Jangan Biarkan Benda Elektronik di Rumah Anda Kotor!

24 Dec 2015 13:19 3103 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Barang elektronik yang ada di rumah ahrus dirawat dan dibersihkan dengan teratur.

Membersihkan benda elektronik sudah menjadi kebiasaan saya yang menyenangkan. Mengapa menyenangkan? Bila benda-benda elektronik yang ada di rumah selalu terjaga kebersihannya, maka masa pakainya pun akan semakin lama dan tentunya saya bisa lebih berhemat lagi.

Benda elektronik sama halnya dengan benda-benda lainnya yang ada di rumah, membutuhkan perhatian dalam hal kebersihan. Ada banyak jenis benda-benda elektronik di rumah, tetapi perawatan dan cara membersihkannya berbeda-beda. Tetapi secara umum, Anda cukup selalu mengelap permukaan luarnya agar tidak banyak debu yang menempel.

Berikut beberapa tips untuk merawat dan membersihkan benda elektronik di rumah berdasarkan jenis benda elektroniknya.

 

Merawat dan Membersihkan Ponsel

Jangan Biarkan Benda Elektronik di Rumah Anda Kotor!Gambar via: anekainfounik.wordpress.com

Ponsel bisa dikatakan sebagai salah satu benda elektronik yang tidak bisa jauh dari kehidupan banyak orang. Sekarang ini, ponsel bisa menjadi media untuk sebagian orang mengerjakan pekerjaannya. Oleh karena itu, jika ingin ponsel bisa lebih lama digunakan, maka harus dirawat dan rutin dibersihkan.

Simpanlah ponsel saat tidak digunakan di tempat yang tidak terlalu dingin atau juga terkena sinar matahari. Tempat yang kering dan suhu yang tidak begitu panas merupakan tempat yang baik untuk ponsel Anda.

Matikan ponsel ketika melakukan proses pengisian baterai. Gunakan pelindung luar ponsel yang akan membantu meminimalisasi kerusakan jika terjatuh atau terbentur. Tidak menyimpan data terlalu banyak di ponsel sehingga akan membuatnya tetap bisa berjalan dengan normal dan tidak melambat.

 

Merawat dan Membersihkan DVD Player

Jangan Biarkan Benda Elektronik di Rumah Anda Kotor!

Gambar via: vacationequipmentrentals.com

 

Untuk penggemar film, DVD Player saat ini masih menjadi benda elektronik yang banyak dicari. Cara perawatan yang baik untuk DVD Player adalah pertama selalu menyimpannya di dalam suhu ruang. Kedua, bersihkan bagian luar DVD Player bila bisa setiap hari agar tidak ada debu yang menempel.

Ketiga, simpanlah DVD Player di tempat yang kering serta tidak menumpuk benda lain di atas DVD Player. Keempat ketika Anda memindahkan DVD Player. Usahakan untuk mengecek apakah DVD sudah dimatikan sebelum kabelnya dicabut dan dipindahkan. Hati-hati dalam memindahkan DVD Player karena sentakan yang keras akan membuat bagian dalamnya cepat rusak.

 

Merawat dan Membersihkan Televisi Layar Datar

Jangan Biarkan Benda Elektronik di Rumah Anda Kotor!Gambar via: sharinginfoonline.files.wordpress.com

Televisi layar datar yang Anda miliki di rumah, baik keluaran lama atau terbaru perlu dirawat sebaik mungkin. Televisi layar datar memiliki ketahanan rata-rata sepuluh tahun atau lebih. Tetapi jika dalam waktu lima tahun televisi sudah mengalami penurunan fungsi, maka sebaiknya segera Anda ganti dengan yang baru.

Usahakan untuk tidak menyentuh layar dari televisi layar datar karena akan membuat pixel pada televisi menjadi rusak. Buatlah ventilasi udara yang baik dan cukup sehingga akan membuat televisi tetap dalam suhu yang normal. ventilasi udara yang baik akan membantu mendinginkan televisi yang sudah mulai panas.

Untuk membersihkan bagian eksterior televisi termasuk layar, gunakanlah sehelai kain yang halus dan kering. Lakukan pembersihan secara hati-hati dan tidak menekan kuat pada layar. Usahakan untuk tidak menggunakan cairan yang disemprotkan karena akan menimbulkan bekas bercak pada layar televisi.

 

Merawat dan Membersihkan Laptop

Jangan Biarkan Benda Elektronik di Rumah Anda Kotor!

Gambar via: www.viatekno.com

Benda elektronik satu ini juga memerlukan perawatan yang intensif dan baik dari pemiliknya. Sama halnya dengan ponsel, laptop merupakan benda elektronik penting yang sebagian besar menyimpan data-data tugas dan pekerjaan.

Cara perawatannya sebenarnya mudah untuk dilakukan. Selalu bersihkan laptop dengan menggunakan kain yang lembut baik untuk bagian luar maupun dalamnya. Belilah cairan pembersih layar laptop khusus agar tampilan layar selalu cerah dan bersih.

Untuk membersihkan sela-sela keyboard laptop, gunakan sapu kecil khusus yang mampu menyapu sampai ke sela-sela keyboard. Cabut baterai jika laptop digunakan dalam keadaan kabel daya terhubung. Gunakan kipas eksternal di bawah laptop untuk mengurangi panas pada saat digunakan.

 

Benda-benda elektronik yang terawat dengan baik akan bisa digunakan lebih lama. Selain itu, jika peralatan atau benda elektronik Anda selalu terawat dan bersih, maka Anda sendiri yang diuntungkan, bukan?

Semoga tips-tips untuk merawat dan membersihkan benda elektronik di rumah ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel