Mau Merasakan Windows 98 atau Machintos Sytem 7? Tak Perlu Repot, Hanya Butuh Browser

23 Mar 2016 15:00 3340 Hits 3 Comments Approved by Plimbi
Kalau di cari-cari di tempat penjual software atau download lalu diinstal mungkin agak ribet. Kalau tak mau ribet dan tak perlu benar-benar meng-instal kita bisa menggunakan browser populer seperti Firefox atau Chrome.

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya bagaimana Sistem Operasi dulunya, sebelum OS modern muncul, ketika masih sangat sederhana dan masih sangat awal. Kalau di cari-cari di tempat penjual software atau download lalu diinstal mungkin agak ribet. Kalau tak mau ribet dan tak perlu benar-benar meng-instal kita bisa menggunakan browser populer seperti Firefox atau Chrome.

 

Ada beberapa OS yang bisa kita coba melalui browser seperti Windows 1.0, Mac System 7, AmigaOS dan DOS. Anda bisa mencoba OS-OS klasik ini tanpa harus ada di hard disk Anda. Selamat mencoba dan mengenal sejarah OS PC.

 

Windows 1.0

Sebelum Windows mendominasi pasar global OS mereka memulainya dengan user interface dengan grafis yang sangat sederhana. Seperti apa dia? Mari kita lihat apa yang diberikan Steve Ballmer.

Tahun 1985 Windows 1.0 meluncur. Bila Anda mau melihat nenek moyang OS yang Anda gunakan sekarang? Tidak perlu repot, cukup kunjungi Windows 1.0 di jsmachines.net.

Saat Anda membuka website ini, dia akan mulai mendownload file-file yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows 1.0.

Bila Anda ingin mencoba Windows 3.0 silahkan klik di sini, bahkan Anda juga bisa menjalankan Widows 98 di browser Anda, silahkan klik di sini.

 

Mac OS System 7

Apple sudah lama membuat komputer dan sangat menarik bagaimana desain OS yang mereka buat hingga sampai pada Mac hari ini. Jika Anda ingin tahu versi jadul sistem operasi dari perusahaan eksklusif ini bisa kita lihat dari browser. Silahkan klik di sini.

Anda bisa menelusuri OS ini atau mencoba beberapa freeware yang ada di dalamnya. Di sini tersedia Shufflepuck, program astronomi yang bernama Orion dan versi awal Microsoft Word untuk Mac.

 

Amiga 500

Komputer terlaris di Eropa selama tahun 80-an - bukan Mac atau PC –dia adalah Amiga. Anak-anak modern pasti membicarakan Windows dan Mac yang selalu menjadi rival, tetapi sebenarnya Amiga adalah pemain utama di bisnis ini.

Ingin merasakannya? Kita bisa merasakannya secara online melalui browser Anda. Anda bisa merasakan OS yang tenar hingga 1991 ini.

Ini merupakan demo awal yang menunjukkan apa yang bisa dilakukan Amiga. Anda bisa mendengar awalnya text to speech (sekarang sangat terkenal di Android, Cortana, Siri dan lainnya) dan ada juga animasi video. Ini cukup mengagumkan. Klik di sini untuk mencobanya.

 

PC DOS 5

Apakah Anda masih ingat DOS? Harusnya masih. Pengguna Windows bisa membuka Command Promt untuk mengenangnya kembali, tetapi bila Anda ingin lebih dari itu Anda harus mencoba IBM PC emulator online ini.

Di sini Anda bisa mencoba tiga  game klasik yang dasar game-game modern saat ini, Wolfenstein 3D, Civilization dan Monkey Island.

 

Bila Anda ingin merasakan OS-Os lainnya bisa kunjungi Copy.Sh. Di sini ada beberapa OS jadul termasuk Linux, KolibriOS, Solar dan sebagainya.

 

Versi bukan Emulator

Ingin bernostalgia dengan cara yang lebih dalam? Anda bisa kunjungi Virtual Desktop.org. Situs ini tidak menawarkan emulator, tetapi Anda bisa menjelajahi screenshot interaktif dan Windows dan Mac. Semuanya bekerja seperti apa yang kita harapkan, Start Menu, masuk ke folder, namun tentu tidak semua bisa berjalan seperti OS aslinya.

 

Anda penggemar Hover? Ada di browser

Mau Merasakan Windows 98 atau Machintos Sytem 7? Tak Perlu Repot, Hanya Butuh Browser

Agak melenceng memang dari artikel ini, tetapi bila Anda pernah merasakan Windows 95 game ini tentu akan membuat Anda senang.

Anda mungkin pernah dengar Microsoft meluncurkan Hover menjadi game web based – tetapi itu merupakan game yang sudah di modernisasi dengan tampilan yang lebih gelap. Tetapi, kita masih mungkin untuk mengembalikannya ke versi original, cukup ketik bambi sebelum melakukan apa pun, Hover versi Windows 95 akan muncul.

Tags Windows Appel

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel