bernama Duolingo. Berasal dari kata ‘Duo’ yang berarti dua dan ‘Lingo’ yang berarti bahasa. Walaupun demikian, aplikasi ini tidak hanya menyediakan dua macam bahasa saja. Melainkan Anda dapat mempelajari Bahasa Prancis, Spanyol, Jerman, dan Portugis. Mungkin untuk update selanjutnya, pihak Duolingo akan menambahkan bahasa yang lain lagi. Melalui Duolingo, Anda dapat belajar bahasa baru dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Ketika menjalankan aplikasi belajar bahasa ini untuk pertama kali, Anda harus log in melalui akun Facebook atau Twitter Anda. Setelah itu, Anda bisa membuat akun untuk Duolingo. Selanjutnya, Anda diperkenankan untuk memilih bahasa pertama yang ingin Anda pelajari. Anda dapat mempelajari cara bicara, menulis, mendengarkan, dan membaca macam-macam kosakata di bahasa tersebut. Cara belajar di aplikasi ini mirip dengan sebuah game. Anda akan dibekali oleh lima nyawa dan harus menjawab berbagai soal. Jika Anda salah, Anda akan kehilangan satu nyawa. Jika kelima nyawa tersebut habis, Anda diharuskan untuk mengulang soal dari awal lagi. Jika Anda berhasil menjawabnya sebelum nyawa habis, Anda dapat maju ke kategori selanjutnya.

Setiap menyelesaikan satu kategori, Anda akan membuka kategori yang baru. Saat pertama kali, Anda harus mengerjakan soal-soal dasar. Lalu selanjutnya Anda akan mengerjakan berbagai kategori lain seperti menyusun kata, atau memperkuat kosakata di bidang hewan, makanan, dan lain-lain.

Di luar soal-soal tersebut, pada aplikasi belajar bahasa ini Anda juga dapat berlatih menerjemahkan suatu kalimat dari bahasa yang Anda pelajari ke dalam Bahasa Inggris. Kalimatnya tidak dibuat langsung oleh Duolingo, melainkan kalimat dari artikel-artikel yang ada di internet. Tentu saja pada tahap ini Anda masih belum mengetahui semua vocabulary-nya, karena itu Anda dapat melihat arti dari kata tersebut untuk melancarkan hasil terjemahan Anda. Ketika Anda selesai menerjemahkan, Duolingo akan memberi Anda nilai. Para pengguna lain pun dapat melihat hasil terjemahan Anda dan ikut memberikan nilai. Disinilah keunggulan Duolingo, Anda dapat langsung belajar dari seorang yang telah ahli. Untuk Anda yang memang berniat untuk mempelajari bahasa baru, fitur Translation ini akan sangat menantang.

Plimbi telah mencoba berbagai aplikasi yang sejenis, tetapi baru aplikasi Duolingo ini yang mampu memberikan pelajaraan yang dapat dicerna dengan baik. Bukan hanya dapat mendengarkan bagaimana suatu kata diucapkan, Anda juga dapat mengingat bagaimana mengeja kata tersebut. Namun cara belajar seseorang pasti berbeda-beda, jadi Plimbi tidak akan mengatakan bahwa aplikasi ini cocok bagi semua penggunanya. Tetapi ada teori yang mengatakan bahwa jika Anda mempelajari sesuatu dengan cara yang menyenangkan, hal yang Anda pelajari tersebut akan menempel lama di otak Anda. Hal inilah yang ingin coba diterapkan pada Duolingo.

Namun kekurangannya, Anda membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk menjalankan aplikasi belajar bahasa ini. Hal ini membuat Anda tidak bisa belajar kapanpun dan dimanapun Anda mau. Namun hal ini tidak menjadi masalah bagi yang mempunyai Wi-Fi di rumah, sekolah, atau di tempat kerjanya.

Duolingo dapat diunduh bagi Anda yang memiliki iPhone, iPod Touch, dan juga iPad. Aplikasi ini berukuran 11.1 MB dan dapat dijalankan pada iOS 5.0 keatas. Aplikasi ini tersedia secara gratis di App Store. Jadi tunggu apalagi, segera unduh Duolingo et apprenez une nouvelle langueg di sini. [AAD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel