1

Evolusi dan Perkembangan Google Search Engine

14 Dec 2011 18:00 6149 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Google Search Engine telah hadir dalam waktu yang cukup lama sejak dimulai sebagai sebuah proyek penelitian di tahun 1996, dan itu hanyalah sebuah awal tanpa adanya suatu kesadaran proyek penelitian tersebut akan menjadi raksasa *search engine* berharga milyaran di kemudian hari.

Google Search Engine telah hadir dalam waktu yang cukup lama sejak dimulai sebagai sebuah proyek penelitian di tahun 1996, dan itu hanyalah sebuah awal tanpa adanya suatu kesadaran proyek penelitian tersebut akan menjadi raksasa search engine berharga milyaran di kemudian hari.

Perusahaan search engine ini membukukan video dan timeline yang menyoroti evolusi Google Search Engine dan petunjuk pada apa yang diharapkan akan terjadi di masa depan. Berikut timeline tersebut:

timeline

"Tujuan kami adalah untuk mendapatkan jawaban yang Anda cari lebih cepat dan lebih cepat lagi, membuat koneksi yang lancar antara pertanyaan dan informasi yang Anda cari," ungkap Ben Gomes, Google Search Engineer, melaui blog resmi Google. "Itu berarti Anda tidak harus tahu tentang fitur pencarian terbaru dalam merangka untuk mengambil keuntungan darinya—cukup ketik ke dalam kotak seperti biasa dan menemukan jawaban yang Anda cari."

Tetapi evolusi Google Search Engine tidak selalu selancar dan sesederhana itu. Pada tanggal 11 September 2001, pengguna Google sedang mencari "Twin Towers di New York," tetapi hasilnya tidak ada yang relevan dengan kejadian tragis tersebut. Menurut Amit Singhal, software engineer Google, index mencari berita dari bulan sebelumnya, karena itu tentu saja tidak ada berita mengenai tragedi WTC dalam indeks.

Dari kasus ini Google menyadari bahwa jika bisa mencari berita dengan cepat dan menyediakan beberapa sudut pandang tentang cerita yang sama kepada pengguna, hasilnya bisa dinamis. Dan itulah kelahiran dari Google News.

Timeline di atas juga menyoroti pelaksanaan Universal Search dalam bagian dari Google Search Engine. Fitur ini menampilkan hasil pencarian gambar, video dan berita, di samping pencarian halaman web dasar. Google kemudian memperkenalkan Quick Answers di bagian atas halaman yang bisa digunakan untuk berbagai topik, seperti jadwal penerbangan, skor olahraga dan cuaca.

Sementara video yang diposting pada blog resmi Google berjudul " The Evolution of Search in Six Minutes" adalah klip yang berbagi metodologi dibelakang Search Ranking dan evaluasi.

Meskipun Google tidak bicara terlalu banyak mengenai bagaimana bentuk Google Search Engine kedepannya, namun harapan Ben Gomes cukup mewakilinya, yaitu ingin komputer ala Startrek.

Berikut video yang diposting Blog resmi Google tersebut:

The Evolution of Search

[RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel