Bulan Rajab, Bulan Penuh Ampunan

13 Apr 2020 12:35 422 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bulan Rajab,bulan penuh ampunan .Perbanyak ibadah di bulan Rajab

Bulan rajab tahun  2020 yang  jatuh bertepatan hari Selasa 25 Febuari.Bulan rajab adalah bulan ketujuh  dalam penanggalan hijriyah  dan penanggalan Jawa .Pada tahun 2020 bulan Rajab dimulai dari tanggal 25 Febuary hingga tanggal 25 Maret.

Bulan Rajab sering disebut bulan ampunan .Mengapa bulan rajab disebut bulan ampunan? Berikut penjelasannya.
Bulan Rajab, bulan penuh ampunan ,karena bulan rajab bulan yang mulia selain bulan ramadhan.Bulan rajab  menjadi awal memasuki bulan ramadhan, maka dari itu Bulan Rajab di sebut bulan penuh pengampunan sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW Rajab adalah bulan mencari pengampunan.Jadimencari pengampunan dari Allah Sesungguhnya  Dia Maha Pengampunan dan Maha Penyayang.

Bulan rajab berbeda dengan bulan suci lainnya selain bulan ramadhan  seperti bulan Muharam,Zulqadah atau bulan Zulhijah.Bulan Rajab berbeda dengan bulan suci lainnya ,karena bulan rajab berdiri sendiri terpisah dari bulan suci lainnya membuat bulan rajab begitu istimewa dibanding dengan bulan suci lainnya di kalender Islam .

Jarak waktu dari bulan rajab dengan bulan ramadhan begitu dekat hingga membuat bulan rajab disebut bulan penuh ampunan.Tidak hanya sebagai bulanpengampunan.Bulan Rajab menjadi bulan Allah  .

Mengapa bulan rajab disebut bulan Allah ?Karena selama sebulan penuh selama  bulan rajab menjadi bulan penuh ampunan dekat dengan Allah menghapus segala dosa. Dekat dengan Allah dengan berjuang tanpa batas mendekatkan diri pada Allah dengan beribadah. Bulan Rajab ini umat Islam bisa membiasakan diri untuk dekat dengan Allah melalui ibadah sebelum masuk ramadhan.

Bulan penuh ampunan  di bulan rajab ,karena di bulan rajab ini juga disebut bulan bertaubat .Di bulan rajab ini dianjurkan untuk bertaubat kepada Allah. Allah memberi membuka luas siapapun yang bertaubat dan memohon ampun dengan ikhlas dengan  melakukan berbagai kegiatan ibadah sebagai penghapus dosa.

Bulan rajab, bulan penuh ampunan, karena bulan rajab bulan yang mulia selain bulan ramadhan .Bulan rajab menjadi awal memasuki bulan ramadhan. Bulan rajab menjadi awal yang baik dan  permulaan untuk membiasakan diri untuk dekat dengan Allah melalui ibadah sebelum menuju ramadhan.

Memperbaiki diri dan perbanyak ibadah salah satu cara menyambut bulan rajab .Jelang bulan ramadhan  diawali dengan datangnya bulan rajab. Jarak waktu dari bulan rajab dengan bulan ramadhan begitu dekat. Jarak yang demikian dekat dari bulan rajab ke bulan ramadhan kesempatan diri menahan diri memperbaiki diri untuk menghapus segala dosa yang diperbuat  .

Bulan penuh ampunan  di bulan rajab ,karena di bulan rajab ini adalah bulan bertaubat .Di bulan rajab ini dianjurkan untuk bertaubat .Allah memberi membuka luas siapapun yang bertaubat dan memohon ampun dengan ikhlas   di bulan rajab sebelum datangnya bulan ramadhan.

Bulan Rajab penuh pahala bagi yang mengamalkannya mulai dari memperbanyak istighfar dengan membaca sayyidul istighfar saat pagi dan sore hari akan masuk surga.

Bulan Rajab penuh pahala dan ampunan bagi umat Islam yang berpuasa di bulan rajab .Puasa Rajab termasuk Sunnah.Puasa sehari di bulab  Rajab sama dengan puasa sebulan.Riwayat lain  juga mengatakan puasa selama 7 hari di bulan  Rajab maka tutup pintu untuknya  neraka jahanam.

Dan puasa 8 hari di bulan rajab dibukalah untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari di bulan rajab maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan. Amalan lain yang dianjurkan untuk dilakukan adalah shalat malam di bulan rajab .Sebagian ulama Hanafi dan Hambali menyebutkan  sebagian malam-malam  yang Sunnah untuk dihidupkan shalat malam adalah malam awal bulan rajab .Sebagian ulama Hanafi dan Hambali berpendapat awal bulan rajab adalah lima malam yang apabila berdoa. Doa tersebut tidak ditolak yaitu malam Jumat ,awal malam Nishfu Sya'ban dan dua malam hariraya.Bulan Rajab bulan penuh ampunan sebulan penuh selama bulan Rajab.

Tags

About The Author

Suryatiningsih 35
Ordinary

Suryatiningsih

Content Writers tinggal di Magelang yang senang berbagi ilmu pengetahuan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel