Kebiasaan Kecil yang Membantu Anda Suka Menabung

2 Aug 2021 08:30 288 Hits 3 Comments Approved by Plimbi
Kebiasaan kecil yang membantu anda suka menabung dengan rajin.

Ada banyak alasan mengapa anda kesulitan untuk menabung. Beberapa diantaranya bisa diantisipasi apabila anda mau berkomitmen. Sebuah komitmen memang tidak mudah, namun anda wajib mulai dari sekarang agar dapat mengumpulkan dana untuk mewujudkan impian. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Kegiatan menabung adalah sebuah usaha untuk menyisihkan sebagian pendapatan lalu menyimpannya sebagai dana cadangan. Dana cadangan tersebut bisa digunakan untuk beragam kepentingan. Bisa untuk membeli barang-barang yang diinginkan, biaya berlibur, hingga keperluan besar seperti biaya pernikahan dan membeli rumah. Menabung merupakan salah satu hal terpenting karena anda bisa mempunyai dana cadangan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di masa mendatang. Sebaliknya jika anda tidak menabung, anda bisa menjadi menonjolkan kebiasaan buruk seperti boros dan terlilit utang.

Tersebut di bawah ini kami berikan beberapa kebiasaan baik mengatur dana seperti lansiran dari Mental Floss untuk dapat mengontrol keadaan finansial anda.

  • Transfer otomatis dana ke tabungan.
  • Rencanakan atau susun daftar pembelian barang-barang kebutuhan.
  • Substitusi.
  • Tabung pendapatan bonus.
  • Simpan kembalian receh.

Tetapkan Tujuan Menabung Anda

Tips menabung yang pertama adalah tentukan tujuan anda menabung. Apakah ingin menggunakan tabungan untuk menyisihkan dana cadangan atau ingin membeli barang-barang tertentu yang tidak bisa dibeli saat itu juga. Pastikan tujuan anda yang jelas dan tidak berlawanan dengan tujuan yang lainnya. Bila dianggap perlu, anda bisa membuat beberapa tabungan sekaligus.

Tentukan Batasan Waktu Dan Jumlah Dana Yang Ditabung

Tips menabung yang kedua adalah menentukan batasan waktu dan jumlah yang hendak ditabung. Misalkan saja anda ingin membeli buku terbaru seharga Rp. 500.000. Maka selanjutnya tentukan batasan waktu menabung anda sesuai dengan kemampuan menabung. Seimbangkan dengan keperluan sehari-hari.

Manfaatkan Aplikasi Pencatatan Keuangan

Tips menabung yang ketiga adalah mencatat transaksi keuangan. Jika anda adalah orang yang pelupa, maka catatlah setiap transaksi anda dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Hal ini bisa digunakan untuk evaluasi serta menelusuri rekam jejak keuangan anda. Anda bisa mencatat transaksinya dengan memakai buku akuntansi konvensional. Namun jika dirasa terlalu rumit, ada banyak aplikasi pencatatan keuangan yang bisa anda unduh melalui Play Store dan App. Store.

Gunakan Rekening Secara Terpisah

Tips menabung keempat adalah dengan menggunakan rekening yang berbeda-beda. Jika realistis dan dibutuhkan maka anda bisa memisahkan antara rekening khusus tabungan dan rekening untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu anda tidak perlu merasa khawatir unuk menghitung berapa sisa dana yang bisa anda gunakan diluar dana tabungan.

Menabung Terbalik Tanggal

Tips menabung kelima adalah menabung terbalik tanggal. Konsepnya adalah menabung selama sebulan penuh dengan nominal yang terbalik setiap harinya.

Misalkan terdapat 30 hari dalam sebulan. Anda bisa mempraktikkan cara ini dengan menabung sebesar Rp. 30.000 pada tanggal 1. Kemudian anda menabung lagi sebesar Rp. 29.000 pada tanggal 2. Begitu seterusnya hingga anda mampu mencapai tanggal 30 dan hanya perlu menabung sebesar Rp. 10.000. Nah dengan menggunakan tips menabung ini maka anda bisa mendapatkan dana rata-rata sebesar Rp. 465.000 dalam sebulan.  

Membatasi Dan Mengurangi Pengeluaran Sekunder Dan Tersier

Tips menabung yang terakhir adalah membatasi pengeluaran, dimana selain membuat anggaran, anda juga perlu membatasi pengeluaran yang dianggap tidak perlu atau bersifat impulsif. Misalnya jika masih ada air mineral di rumah, anda tidak harus membeli kopi setiap hari sebagai pemuas dahaga.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Kebiasaan Kecil Yang Membantu Anda Suka Menabung’ dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel