Inilah Perbandingan Xiaomi Redmi 3 vs Xiaomi Redmi 2!

13 Jan 2016 11:00 8910 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perbandingan spesifikasi Redmi 3 dan Redmi 2

 Xiaomi Redmi 3 datang membawa spesifikasi yang menarik sehingga membuat orang banyak melirik. Kehadiran produk ini tentunya menjadi bukti serius Xiaomi dalam menghadirkan smartphone  untuk kelas harga terjangkau. 

Tidak main-main, Xiaomi Redmi 3 hadir dengan spesifikasi yang lebih tinggi di banyak aspek dibandingkan generasi sebelumnya, Xiaomi Redmi 2. Perbedaan ini tentunya akan membuat orang yang tadinya berniat membeli Redmi 2 bisa menunggu waktu sampai Redmi 3 keluar.


Saya menyarankan Anda untuk menahan diri jika memang ingin punya gadget Xiaomi. Redmi 3  menjadi pilihan terbaik yang bisa Anda pilih nantinya.

Tentunya saya bicara hal ini karena jika dibandingkan, Xiaomi Redmi punya banyak keunggulan. Kalau tak percaya, mari kita bandingkan kedua produk ini.

Inilah Xiaomi Redmi 3 versus Xiaomi Redmi 2.

 

Desain dan Layar

Kita tahu kalau Redmi 2 membawa kesan desain yang cukup menarik meskipun tidak terlihat premium. Tapi  desainnya itu lumayan bagus. Nah, Redmi 3 masih memakai konsep desain serupa dengan Redmi 2. Perbedaannya, Redmi 3 berbalut bodi metal yang tentunya menjadi kelebihan tersendiri.

Menjadi kelebihan karena  smartphone berbodi metal umumnya hadir di kelas flagship.

Perbedaan juga terletak pada ukuran dimensinya. Dimensi Redmi 2 adalah 134 x 67.2 x 9.4 mm dengan bobot berat 133 gram. Sementara Redmi 3 datang dengan dimensi 139 .3 x 69.4 x 8.5 mm dengan bobot 144 gram

Tentu perbedaan dimensi didasari karena Redmi 3 mengusung layar 5 inci. Sementara Redmi 2 hanya datang dengan layar  4,7 inci. Sebenarnya, layar 4,7 inci sudah cukup bagus karena pas di genggaman. Tapi layar 5 inci saat ini menjadi idaman karena banyak pengguna menyukai smartphone layar 5 inci.

Oh yah layar  5 inci pada Redmi 3 ini masih mengusung resolusi HD 1280 x 720 piksel. Resolusi yang sama dengan Redmi 2.  Kesamaan resolusi ini membuat layar iPS Redmi 3 hanya memiliki kerapatan layar yang lebih kecil, yakni 294 ppi. Beda dengan Redmi 2 yang mengusung 312 ppi.

 

Perbedaan tentang hal ini bisa disimak pada tabel berikut ini.

Inilah Perbandingan Xiaomi Redmi 3 vs Xiaomi Redmi 2!

 

 

Performa


Xiaomi Redmi 2 hadir dengan chipset Snapdragon 410 yang sebenarnya sudah cukup ampuh menjalankan games dengan grafis yang lumayan tinggi. Apalagi jika memakai Redmi 2 Prime yang hadir dengan RAM 2GB membuat performa Redmi 2 cukup baik.

Tentu XiaomI Redmi 3 tidak hadir hanya dengan peningkatan RAM semata. Chipset yang digunakan tentunya harus lebih besar.  Dan XIaomi memilih menggunakan Snapdragon 616 yang memiliki delapan inti prosesor dengan GPU Adreno 405.

GPU yang lebih baik dan dukungan prosesor yang lebih baik tentu membuat Redmi 3 memiliki nilai performa yang lebih baik. Apalagi disokong dengan RAM 2GB.

Oh yah, Redmi 3 sudah hadir dengan memori internal 16GB yang tentunya bisa membuat Anda punya penyimpanan yang lebih lega. Redmi 2 sebenarnya sudah punya kapasitas yang sama, hanya saja Redmi 2 Prime dan bukan Redmi 2 versi standar.

Inilah Perbandingan Xiaomi Redmi 3 vs Xiaomi Redmi 2!

 

Kamera

Kamera XIaomi Redmi 2 memang menjadi teras akurang karena hanya hadir dengan kamera belakang 8MP dan kamera depan 2MP. Sementara  produk pesaing sudah menggunakan sensor kamera yang lebih tinggi.

Untuk itu, Xiaomi Redmi 3 hadir menggunakan kamera dengan sensor yang cukup tinggi. Kamera depannya meningkat menjadi 5MP membuat pengalaman selfie menjadi lebih menyenangkan. Sementara kamera belakang hadir dengan sensor 13MP dengan berbagai fiturnya. Lebih menarik bukan?

 

Konektivitas

Tidak banyak perbedaan soal konektivitas Redmi 2 maupun Redmi 3. Keduanya mengusung jaringan yang sama dan sudah mendukung jaringan 4G LTE. Perbedaan paling terletak pada slot microSD pada Redmi 3 yang slotnya berbagi dengan slot SIM.

Artinya, pengguna tinggal memilih apakah akan menggunakan dual SIM atau satu slot SIM dengan dukungan kartu memori eksternal yang bisa digunakan sampai 128GB.

 

Baterai

Yah, inilah sesuatu yang sangat bagus dari Redmi 3. Sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh pengguna Indonesia, sebuah smartphone di kelas terjangkau dengan kapasitas besar. Redmi 3 hadir untuk itu dengan kapasitas  4100 mAh. Bandingkan dengan Redmi 2 yang hanya 2200 mAh.

Baterai pada Redmi 3 juga menggunakan jenis baterai Li-Ion. Sementara Redmi 2 menggunakan Li-Po 2200 mAh.

Inilah Perbandingan Xiaomi Redmi 3 vs Xiaomi Redmi 2!

 

Kesimpulan

Menilik hasil perbandingan Xiaomi Redmi 3 versus Xiaomi Redmi 2, tampak bahwa Redmi 3 hadir dengan spesifikasi yang tentunya lebih baik. Apalagi smartphone ini hadir dengan OS Lolipop sementara Redmi 2 masih membawa OS Android KitKat.

Harganya juga tak jauh berbeda. Kabarnya Xiaomi Redmi 3 dibanderol seharga CNY699 yang jika dirupiahkan menjadi sekitar 1,5 jutaan. Bisa jadi masuk Indonesia sekitar Rp 1.7 atau 1,8 juta.

Jadi, tundalah dulu membeli Xiaomi Redmi 2. Tunggu  kehadiran Xiaomi Redmi 3. Dan bersabarlah!.

Tags Xiaomi

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel