Cara Memperkuat Sinyal WiFi Anda

7 Jan 2013 14:00 53811 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ada banyak cara memperkuat sinyal WiFi Anda bisa diterima perangkat dengan sangat baik. Salah satu caranya adalah menyewa alat berat dan merobohkan dinding-dinding penghalang di rumah Anda. Sehingga jalur sinyal WiFi di rumah bebas berkeliaran. Atau Anda juga bisa menggunakan alat tambahan untuk meperkuat sinyal seperti wajan bolic, atau yang lainnya.

Ada banyak cara memperkuat sinyal WiFi Anda bisa diterima perangkat dengan sangat baik. Salah satu caranya adalah menyewa alat berat dan merobohkan dinding-dinding penghalang di rumah Anda. Sehingga jalur sinyal WiFi di rumah bebas berkeliaran. Atau Anda juga bisa menggunakan alat tambahan untuk meperkuat sinyal seperti wajan bolic, atau yang lainnya. Atau juga membeli perangkat WiFi yang lebih canggih dari yang Anda pakai sekarang. Satu lagi cara yang paling mungkin adalah pengaturan jaringan yang Anda pakai, agar tidak mendapat banyak gangguna selama WiFi beroperasi.

Ada alasan sederhana mengatur jaringan yang Anda pakai. Apalagi Anda bertempat tinggal di daerah yang rata-rata rumah memiliki router sendiri. Saluran yang Anda pakai mungkin akan bertabrakan dengan saluran orang lain. Ini yang sering terjadi dan menghambat koneksi WiFi di rumah Anda. Untuk itu, Plimbi akan memberikan jalan keluar agar Anda dapat melihat laulintas sinyal WiFi di daerah Anda. Kemudian Anda bisa mengganti saluran jaringan agar tidak bertabrakan dengan WiFi orang lain. Dan berikut ini adalah cara memperkuat sinyal WiFi.

1. Download Software

Hal pertama harus dilakukan dalam cara memperkuat sinyal WiFi adalah menganalisis jaringan lokal di daerah Anda. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan software bernama inSSIDer. Software ini merupakan penganalisa jaringan yang ada di dekat Anda. Cukup instal dan jalankan softwarenya. Klik next-next saja saat proses penginstalan.

2. Jalankan software

Setelah selesai menginstal, buka software tersebut. inSSIDer akan secara otomatis mencari WiFi yang ada di sekitar kita. Software ini akan lebih banyak menemukan sinyal WiFi dibandingkan dengan Windows. Pindahkan pilihan ke tab 2.4GHz Channels. Dari grafik itu Anda bisa melihat bagaimana lalu lintas WiFi di daerah Anda. setelah selesai mencari klik tombol Stop di sudut kanan atas.

3. Temukan channel

Grafik yang ditampilkan pada software ini menunjukkan kekuatan sinyal masih-masing WiFi. yang paling tinggi merupakan sinyal yang paling kuat dan yang paling dekat dengan Anda. Bila di daerah Anda tidak banyak yang menggunakan WiFi maka grafik akan sepi. Bila banyak, kita akan mulai kesulitan melihat saluran mana yang menjadi saluran tertinggi. Channel yang sinyalnya bagus diberi warna hijau. Saluran yang berwarna merah sangat kecil sinyalnya dan tidak akan muncul di tabel.

4. Setingan pada router

Setelah mendapat saluran mana yang paling baik maka kini waktunya Anda mengatur router. Untuk melakukan pengaturan Anda harus masuk ke admin router yang dimiliki. Admin ini berbeda-beda setiap router. Bila Anda belum pernah masuk ke admin router, coba cari di Google bagaimana caranya masuk ke admin. Lihat merek router Anda. Di sini kita akan mencoba pada router WL700ge Asus.

5. Log In

Untuk masuk ke dalam admin Anda harus membuka IP address dari router. Misalnya IP adress routernya 192.168.1.1. Ini akan membawa Anda ke halaman log in dan harus memasukkan identitas dari admin. Biasanya, bila teknisi memasang router WiFi akan memberitahu akun admin untuk Anda. Jika tidak memberi tahu, kemungkinana besar router masih dalam keadaan default (bawaan). Anda bisa dengan mudah mencarinya di internet.

6. Atur Channell-nya

Dari sini, Anda akan mengubah channel yang ada pada router. Lihat pada software yang sudah diinstal tadi. Pilihlah channel yang paling sedikit digunakan orang lain. Ini sangat berguna mencegah kesemrawutan lalu lintas sinyal WiFi. Untuk masuk ke menu saluran tidak sulit. Di router ini hanya dengan memilih menu advance dan akan tampil saluran dengan tipe menu dropdown.

7. Teknik tambahan

Pada router ini, Anda akan diberi pilihan untuk mematikan yang sudah lama, 802.11b. mematikan ini akan mengurangi beban kerja dari WiFi karena ini sudah tidak digunakan lagi pada teknologi wireless saat ini. Teknik ini akan sedikit membuat kecepatan router Anda bertambah.

8. Pengaturan Radio

Anda bisa berimprovisasi sendiri asalkan masih dalam tujuan untuk mempercepat dan memperkuat sinyal WiFi di rumah Anda. Jangan lakukan yang aneh-aneh, taruhannya adalah koneksi internet Anda dan memanggil teknisi. Mengaktifkan Radio UP akan membuat sinyal WiFi kits semakin jauh jangkauannya. Inilah keunggulan WiFi yang bisa mengatur berapa jarak sinyal dari router.

9. Uji Coba

Setelah melakukan uji coba jangan lupa untuk menyimpannya. Setalah menyimpan mungkin router Anda akan restart. Setelah router online lagi dan bisa digunakan untuk internet, kembali buka inSSIDer, lihat apakah saluran WiFi Anda sudah pindah ke saluran yang lain dan meupakan saluran yang benar. Coba download sesuatu, apakah ada perubahan atau tidak. Dan selesai! [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel