Yuk Kita Coba Mempelajari Cara Penulisan dan Menjalankan Syntax PHP

25 Jul 2019 10:27 791 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cara Penulisan Syntax PHP dan cara Menjalakan Syntax PHP

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara penulisan syntax PHP dan cara menjalakan syntax PHP. Yang pertama saya akan membahas tentang cara penulisan syntax PHP.

 

PENULISAN SYNTAX DI PHP

Contoh:

Dari contoh di atas, dapat kita lihat bahwa dalam penulisan syntax PHP diawali dengan tag PHP yang berada pada baris nomor 1, dan diakhiri dengan tag penutup yang berada pada baris nomor 3. Kemudian pada setiap baris dari syntax PHP tersebut harus diakhiri dengan tanda titik koma (;).

Lalu, syntax echo pada contoh diatas itu berfungsi sebagai penampil data. Adapun teks “penulisan syntax PHP” itu merupakan output yang akan dihasilkannya.

Karena PHP harus dijalankan dari sisi server atau dari komputer server, maka untuk menjalankan PHP tersebut kita perlu menginstal web server di pc ataupun laptop yang kita gunakan. Hal ini bertujuan untuk menjadikan laptop atau pc yang kita gunakan sebagai web server yang mampu menjalankan syntax atau file PHP yang kita buat.

Namun, sebelum kita mengetahui tentang cara instalasi web server, kalian harus tau dulu nih tentang apa sih web server itu? Web server adalah layanan yang memiliki fungsi untuk received (menerima) request atau permintaan dari HTTP atau HTTPS dari client melalui web browser (Google Chrome, Mozila Firefox dan lain-lain) dan mengirim kembali hasil request kepada client berupa halaman website yang umumnya berupa file .HTML atau .PHP.

Ada beberapa web server yang paling populer dan paling banyak digunakan yaitu Apache dan Microsoft Windows Server milik perusahaan Microsoft.

 

Pengertian localhost

Localhost merupakan server lokal atau web server yang bekerja atau berjalan pada laptop atau pc. Alamat IP dari localhost adalah 127.0.0.1  yang kemudian diterjemahkan menjadi LOCALHOST. Jadi, localhost terletak pada laptop atau pc yang kita gunakan. Lalu apa fungsi dari localhost ini?. Localhost ini berfungsi untuk menjalankan file .PHP, hal ini dikarenakan  PHP hanya dapat berjalan pada sisi server, maka dari itulah PHP disebut sebagai pemrograman server  side.

Localhost ini hanya dapat diakses dari laptop atau pc yang kita gunakan dengan cara mengakses langsung pada web browser dengan alamat IP dari localhost yaitu http://localhost, maka halaman akan dialihkan ke localhost tempat anda membuat project aplikasi yang berbasis website.

 

PENGERTIAN XAMPP

XAMPP adalah sebuah software untuk menginstal atau memasang localhost pada pc atau laptop. Aplikasi xampp ini bersifat free atau gratis. Sehingga banyak developer  yang menggunakan  aplikasi xampp ini untuk menginstal localhost dan mysql secara gratis.

Dengan menginstal xampp maka database MYSQL dan PhpMyAdmin juga akan ikut terinstal. Karena nanti kita akan butuh MYSQL untuk menyimpan database website yang kita buat, dan kita dapat mengelola database melalui PhpMyAdmin.

 

CARA INSTALASI XAMPP DI WINDOWS DAN CARA MENGGUNAKANNYA

1. Download XAMPP terlebih dahulu. Kita bisa mendownload aplikasi tersebut pada website resminya langsung.

2. Kita hanya tinggal mengikuti intruksi penginstalan XAMPP.

3. Lalu setelah itu, tinggal kita periksa apakah XAMPP tersebut sudah berjalan dengan baik atau tidak.

4. Buka source XAMPP

Perhatikan gambar diatas, tombol start pada Apache berfungsi untuk mengaktifkan localhost, dan tombol start pada MySQL berfungsi untuk mengaktifkan database MySql.

5. Ketikan http://localhost atau http://127.0.0.1 pada web browser yang digunakan. Maka akan muncul intruksi seperti gambar berikut:

Setelah muncul intruksi seperti gambar diatas, maka XAMPP telah berhasil diinstal dan telah siap digunakan.

 

 

 

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 22
Pensil

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel