Apa itu Vintage? Berikut Penjelasan Pengertian Vintage

16 Feb 2016 19:27 190785 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tentang vintage dan pengertiannya

Vintage? Apa itu Vintage? Pertanyaan ini cukup meganggu saya ketika saya mendengar seseorang mengucapkan kata ini. Sebenarnya, saya sudah cukup lama tahu kata ini. Tapi, saya tidak terlalu peduli dan baru penasaran ketika saya mulai sedikit baca tentang furnitur dan fashion.

Yap, benar sekali!. Vintage umumnya identik dengan hal-hal yang berhubungan dengan barang seperti fashion atau furnitur.  Tapi tidak selalu karena  kata vintage juga digunakan dalam dunia otomotif. Umumnya orang menyebut seperti ini jika mendengar kata "vintage". 

“Barang itu terkesan vintage yah?”

“Gaya berpakaian vintage akhir-akhir ini cukup ngetrend di kalangan anak muda”

Contoh fashion vintage

Apa itu Vintage? Berikut Penjelasan Pengertian Vintage

 

Kedua kalimat tadi paling tidak paling banyak didengar. Kalau pembaca jarang mendengar minimal tahu dari artikel di situs internet. Lalu, sebenarnya apa itu vintage?

 


Asal Kata  ‘Vintage’

Vintage umumnya merujuk pada sesuatu yang kuno. Tapi kata ini pada awalnya tidak ada hubungannya dengan sesuatu yang kuno. Berdasarkan penelusuran saya di Wikipedia, Vintage mengacu pada suatu waktu (tahun biasanya) ketika anggur sedang dipanen.

Asal katanya sendiri berasal dari “vinum”. “Vinum” ini merupakan bahasa latin yang artinya lebih populer sebagai sebuah minuman dari fermentasi anggur. Kata “vintage”digunakan saat para petani akan memanen anggur.

 

Apa itu Vintage? Berikut Penjelasan Pengertian Vintage

Lukisan yang berjudul Vintage karya Satyrs dan Maenads (sumber wikipedia)

 

Entah kenapa kemudian vintage mengalmi perubahan makna yang cenderung pada sesuatu yang kuno. Saya tidak mau memikirkannya lebih lanjut sih.

Daripada memikirkan itu, lebih baik mari simpulkan jika vintage identik dengan sesuatu yang berhbuungan hal-hal kuno dengan kualitas baik dan unik. Setidaknya pengertian ini diakui pada masa lalu. Dalam benda misalnya, sesuatu yang disebut vintage biasanya mengacu pada usianya yang lama. Jika usia benda tersebut semakin lama, maka nilai keunikannya semakin bertambah.

 

Vintage Dalam Berbagai Pengertian

Vintage ini ternyata tidak bisa didefenisikan secara general. Vintage dapat dimaknai ketika mengacu pada konteks tertentu. Misalnya, dalam furnitur, vintage identik dengan model furnitur yang usang atau kuno. Bukan berarti barang furnitur tersebut dibuat pada masa lampau, vintage dalam furnitur lebih menekankan pada desain barang tersebut yang dibuat dengan kesan vintage.  

Muncul juga istilah benda-benda antik yang disebut vintage. Benda-benda semacam ini berbeda dengan konsep furnitur vintage. Bila furnitur vintage lebih pada pembuatan desainnya, maka barang antik yang disebut vintage mengacu pada barang yang memang diproduksi pada masa lalu. Umumnya, barang-barang yang dibuat pada tahun 1830 sampai 1930.

 

Contoh benda antik vintage

Apa itu Vintage? Berikut Penjelasan Pengertian Vintage

 

Dalam dunia fashion, vintage umumnya mengacu pada gaya berpakaian tahun 20 sampai 60-an. Tapi, ada juga yang menyatkan pengertian vintage pada fashion yang lebih spesifik, yakni sebuah gaya baju dengan banyak sentuhan bungan dan warna yang mencolok. Biasanya lengkap dengan sentuhan pitar. Umumnya, gaya  berpakaian vintage agak norak tetapi terlihat manis dan tetap menarik.

Dalam dunia fotografi, vintage biasanya mengacu pada foto-foto dengan tema hitam putih. Tema-tema foto dengan kesan coklat juga umumnya selalu identik dengan vintage. Kini, foto vintage semakin populer adanya aplikasi media sosial Instagram yang bisa membuat foto lebih terkesan vintage.

Istilah vintage juga muncul dalam dunia otomotif. Contohnya adalah mobil yang disebut vintage car.  Istilah vintage car ini mengacu pada bentuk mobil yang dibuat pada kisaran tahun 1919 hingga  1930.  Bentuk mobil ini dapat dikenali dengan bak terbuka dan linkaran bodi pada bagian ban terlihat lebih membulat. Jenis mobil vintage ini umumnya kini diincar oleh para pengoleksi mobil kuno. Tak jarang movil vintage muncul di berbagai pameran mobil.


Contoh mobil vintage

Apa itu Vintage? Berikut Penjelasan Pengertian Vintage
 

 

Nah, kurang lebih begitulah pengertian vintage. Semoga deskripsi terjawab menjawab pertanyaan  “Apa itu Vintage?”.  Jadi, nanti jika ada yang menanyakan tentang vintage tidak salah menjawab lagi.

Oh yah, sebelum saya tutup artikel ini, sebenarnya saya sendiri masih penasaran apakah konsep vintage juga bisa dipakai pada bidang lain yah? Bisa saja kan muncul istilah vintage pada bidang yang lain. Misalnya, lukisan vintage atau bisa juga dalam bidang teknologi. Bisa saja ada teknologi dengan desain vintage meski saya tidak tahu akan seperti apa bentuknya.


 

 

Tags Unik

About The Author

Hilman 79
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel