Flashdisk, SD Card atau Hardisk Internal Rusak, Bermasalah? Coba Car Ini

23 Dec 2015 16:00 4229 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Jika flashdisk, SD Card atau hard bekerja lambat atau malah tidak bekerja, cleaning drive dan menghapus partisi adalah salah satu solusi yang mungkin baik. Ini juga bisa mengatasi masalah drive yang tidak dapat di format atau yang menunjukkan kapasitas yang salah

Jika flashdisk, SD Card atau hard bekerja lambat atau malah tidak bekerja, cleaning drive dan menghapus partisi adalah salah satu solusi yang mungkin baik. Ini juga bisa mengatasi masalah drive yang tidak dapat di format atau yang menunjukkan kapasitas yang salah.

Trik ini juga akan menghapus partisi yang tidak bisa dihapus dengan cara normal seperti Disk Management, partisi disk built-in di Windows. Proses ini akanbenar-benar menghapus tabel partisi dari disk untuk memungkinkan Anda mengatur ulang.

Peringatan: Proses ini benar-benar akan menghapus seluruh disk Anda, jadi pastikan Anda punya cadangan file yang ada di disk tersebut atau pastikan tidak ada file yang penting. Untuk hardisk internal, pastikan Anda memilih partisi yang benar, jangan sampai menghapus disk yang salah.

 

1. Buka Command Promt (as Administrator)

Flashdisk, SD Card atau Hardisk Internal Rusak, Bermasalah? Coba Car Ini

Buka Command Promt sebagai administrator. Di windows 10 atau 8.1 cukup klik kanan tombol Start atau tekan tombol Windows + X dan pilih Command Promt (Admin).

Di Windows 7 Anda perlu mencari Commnd Promt di Start Menu. Ketik Command di search bar Start Menu kemudian klik kanan Command Promt dan pilih Run as Administrator.

 

2. Gunakan dikspart untuk membersihkan disk

Kita akan menggunakan perintah diskpart untuk melakukan ini. Sebelum melanjutkan pastikan Anda menghubungkan USB Flash drive, SD Card atau drive apa pun yang ingin Anda bersihkan.

Untuk menjalankan diskpart ketik perintah berikut ke jendela Command Promt dan tekan ENTER:

diskpart

Flashdisk, SD Card atau Hardisk Internal Rusak, Bermasalah? Coba Car Ini

Munculkan daftar diskpart yang terhubung ke komputer dengan mengetikkan perintah berikut dan tekan ENTER:

list disk

Flashdisk, SD Card atau Hardisk Internal Rusak, Bermasalah? Coba Car Ini

Perhatikan dengan cermat out put perintah untuk mengidentifikasi jumlah disk yang ingin dibersihkan. Berhati-hatilah di sini! Jika Anda memilih disk yang salah, Anda akan membersihkan disk yang salah dan Anda akan kehilangan data penting.

Pada gambar di bawah kita bisa lihat Disk 0 238GB dan Disk 1 14GB. Kita tentu tahu berapa besar kapasitas flashdisk yang dicolokkan ke komputer. Di sini Disk 0 merupakan drive sistem (harddisk) dan Disk 1 adalah flashdisk.

Setelah Anda tahu Disk mana yang akan dibersihkan ketika perintah berikut, ganti # dengan nomor disk yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

select disk #

Command diskpark sekarang memilih disk yang sudah Anda tentukan. Setiap perintah yang Anda berikan sekarang diterapkan di disk yang sudah di pilih. Untuk menghapus sepenuhnya tabel partisi disk yang sudah dipilih ketik perintah berikut dan tekan ENTER.

Perhatian: Ini akan menghapus semua data di disk yang dipilih! Pastikan Anda sudah mem-backup data penting sebelum melanjutkan!

clean

Anda akan melihat diskpart berhasil membersihkan disk jika semuanya bekerja dengan benar. Sekarang Anda sudah selesai. Tutup jendela Command Promt untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

 

3. Partisi dan Memformat Disk

Sekarang seharusnya Anda sudah bisa menakses, parisi dan memformat disk seperti biasa menggunakan Disk Management yang disediakan Windows. Anda juga bisa menggunakan perintah diskpart untuk melakukan hal ini, tetapi seperti akan lebih mudah menggunakan tool yang menggunakan antarmuka.

Untuk memulai Disk Management di Windows 10 atau 8.1 klik kanan tombol Start dan pilih Disk Management. Pada Windows 7 tekan tombol Windows + R ketik diskmgmt.msc di kolom Run dan tekan ENTER.

Anda akan melihat disk yang tidak punya partisi. Klik kanan space yang tidak berisi dan pilih New Simple Volume untuk membuat partisi pada disk dan format dengan sistem file yang Anda inginkan. Secara default Windows akan membuat partisi tunggal yang mencakup seluruh drive.

Jika cara ini tidak berhasil, misalnya Anda berhasil membersihkan drive tetapi sepertinya tidak berfungsi normal saat membuat partisi atau jika diskpart tidak bisa membaca disk kemungkinan disk tersebut rusak secara fisik dan tidak bekerja dengan baik. Tetapi, membersihkan drive dengan diskpart adalah solusi yang bisa membuat drive yang tampak rusak bagi kebanyakan orang untuk kembali berfungsi dengan baik.

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel