Cara Mudah dan Praktis Install MySQL

4 Sep 2019 10:17 310 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seriusan, mudah dan praktis.

Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas secara teori mulai dari pengertian MySQL, kali ini kita akan melakukan instal database MySQL. Namun, jika sebelumnya dikomputer kalian telah terpasang xampp, maka artikel ini bisa kalian lewatkan, karena pada perangkat lunak xampp sudah satu paket dengan database MySQL, sehingga artikel instal database MySQL ini tidak berlaku.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa database MySQL ini sudah diakuisisi oleh oracle, sehingga perkembangannya secara penuh dipegang oleh sun microsystem. Lalu gimana sih cara instal MySQL itu? Yuk simak terus artikelnya!

Oh iya, sedikit pemberitahuan, pada artikel ini saya menggunakan windows 7. Untuk mulai menginstal MySQL silahkan kalian menuju ke website resmi MySQL untuk download MySQLnya.

Nah ketika kalian download MySQL, jangan lupa untuk memastikan arsitektur processornya disesuaikan dengan processor kalian. Kali ini kita tidak perlu menggunakan versi enterprise karena versi tersebut berbayar, sedangkan kita tidak membutuhkannya, kecuali jika memang untuk perusahaan besar.

Biasanya perbedaan versi gratis dan berbayar pada perangkat lunak yang mendasar adalah penyedia akan terus melakukan support update terbaru dan bugfixing.

Setelah kalian selesai download mySQLnya, langsung instal saja. Dan caranya sama saja seperti menginstal aplikasi-aplikasi windows pada umumnya.

Kenapa harus download MySQL? Karena pada artikel tentang MySQL ini kita akan belajar tentang perintah MySQL untuk memanipulasi database. Nah untuk kedepannya, jika kalian ingin membuat aplikasi, kalian tidak perlu lagi mendownload mySQL nya dengan cara yang ini. Kalian cukup dengan menginstal xampp saja. Mengapa begitu? Hal ini karena xampp sudah include MySQL didalamnya.

Untuk cara instalasi xampp itu sendiri sudah saya bahas pada artikel sebelumnya yaitu

http://www.plimbi.com/article/175088/yuk-kita-coba-mempelajari-cara-penulisan-dan-menjalankan-syntax-php-

nah sampai disini kita anggap kalian telah selesai menginstal MySQL.

Sekarang kita coba mengakses MySQL dari command line  atau biasa disebut dengan CMD. Karena kita menggunakan MySQL dari xampp, maka yang harus kita lakukan dulu adalah masuk ke direct.

Perhatikan syntax CMD diatas, karena saya menyimpan data xampp nya pada disk D, maka yang pertama kali saya ketikan adalah “d:”. Tapi jika kalian menginstal xampp dan menyimpannya pada disk C, maka kalian bisa mengabaikan perintah “d:” tersebut dan mengubahnya dengan perintah “cd..” dan seterusnya masih sama, hanya saja beda pada awalnya.

Pada perintah mysql.exe –u (username) itu digunakan jika kita tidak menggunakan password pada saat masuk MySQLnya. Tapi jika kalian menggunaan password, maka kalian tinggal mengubah syntaxnya menjadi “mysql –u root –p”. Lalu kemudian akan dimintai passwordnya. Kemudian lanjut tekan enter dan berhasil masukk ke MySQL.

Oke sampai disini sudah selesai cara instal MySQL-nya. Pada artikel selanjutnya kita akan bahas tentang cara membuat database pada MySQL.

 

 

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 25
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel