Meng-upload Wordpress dari Local ke Online

22 Feb 2023 13:50 673 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
dengan cara ini kita dapat mengupload hasil kita dan dapat dilihat bukan hanya kita sendiri tapi dapat dilihat oleh banyak orang oleh di internet

setelah anda sudah lancar menggunaka Dashbor Wordpress dan puas dengan tampilan situs Wordpress di pc lokal kita,yang sudah dikostumasi dan kita tambahkan beberapa konten dan personalisasi,nah disini kita akan mengupload website kita dari server lokal ke online.

tentunya anda sudah memiliki pilihan server yang terbaik,pastikan server anda memiliki fasilitas database MySQL dan mendukung script PHP.

upload ini adalah memindahkan Wordpress di server PC kita (server lokal) ke server  online (server sebenarnya),jadi kita harus mengubah beberapa konfigurasi:

  1. mengedit file wp-config.php.
  2. mengekspor data base dari server lokal.
  3. mengimpor data base ke server online.
  4. upload file-file Wordpress.
  5. mengedit tabel database untuk alamat URL.
  • membuat database di server web online.

membuat database ini pastikan kita membuat database baru atau menggunakan database lama yang sudah dikosongkan.

  • mengedit file Wp-config.php di server PC lokal kita.

masih ingatkan kamu dengan file wp-config.php,yang aslinnya adalah wp-config-sample.php kemudian kita rename dan edit untuk menginstall Wordpress di pc,karena servernya akan dipindahkan berarti setinganya juga harus di edit denga mengedit  'namadatabase','namapengguna','katasandi',dan 'localhost'.

  • Ekspor dtabase dari server offline.
  1. XAMPP Control Panel dijalankan.
  2. Browser dijalankan,ketik http://localhost/phpmyadmin.
  3. pilih database yang akan kita gunakan untuk Wordpress kita,
  4. klik(Export)
  5. beri tannda pada (save as file) pasa bagian bawah,pastikan jenis SQL terseleksi, lalu  klik (GO).
  6. browser akan mendownload file dbwordpress.sql yang kita buat tadi,dimpan file SQL terdebut untuk langkah selanjutnya.
  7. eksport database selesai.
  • Import database.
  1. masukan ke control panel server online kita.
  2. klik php myadmin.
  3. cari database yang sudah kita buat sebelumnya,misalkan namma databasenya 'username_namadb'.
  4. terlihat bahwa database masih kosomng lalu klik import.
  5. pada bagian "File to Import"klik"Browser",cari file dbwordpress.sql tadi,lalu klik GO.
  6. unggu hingga proses upload sukses.
  7. setelah import database sukses,  kita siap mengupload file-file Wordpress kita ke server online.
  8. Import database selesai.
  • upload file-file Wordpress.

untuk mengupload file-file ke server online kita bisa menggunakan cpanel atau program FTP seperti FileZilla,kita bisa mengunduh di http://filezilla-project.org.

cara menggunakan program exploler yang lain.untuk menyetelnya kita inggal mengisi nama Host(mesin) dengan nama host kita atau nama situs kita(misalnya:http://www.domainKita.com),nama pengguna(username),dengan nama username di server anda,dan(password)dengan password untuk login ke cpanel,untuk port tidak usah di isi.

pindahkan file wordpress ke direktor public_html atau htdocs,file wordpress ini adalah yang terdapat pada server offline kita di direktori xampp\htdocs\wordpress,dengan wordpress dalam contoh ini adalah folder yang berisi file wordpress kita.

  • mengedit database MySQL do server online.

inilah langkah terakhir yang teroenting,kita harus mengedit data base,yang dalam contoh tadi adalah database "username_namadb" supaya dapat terhubung dengan file wordpress kita,kita hanya perlu mengubah URL,yang dalam contoh ini dari 'http://localhost/wordpress’'.menjadi 'http://www.namawebsite.com/blog’'.jika langkah ini tidak dilakukan maka situs kita tidak akan ditampilkan karena file wordpress dengan databasenya adalah ibarat dua sejoli yang sudah tidak bisa dipidahkan.

berikut langkah mengedit database:

  1. editlah entri"siteurl"pada kollom"option_name".klik edit atau gambar pena untuk mengedit.gatilah "option_value"-nya dengan "http://www.name website.com/blog”."www.namawebsite.com"adalah URL website kita dan "blog"adalah folderr tempat wordpress berada.
  2. edit entri "Home" pada kolom yang sama.jika kita tidak menemukan klik tanda panah dibawah tabel,cara mengeditnya sama seperti entri siterul di atas.
Tags

About The Author

Mochamad Rafli Mahendra 21
Novice

Mochamad Rafli Mahendra

Mempelajari Dan Mengenal FOUR VISION MEDIA
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel