6 Hal Penting Sebelum Ambil Kredit Mobil di Jakarta

2 Mar 2020 13:30 255 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kredit mobil tidak hanya diberlakukan untuk mobil baru saja tetapi juga mobil bekas. Hal ini memberi peluang besar bagi Anda supaya bisa memiliki kendaraan tersebut. Namun sebelum memutuskan, harus memperhatikan beberapa hal penting seperti berikut:

Mengingat harga mobil di pasaran tidak murah, maka kredit menjadi solusi terbaik jika ingin memilikinya. Tidak heran jika pembelian dengan sistem ini menjadi sangat diminati oleh masyarakat. Namun, ada hal penting sebelum ambil kredit mobil di Jakarta yang harus dipikirkan dahulu.

 

Hal Penting Sebelum Ambil Kredit Mobil

Kredit mobil tidak hanya diberlakukan untuk mobil baru saja tetapi juga mobil bekas. Hal ini memberi peluang besar bagi Anda supaya bisa memiliki kendaraan tersebut. Namun sebelum memutuskan, harus memperhatikan beberapa hal penting seperti berikut:

 

  • Memilih Tipe Mobil Sesuai Kebutuhan

Sebelum Anda membeli mobil, tentukan dahulu jenis yang sesuai kebutuhan. Misalnya, membutuhkan mobil keluarga dengan banyak penumpang maka bisa membeli mobil berukuran lebih besar. Seperti Toyota Avanza atau Toyota Innova.

Sementara jika membutuhkan mobil untuk pergi ke kantor bisa membeli dengan ukuran yang lebih kecil supaya mudah dikendarai, seperti Toyota Yaris, Toyota Agya, Honda brio dan sejenisnya.  

 

  • Bandingkan Harga di Beberapa Dealer

Saat Anda sudah yakin dengan mobil pilihan, langkah selanjutnya adalah pergi ke beberapa dealer dan membandingkan harga beserta program kreditnya. Meskipun memiliki merek sama, terkadang memiliki perbedaan dalam suku bunganya.

Supaya tidak terjadi penyesalan dikemudian hari, sebaiknya Anda jangan terburu-buru menjatuhkan pilihan tanpa adanya pertimbangan matang dan perbandingan terlebih dahulu. Berbeda dengan Toyota Jakarta yang menyajikan harga hampir sama di setiap dealernya.

 

  • Perhatikan Harga Beli dan Harga Jual Mobil

Beberapa jenis mobil akan mengalami penurunan harga 10-15% setelah keluar dari showroom. Kejadian itu kemudian menjadi salah satu hal penting yang harus dipikirkan dengan baik. Terlebih jika jangka waktu cicilan terlalu lama tentu bisa dipastikan akan mengalami kerugian.

Tetapi juga ada mobil yang harga bekasnya justru lebih mahal dari harga jualnya. Apabila tidak mau rugi di kemudian hari, sebaiknya memperhatikan merk, jenis mesin serta spesifikasi penting lainnya. Mobil Toyota cenderung memiliki harga yang stabil dan tidak banyak penurunan.

 

  • Lihat Harga Total yang Harus Dibayarkan

Hal penting sebelum ambil kredit mobil di Jakarta dengan kebutuhan perbulan cukup tinggi yaitu, memutuskan untuk melakukannya harus memikirkan total harga yang akan dibayarkan. Biasanya pihak leasing atau bank mengambil bunga sekitar 20% dari harga jualnya.

Dengan begitu, bisa menghitung berapa pengeluaran yang diperlukan sampai pelunasan. Jangan tertipu bahwasanya semakin kecil cicilan. Ini karena berefek, akan semakin lama membayar dan sangat berisiko bagi keuangan Anda.

 

  •  Uang Muka dan Besar Cicilan

Saat memilih membeli mobil menggunakan sistem kredit, harus mempersiapkan uang muka. Misalnya mobil Toyota yang biasanya berkisar antara 20-30% dari harga mobil. Besarnya uang muka tersebut disesuaikan dengan besarnya ciclan yang nantinya akan dibayar.

Kesimpulannya, jika uang muka yang diberikan lebih besar maka besarnya cicilian tiap bulan akan lebih ringan. Supaya Anda tidak berhenti di tengah jalan, sebaiknya memiliki patokan seperti jumlah cicilan tidak lebih dari 1/3 penghasilan per bulannya.

 

  • Jangka Waktu Kredit

Dalam kredit mobil sangat penting untuk menentukan jangka waktu cicilan yang diinginkan. Bisa satu tahun, tiga tahun atau lima tahun. Disarankan untuk memilih jangka waktu cicilan sesingkat mungkin meski dengan jumlah cicilan perbulannya lebih besar.

Alasannya adalah apabila semakin lama jangka waktu kreditnya, maka uang yang harus dibayarkan akan semakin besar pula. Ini juga berdasarkan fakta bahwasanya harga jual mobil dari waktu ke waktu akan mengalami penurunan.

Membeli mobil dengan sistem kredit memang sangat memudahkan masyarakat Jakarta untuk memilikinya. Meski memberikan banyak kemudahan, jangan sampai ceroboh. Anda harus tetap memikirkan beberapa hal penting sebelum ambil kredit mobil di Jakarta.

Tags

About The Author

Candra Bi 16
Novice

Candra Bi

playmaker https://panduanmenulis.com/

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel