Cara Mengatasi Instagram Error

27 Nov 2020 10:35 525 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Cara mengatasi aplikasi instagram error dengan mengecek koneksi internet dan lain sebagainya.

Kalian Bingung Dengan Apa Yang Harus Kalian Lakukan Ketika Instagram Error? Begini Cara Mengatasinya.

Sebelum ke pembahasan ,mari kita simak mengenai apa itu aplikasi Instagram?

Nah ,siapa sih yang tidak tau aplikasi satu ini? aplikasi ini terkenal di kalangan anak muda dan banyak banget pengguna aplikasi instagram di Indonesia. Bagi kalian yang sudah biasa menggunakan media sosial/gadget tentu sudah tidak asing dengan aplikasi satu ini.

Instagram secara sederhana dapat didefinisikan sebagai aplikasi mobile berbasis iOS, Android dan Windows Phone dimana pengguna dapat membidik ,meng-edit ,mengirim pesan berupa suara ataupun tulisan ,mengirim foto/video ,memposting foto/video ke halaman utama instagram dan jejaring sosial lainnya. Sistem pertemanan di Instagram menggunakan istilah following dan follower yang berarti saling mengikuti ataupun di ikuti. Lalu setiap pengguna dapat berkomunikasi dengan memberi komentar dan respon suka terhadap foto atau video yang dibagikan.

Instagram berasal dari pengertian keseluruhan fungsi aplikasi ini. Kata "Insta" berasal dari kata "instan", seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan Foto Instan. Sedangkan untuk kata "gram" berasal dari kata "telegram" yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.

Pada tanggal 9 April 2012 ,diumumkan bahwa instagram akan diambil alih oleh Facebook senilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Pada tanggal 11 mei 2016 ,instagram memperkenalkan tampilan baru sekaligus ikon baru dan desain aplikasi baru.

Meskipun aplikasi ini sudah terlihat canggih dan terdapat banyak fitur ,tetapi terdapat pula error yang harus kita atasi. Ada beberapa penyebab instagram error yaitu Instagram down , tidak bisa menggunakan aplikasi instagram terbaru ,akun instagram diblokir oleh pihak instagram itaupun pihak lain ,ada tumpulkan file cache ,system instagram error ,masalah koneksi internet.

bagaimana cara mengatasi? simak penjelasan berikut:

1. Mengandalkan situs independen untuk cek suatu situs

Kamu bisa melakukan pengecekan apakah memang instagram sedang error/down ,untuk melihat status tersebut ,kalian bisa membuka situs : Is it down or just me (https://isitdownorjust.me/) ,Is it down right now (https://www.isitdownrightnow.com/) ,Down detector (https://downdetector.co.uk/)

dengan situs tersebut kalian cukup mengetikkan "instagram.com" ,lalu kalian bisa cek apakah aplikasi instagram sedang down atau tidak

 

2. Melalukan pembersihan cache & data aplikasi

Salah satu cara mengatasi Instagram error dengan melakukan pembersihan cache dan data aplikasi. Kalian cukup mencoba hapus cache / data instagram di Hp kaliam. Caranya kalian masuk ke menu pengaturan lalu tap pada menu Apps ,dan cari aplikasi instagram. lalu bersihkan cache atau hapus data aplikasi. 

 

3. Install ulang aplikasi Instagram

Cara mengatasi Instagram error selanjutnya cukup dengan menginstall ulang aplikasi instagram. Salah satu penyebabnya karena data corrupt. jadi kalian cukup menghapus aplikasi dan instal ulang melalui playstore ataupun appstore.

4. Update aplikasi ke versi terbaru

Cara mengatasi instagram error pertama adalah mengecek apakah software instagram inng kalian gunakan saat ini sudah update ke versi terbaru? jika belum ,silahkan update aplikasi ke versi terbaru. Karena selain adanya fitur fitur baru ,adanya update tersebut bertujuan untuk memperbaiki masalah pada aplikasi instagram. Caranya kalian cukup buka playstore lalu ketik saja aplikasi instagram ,lalu tekan update ke versi terbaru.Jika sudah selesai update ,coba buka aplikasinya kembali.

 

5. Restart HP

Cara mengatasi instagram error selanjutnya adalah melakukan Restart HP. Dengan melakukan cara tersebut,maka HP akan fresh kembali tanpa ada beban. Salah satu fungsi restart Hp adalah untuk menjaga kinerja komponen HP tetap optimal dan juga untuk lebih fresh pada aplikasi. Caranya sangat mudah kalian tinggal menekan tombol power hingga beberapa detik lalu pilih restart ,dan tunggu sampai semula.

 

6. Mengubah password

Bila kalian pernah mengalami instagram tidak bisa login atau akun instagram telah di hack/diganti password nya oleh orang lain. Nah kalian perlu mengingat bahwa akun kalian menggunakan email dan nomer telepon kalian ,jika memang tersambung dengan enail dan nomer telepon ,kalian cukup buka aplikasi melalu PC/Laptop dan klik forgot password dan ganti kembali password instagran kamu.

 

7. Pastikan koneksi internet stabil

Penyebab yang sering terjadi bagi pengguna instagram adalah gambar yang tidak muncul/Video yang tidak dapat diputar. Kalau kalian mengalami hal tersebut, Coba cek kembali koneksi internet dan kutoa internet kalian yang mungkin sudah habis.

 

8. Menunggu instagram menyelesaikan masalah Internalnya.

jika instagram instagram sedang error secara masal/seluruh pengguna mengalami hal tersebut, maka satu satunya cara adalah dengan menunggu hingga masalah internal instagram diselesaikan oleh pihak yang mengatasi aplikasi.

Nah cukup sekian yang dapat saya jelaskan ,semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags

About The Author

Alvito Nurkholik 17
Novice

Alvito Nurkholik

nama saya Alvito Nurkholik dari SMKN 4 BANDUNG ,saya berada di bidang Rekayasa Perangkat Lunak

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel