Apa Itu Hardware/Perangkat Keras?

31 Oct 2020 10:20 106 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Hardware merupakan salah satu perangkat komputer yang paling berperan terhadap kinerja sistem komputer

Apa itu Hardware?

Bagi kalian para pengguna komputer/pc mingkin sudah tidak asing lagi mendengar kata hardware dan kalian tentu sangat familiar dengan software dan hardware. Hal ini karena keduanya merupakan perangkat sistem komputer yang sangat penting.

Nah yang akan kita bahas sekarang ini mengenai Hardware. Bagi kalian yang belum tahu tentang apa itu hardware? simak penjelasan berikut ini.

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia nya disebut juga perangkat keras.Perangkat keras komputer/ hardware adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Dengan kata lain hardware merupakan komponen yang memiliki bentuk nyata.

Hardware berfungsi untuk mendukung segala proses dalam komputerisasi dan bekerja sesuai perintah yang sudah ditentukan penggunanya atau yang sering disebut dengan brainware. Dengan adanya hardware maka bentuk input/output sistem komputer akan berjalan lancar.Serta menyimpan data/informasi yang terpasang di dalam maupun di luar komputer.

Hardware terdapat beberapa macam macam yang sangat penting. Berdasarkan jenisnya hardware dapat dibagi bagi berdasarkan  kegunaannya, yaitu :

1. Motherboard

Motherboard merupakan papan sirkuit utama yang berguna sebagai tempat macam macam komponen elektronik yang saling terhubung.

 

2. CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah pusat pengendali dan pemprosesan pada sebuah komputer yang mengatur semua instruksi program dan semua aktivitas yang dilakukan dalam sistem komputer.

 

3. Monitor

Monitor adalah sebuah perangkat keluaran yang digunakan untuk mengeluarkan hasil kinerja komputer berbentuk informasi.

 

4.RAM ( Random Access Memory)

RAM adalah tempat menemukan instruksi yang hendak dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara.

 

5. Mouse 

Mouse adalah termasuk kedalam hardware karena sangat berfungsi pada sistem kerja komputer sebagai penunjuk posisi kursor pada layar monitor.

 

6. Keyboard

Keyboard Adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data brrupa huruf ,angka ,ataupun symbol tertentu untuk melakukannperintah menyimpan file dan lain lain.

 

7. Harddisk

Harddisk adalah perangkat keras yang terbuat dari bahan baku berlapisi piringan magnetik oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar.

 

8. Power Supply

Power Supply adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mrmberikan tenaga dan energi arus listrik pada sistem komputer.

 

9.Processor

Processor adalah perangkat keras yang berguna untuk melakukan pembacaan ,pengertian dan melaksanakan perintah dari program itu sendiri.

 

10. LAN CARD (Local Area Network)

LAN Card adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk penghubung antara komputer server dengan komputer client

Dan masih banyak lagi perangkat keras komputer yang sangat penting bagi sistem kinerja komputer namun tidak bisa disebutkannlagi satu per satu.

Jenis hardware umumnya dikelompokan berdasarkan fungsi. Berikut ini ulasan jenis hardware menurut kegunaannya:

 

1. Input Device (Perangkat Input/masukan)

Jenis perangkat keras komputer berfungsi untuk  memasukan data informasi (dalam bentuk teks,gambar,audio,video dan lain nya)

 

2. Process Device/Hardware (Perangkat keras)

Perangkat keras jenis ini berfungsi untuk mengolah data dan menjalankan proses pada sistem komputer.

 

3. Output Device (Perangkat keluaran)

Jenis perangkat keras ini untuk mencetak dan menampilkan informasi dari hasil input data. Untuk data tersebut berasal dari hardware input setelah hardware process.

 

4. Storage Device (Perangkat Penyimpanan)

Storage device merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan ,berguna untuk menyimpan data data informasi dalam komputer.

 

Mungkin cukup sekian artikel yang dapat saya sampaikan ,saya harap berguna dan bermanfaat bagi para pembaca.

Tags

About The Author

Alvito Nurkholik 15
Novice

Alvito Nurkholik

nama saya Alvito Nurkholik dari SMKN 4 BANDUNG ,saya berada di bidang Rekayasa Perangkat Lunak

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel