Kawasan Persebaran Hutan Musim di Dunia

14 Apr 2021 11:05 185 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Seperti diketahui bahwa hutan adalah salah satu kawasan yang wilayahnya ditentukan melalui syarat – syarat tertentu dimana sebuah wilayah bisa disebut sebagai kawasan wisata apabila kawasan tersebut mempunyai beragam jenis karakteristik yang sesuai untuk dinyatakan sebagai hutan.

 

Seperti diketahui bahwa hutan adalah salah satu kawasan yang wilayahnya ditentukan melalui syarat – syarat tertentu dimana sebuah wilayah bisa disebut sebagai kawasan wisata apabila kawasan tersebut mempunyai beragam jenis karakteristik yang sesuai untuk dinyatakan sebagai hutan.

Ada banyak jenis hutan di dunia ini yang menyimpan karakteristik dan ciri – ciri yang berbeda – beda dimana pada dasarnya ada banyak sekali cara atau metode yang dipakai guna membedakan masing – masing hutan yang tersedia di planet Bumi ini.

Terdapat beberapa poin yang dapat digunakan untuk mengenal bahwa suatu tempat adalah hutan seperti jenis vegetasi, tata letak, serta karakteristik dari tempat tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu poin guna mengelompokkan hutan – hutan yang ada di dunia ini. Tetapi apabila hanya didasarkan kepada keanekaragaman vegetasi yang ada di dalamnya maka masing – masing hutan yang ada bisa dibagi menjadi dua golongan besar yaitu hutan homogeny dan juga hutan heterogen. Kedua jenis hutan tersebut bisa dibedakan dengan keanekaragaman jenis pepohonan yang bisa ditemukan di dalamnya. Selain itu ada juga hutan yang kondisinya sangat dipengaruhi oleh dinamika perubahan atmosfer, contohnya adalah hutan hujan tropis dan hutan musim.  

Nah melalui artikel kali ini kami akan membahas tentang hal – hal yang erat hubungannya dengan hutan musim yaitu tentang persebaran hutan musim di dunia dimana hutan musim memang bisa dengan mudah ditemukan pada beberapa bagian dunia dengan karakteristik dan ciri khas yang berbeda – beda.

 

Daerah Persebaran Hutan Musim

Wilayah persebaran hutan musim di berbagai daerah di Bumi ini sangat luas sekali namun letaknya hanya di daerah – daerah khusus saja dimana secara garis besar hutan musim bisa dibagi menjadi dua bagian yaitu hutan musim tropis dan hutan musim subtropis.

Pada beberapa kawasan tertentu di dalam area kawasan tropik maupun pada kawasan subtropik hutan – hutan musim biasanya berdampingan dengan hutan – hutan sabana maupun hutan stepa.

Bioma hutan musim di dalam penyebutan secara ilmiah mempunyai beberapa nama yang berbeda – beda seperti tropical seasonal forest, tropical anda subtropical deciduous forest, tropical anda subtropical dry broadleaf forest atau tropical dry forest. Pemberian istilah ini didasarkan kepada karakteristik dari hutan itu sendiri.

Persebaran hutan – hutan musim di dunia bisa dengan mudah anda temukan pada beberapa lokasi seperti tersebut di bawah ini.

 

1/ East decan dry evergreen forest

Kawasan hutan musim pertama terletak di Negara India yang rata – rata mempunyai luas yang cukup besar yaitu sekitar 25.500 kilometer persegi. Posisi yang tepat adalah meliputi berbagai bagian seperti Adhra Prades, Tamil Nadu, dan Puducherry. Kawasan – kawasan ini merupakan kompleks kawasan yang sangat penting keberadaannya sebagai penghalang masuknya awan hujan. Tetapi saat ini sangat disayangkan karena kawasan ini sudah banyak mengalami perubahan yaitu cenderung digunakan untuk kepentingan kehidupan. Ada beberapa kawasan telah berubah fungsi, maka dari itu sisa dari kawasan ini sudah berubah menjadi kawasan yang sangat dilindungi oleh pemerintah India. 

 

2/ Srilanka dry zone dry evergreen forest

Kawasan hutan musim kedua yang ada di dunia berada di wilayah Srilanka. Menyimpan luas sekitar 48.400 kilometer persegi atau bisa dikatakan hampir menutupi seluruh bagian dari negara yang satu ini. Kawasan hutan ini banyak sekali didominasi oleh tanaman cemara. Satu hal yang menarik tentang kawasan wisata ini adalah iklim dan kondisi dari kawasan hutan ini sedikit banyak menyerupai daerah – daerah di East deccan dry evergreen forest yang terdapat pada kawasan India.

 

3/ Southeastern Indochina dry evergreen forest

Yang ketiga untuk wilayah persebaran hutan musim di dunia adalah berada di kawasan Indochina. Daerahnya meliputi wilayah Thailand, Laos, Vietnam, dan juga Kamboja. Kawasan ini merupakan sebuah kawasan hutan musim yang wilayah persebarannya sangat luas. Bahkan dapat dikatakan bahwa ini adalah wilayah persebaran hutan musim terluas dan terbesar yang berada di daerah Semenanjung Indochina. Dimana kawasan hutan ini menyimpan persebaran jenis yang jumlahnya sangat beragam dan cukup besar yang rata – rata terletak di bagian delta Sungai Mekong.

 

4/ Madagascar dry deciduous forest

Kawasan hutan musim yang satu ini merupakan salah satu jenis hutan musim yang keberadaannya sangat penting di dunia. Kawasan hutan musim yang terletak di area Madagaskar ini merupakan salah satu hutan yang banyak sekali menyimpan beragam jenis flora dan fauna yang sifatnya endemik. Sehingga tidak mengherankan apabila kawasan ini terkenal dengan istilah cagar biosfer dunia. Tetapi sangat disayangkan bahwa saat ini kawasan ini mengalami kerusakan yang cukup besar dan berat. Kini kawasan ini menjadi salah satu daerah yang sangat dilindungi di wilayah Madagaskar.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai kawasan persebaran hutan musim di dunia yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

Tags Keluarga

About The Author

Kadek Nila Utami 23
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel