6 Langkah Cepat untuk Mengubah Pola Hidup Konsumtif

28 Feb 2016 08:10 3161 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mengubah pola hidup konsumtif adalah sebuah langkah besar yang akan sangat bermanfaat.

Pola hidup yang konsumtif sebenarnya bisa disebabkan oleh semakin modernnya kehidupan. berbagai kebutuhan yang mudah didapatkan, harga yang terjangkau, diskon-diskon, dan bahkan keinginan untuk mengoleksi barang tertentu yang sebenarnya tidak banyak digunakan.

Memelihara pola hidup konsumtif bukanlah pilihan yang bijak. Uang yang Anda kumpulkan dari hasil bekerja hanya akan habis begitu saja tanpa bersisa. Padahal kemungkinan besar Anda akan sangat membutuhkannya suatu hari nanti.

Berbelanja banyak keperluan dan juga berbelanja barang-barang kesukaan memang sangat menyenangkan, hanya saja bila tidak dikontrol, akibatnya akan tidak baik. Pola hidup konsumtif harus segera Anda tangani agar Anda tidak menjadi seseorang yang hanya menghabiskan uang beigtu saja.

Berikut beberapa langkah cepat yang bisa Anda lakukan untuk menekan kebiasaan hidup konsumtif sampai akhirnya Anda benar-benar bisa meninggalkan kebiasaan hidup yang kurang baik ini.

Tabungkan Sebagian Uang Anda

6 Langkah Cepat untuk Mengubah Pola Hidup Konsumtif

Gambar via: static.ciputraentrepreneurship.com

Salah satu cara untuk menekan pola hidup konsumtif adalah konsisten menabungkan sebagian uang Anda setiap bulannya. Kebiasaan menabung yang dipupuk dengan baik akan terus tumbuh dan menjadi kebiasaan yang tidak bisa dilepaskan. Selain itu, sedikit demi sedikit kebiasaan menabung ini akan mengikis pola hidup konsumtif.

Menabung juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan Anda. Anda bisa mendapatkan uang dalam jumlah banyak untuk keperluan yang lebih penting di masa depan. Anda juga bisa membeli sebuah properti seperti rumah dengan uang tabungan Anda, lebih bermanfaat, bukan?

Mendahulukan Apa yang Dibutuhkan

6 Langkah Cepat untuk Mengubah Pola Hidup KonsumtifGambar via: www.keypersonofinfluence.com

Kebutuhan setiap hari merupakan hal yang penting untuk dipenuhi. Oleh karena itu, belanjakanlah uang Anda untuk kebutuhan yang memang harus dipenuhi. Sedangkan keperluan yang Anda inginkan sebaiknya ditekan sebisa mungkin agar pengeluarannya tidak lebih besar dari pengeluaran untuk kebutuhan.

Anda bisa membeli keperluan yang Anda inginkan jika memang ada sisa uang. Hal ini bisa membantu Anda untuk menekan keinginan Anda membelanjakan uang untuk keperluan yang sebenarnya tidak dalam keadaan darurat harus didapatkan pada waktu tersebut.

Memanfaatkan Sebagian Uang Anda untuk Amal

Beramal atau bersedekah merupakan salah satu hal yang bisa menentramkan hati yang melakukannya. Selain itu, kegiatan ini juga tentunya akan sangat membantu mereka yang memang sedang sangat membutuhkan bantuan.

Kegiatan beramal ini juga bisa memberikan kesadaran moral kepada Anda tentang pentingnya menghemat uang dan saling membantu. Masih ada banyak saudara di luar sana yang membutuhkan uang untuk kehidupan sehari-harinya. Anda bisa mulai belajar untuk menahan diri dari pola hidup konsumtif dengan menyumbangkan sebagian uang yang tentunya akan jauh lebih bermanfaat.

Mulai untuk Melakukan Investasi

6 Langkah Cepat untuk Mengubah Pola Hidup KonsumtifGambar via: www.pelcapital.org

Agar penghasilan Anda bisa bermanfaat untuk masa depan dan tentunya mampu membantu Anda menekan pola hidup konsumtif adalah dengan berinvestasi. Investasi bisa dalam bentuk apa saja. Misalnya Anda menginvestasikan uang Anda untuk properti seperti rumah.

Jika memang rumah tersebut belum Anda gunakan pada saat ini, Anda bisa menyewakannya terlebih dahulu. Selain Anda memiliki rumah masa depan, Anda juga mendapatkan penghasilan dari uang sewa rumah tersebut setiap bulan atau tahunnya.

Di masa depan, saat Anda sudah tidak berada dalam usia produktif untuk bekerja, Anda bisa memanfaatkan rumah tersebut sebagai rumah masa depan Anda. Selain itu, Anda juga tetap bisa menjalankan usaha lain dari uang tabungan hasil sewa rumah tersebut.

Mengurangi Aktivitas Jalan-Jalan di Pusat-Pusat Perbelanjaan

Jalan-jalan memang menjadi kegiatan yang bisa membuat perasaan menjadi senang dan pikiran tidak terlalu tegang. Hanya saja, sebaiknya hindari kegiatan jalan-jalan ke tempat yang menjadi pusat perbelanjaan seperti mall.

Jika Anda tidak sanggup menahan diri, bisa saja Anda dengan mudah membelanjakan uang Anda untuk barang-barang yang sebenarnya tidak sedang Anda butuhkan. Nah, menghindari aktivitas jalan-jalan ke tempat seperti mall bisa membantu diri Anda untuk mengubah pola hidup konsumtif.

Sebaiknya lakukan aktivitas jalan-jalan ke ruang terbuka hijau seperti taman atau ke tempat-tempat seperti pantai atau bukit. Selain tidak memakan banyak biaya, Anda pun bisa bersantai dari segala kepenatan kerja.

Rajin Membuat Anggaran Belanja Setiap Bulannya

Cara lainnya yang bisa membantu Anda untuk menekan pola hidup konsumtif adalah dengan membuat anggaran belanja. Dalam anggaran belanja ini Anda bisa menuliskan apa saja yang Anda butuhkan setiap bulannya dan berapa jumlah yang harus Anda keluarkan.

Anda akan mengetahui bahwa dengan membuat anggaran belanja, Anda bisa menekan pengeluaran dan tetap memiliki uang lebih untuk ditabung. Nah, jika memang ada sisa uangnya baru bisa Anda belanjakan untuk sesuatu yang sifatnya menyenangkan Anda. Hanya saja, tetap harus dibatasi agar program pengubahan pola hidup konsumtif ini bsia berjalan dengan lancar.

 

Itulah beberapa langkah dan tips dalam mengubah pola hidup yang konsumtif. Selamat mencoba!

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel