Pesona Desa Wisata Liyangan di Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah

26 Jun 2019 08:05 637 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Desa wisata Liyangan dikenal dengan situs Liyangan yang banyak menyimpan peninggalan sejarah Kerajaan Mataram kuno indah mempesona. Pesona Desa wisata Liyangan yang lain adalah kolam alam cinta atau kolam renang cinta berbentuk love membuat desa ini menjadi alternatif wisata bagi wisatawan.

Desa wisata di wilayah Kabupaten Temanggung kian hari berkembang pesat .Desa wisata yang ada di wilayah Temanggung banyak menawarkan keindahan alam dan seni budaya yang unik. Desa wisata  Liyangan adalah salah satu dusun terletak di Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung yang terletak  ketinggian 700-1200 mdpl dan berada di sekitar kawasan lereng timur gunung  Sindoro menawarkan keindahan alam yang  unik dan berbeda.

   

Sisi lain  yang berbeda dari Desa wisata Liyangan yang menarik adalah keberadaan tambang pasir. Desa wisata Liyangan diketahui sejak lama  menjadi salah satu lokasi penambangan pasir dan batu atau golongan C di Temanggung tepatnya di lereng timur Gunung Sindoro. Aktivitas   penambangan pasir dan batu dilereng gunung Sindoro menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

     

Aktivitas penambangan pasir dan batu telah berlangsung bertahun- tahun .Tak heran bila kemudian sebagian  penduduk desa Liyangan  berprofesi sebagai penambang pasir. Dari aktifitas penambangan pasir  inilah tanpa sengaja para penambang pasir yang saat menggali lahan penambangan menemukan benda bersejarah yang diduga mirip batu candi 7-12 meter dari permukaan tanah. Semenjak penemuan tersebut aktivitas penambangan pasir hentikan sementara waktu kemudian lokasi ini disurvei dan dilakukan ekskavasi beberapa kali oleh Balai Arkeologi Yogyakarta ternyata hasilnya sangat mengejutkan masyarakat Indonesia. Batuan andesit mirip batu candi yang  ditemukan para penambang pasir dilahan penambangan pasir di dusun Liyangan adalah kompleks  pemukiman Mataram kuno  yang kemudian dikenal dengan nama Situs Liyangan.

     

Kompleks situs Liyangan yang ditemukan di Dusun Liyangan hanya sebagian kecil dan sekitar 6000 meter diduga masih banyak menyimpan  peninggalan sejarah yang terpendam dalam tanah.Diperkirakan luas situs Liyangan ini makin meluas mencapai 5-6 hektar hingga kini kawasan terus dilakukan penelitian. Komplek situs Liyangan diduga tidak saja sebagai tempat ibadah melainkan juga komplek pemukiman dan pertanian kuno yang  disinyalir juga bagian  peninggalan Mataram kuno abad VII. Dugaan situs Liyangan bagian dari sejarah Mataram kuno kian kuat setelah ditemukan tembikar seperti : guci, kuali, piring kuno dan lainnya di kawasan situs Liyangan.

 

Sejak itulah sampai sekarang Dusun Liyangan menjadi pusat perhatian masyarakat Indonesia.Tak sedikit masyarakat berbagai daerah sekitar Temanggung datang ke Dusun Liyangan untuk berwisata  dan melihat dari dekat keberadaan situs Liyangan sekaligus belajar mengenal sejarah. Situs Liyangan juga menjadi sisi lain dari pesona Desa wisata Liyangan yang perlu menjadi rekomendasi bagi wisatawan.

     

Semenjak adanya situs Liyangan kini wajah Dusun Liyangan menjelma menjadi desa wisata  yang mempesona yang kemudian dikenal dengan nama Desa wisata Liyangan. Di Desa wisata Liyangan wisatawan bisa menemukan keindahan alam yang berbeda  dari desa wisata yang ada di wilayah Temanggung. Wisatawan tidak saja dapat melihat dari dekat  keindahan situs Liyangan yang dikenal memiliki nilai  seni yang tinggi. Wisatawan juga dapat melihat keindahan alam yang berbeda lainnya yaitu kolam renang cinta. Desa wisata Liyangan makin mempesona setelah kawasan ini dibangun destinasi wisata baru yang berupa kolam cinta.Kolam cinta adalah sebuah kolam berbentuk love cinta atau sering disebut kolam renang cinta. Kolam renang  alam  atau dikenal  sebagai kolam renang cinta bentuk kolamnya berdesain love cinta. Kolam renang cinta mempesona apalagi kolam yang terdiri 3 kolam  ini  di kelilingi pepohonan,persawahan  dan perkebunan sayur mayur membuat indah mempesona.

 

Air Kolam alam renang  cinta  berasal dari mata air Umbul Tempurung di gunung Sindoro. Menariknya 3 kolam renang Cinta yang ada dikawasan Desa wisata Liyangan  dibangun dengan kedalaman yang berbeda-beda. Makin mempesona apalagi kawasan ini dipercantik pelbagai ornamen dan tanaman hias yang menarik dan dibangun sekitar kolam membuat tempat ini menjadi alternatif wisata yang mengasyikkan. Keberadaan Situs Liyangan ,kolam renang cinta yang ada di wilayah Desa wisata Liyangan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tradisi unik yang digelar masyarakat Desa Liyangan setiap tahunnya seperti : tradisi nyadran Lepen dan Grebeg Agung Liyangan melengkapi indahnya berwisata di desa ini.

     

Tags Wisata

About The Author

Ningsih 28
Pena

Ningsih

seorang penulis yang lagi belajar menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel