Pencarian Data dari Tabel MySQL Menggunakan Query SELECT...LIKE

26 Sep 2019 13:30 656 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa cara penggunaan query SELECT..LIKE dalam MYSQL

Pencarian data dari database  merupakan sebuah kegiatan rutinitas dalam melakukan administrasi database, dalam artikel kali ini kita akan membahas cara pencarian data dari tabel MySQL dengan menggunakan query SELECT..LIKE. Query SELECT..like ini digunakan untuk pencarian sederhana saja. Namun beda halnya untuk pencarian yang lebih rumit kita dapat menggunakan regular expression yang akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Oke langsung saja, yang pertama kita siapkan terlebih dahulu database dan tabelnya. Sebagai sampel, disini saya membuat  sebuah tabel dengan nama “daftar_guru”.

Pencarian Data Tabel MySQL Menggunakan Query SELECT..LIKE Untuk menampilkan tabel berdasarkan pencarian karakter sederhana, MySQL menyediakan query SELECT..LIKE. Format dasarnya sebagai berikut: SELECT nama_kolom_tampil FROM nama_tabel WHERE nama_kolom_cari LIKE keyword_pencarian Nama_kolom_tampil adalah nama dari kolom yang akan ditampilkan. Bisa semua kolom dalam tabel, atau hanya kolom tertentu saja. Nama_tabel adalah nama tabel dimana nama_kolom_tampil berada. Nama_kolom_cari adalah kolom yang akan kita gunakan untuk pencarian. Keyword_pencarian merupakan kata kunci yang digunakan untuk pencarian. Sebagai contoh, kita akan menampilkan seluruh kolom dari tabel daftar_guru yang bernama Sabrina. Maka querynya: Dalam query ini, saya menggunakan LIKE dengan kata kunci yang sama persis dengan isi dari kolom nm_dosen. Query like ini tidak terlalu membantu dalam hal pencarian, karena kita bisa saja mengganti query tersebut dengan operator sama dengan (=), seperti contoh berikut: Namun, jika kita ingin menampilkan seluruh kolom dari tabel daftar_guru dimana nm_guru diawali dengan huruf ‘M’. Maka untuk pencarian seperti ini kita bisa menggunakan query LIKE. MySQL menyediakan 2 karakter khusus untuk pencarian LIKE, yaitu: 1. Karakter “_” Karakter ganti yang cocok untuk satu karakter apa saja. 2. Karakter “%” Karakter ganti yang cocok untuk karakter apa saja dengan panjang karakter tidak terbatas, termasuk tidak ada karakter. Agar mudah difahami, langsung saja kita coba mencari nm_guru yang diawali dengan huruf ‘M’. Saya menggunakan “M%” karena kita ingin mencari nm_guru yang diawali dengan huruf M, dan diikuti oleh karakter apa saja dengan panjang tidak dibatasi. Kita dapat mengganti kata kunci hasil pencarian tersebut dengan karakter lain, sebagai contoh: 1. ‘S%’ Cocok dengan kata yang diawali dengan S, dan diikuti dengan karakter apa saja. Contoh: ‘S’, ‘Saaa’, ‘Si’ ,’Sabrina’, dan lain-lain. 2. ‘S_’ Cocok dengan kata yang diawali dengan S, dan diikuti dengan satu karakter apa saja. Contoh: ‘Sa’ ,’Si’ ,’St’. 3. ‘A__i’ Cocok dengan kata yang diawali dengan ‘A’, dan diikuti oleh 2 karakter bebas, namun diakhiri dengan i. Contoh: ‘Adi’, ‘Andi’, ‘aaaiii’. 4. ‘%e’ Cocok dengan seluruh kata dengan panjang berapapun yang diakhiri dengan huruf E. Contoh: ‘kue’, ‘mie’, kece’. 5. ‘%dia%’ Cocok dengan selutuh kata yang mengandung kata DIA. Contoh: ‘media’, ‘kemudian’, ‘dia’. Kita juga dapat menggabungkan operasi LIKE dengan operator logikan OR dan AND untuk pencarian yang lebih kompleks. Misalnya saya ingin mencari kolom nm_guru yang diakhiri dengan huruf H atau kolom alamat yang diawali dengan huruf B. Maka querynya sebagai berikut:

Pencarian LIKE dan juga operasi pencocokan karakter yang lainnya seperti regular expression didalam mySQL bersifat case sensitif atau case insensitif tergantung dari tipe kolom yang digunakan. Jika kita menggunakan tipe kolom seperti CHAR, VARCHAR, atau TEXT, maka LIKE bersifat case insensitif, dalam artian huruf besar dan kecil dianggap sama dan tidak dibedakan. Namun untuk tipe data binary seperti BINARY, VARBINARY atau BLOB, pencarian LIKE akan bersifat case sensitif, dimana “Andi” dan “andi” dianggap tidak sama. Namun pada umumnya, untuk pencarian kita tidak mempermasalahkan huruf besar dan kecil. Namun jika kalian membutuhkan pencarian case sensitif, maka kita harus merubah tipe kolom tabelnya.  

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 27
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel