Lakukan 5 Tips Foto Flat Lay Untuk Hasil Terbaik!

20 Nov 2015 19:00 3958 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Cara foto objek dengan faya foto flat lay

Gaya trend foto flat lay adalah salah satu gaya foto yang sedang di trend, terutama di kalangan pengguna Instagram.

Saya sendiri baru tahu kalau ada gaya foto seperti ini. Waktu saya tahu, saya pikir gaya foto ini adalah gaya foto selfie yang macam ragamnya itu. Tapi ternyata salah.

Lakukan 5 Tips Foto Flat Lay Untuk Hasil Terbaik!

Foto flat lay adalah salah satu gaya foto yang menempatkan berbagai objek di atas permukaan datar. Objek-objek tersebut bisa apa saja. Namun, umumnya, para pengguna Instagram sering memamerkan foto flat lay dengan objek benda seperti sepatuh, tas, buku, bunga dirangkai salam atu bingkat flat lay.

Saya juga mencoba cara foto flat lay ini. Dan hasilnya seperti pada gambar.

Tidak terlalu bagus sih karena bendanya tidak terlalu banyak. Tapi yah saya sudah mencobanya.

Lain kali juga saya akan mencoba foto gaya flat lay ini dengan berbagai tips yang saya baca di internet. Dan karena saya baik, saya juga akan membagikan tips foto flat lay kepada Anda yang juga senang dengan gaya foto semacam ini.

 

1.  Gunakan Latar Putih atau Meja Kayu  

Salah satu ciri khas foto flat lay adalah menempatkan benda-benda atau objek pada permukaan yang sangat rata. Itu, artinya latar atau background foto patut diperhatikan.

Kalau saya perhatikan, banyak foto flat lay yang bagus hasilnya dengan latar warna putih. Ada juga yang menyarakan dengan latar meja kayu seperti yang saya lakukan.

Ada juga yang menyarankan foto flat lay menggunakan sprey putih tapi saya tidak yakin ini sangat bagus mengingat sprey akan menimbulkan efek latar bergelombang jika tidak rapi

 

2. Mengatur Pencahayaan

Pengaturan cahaya sangat penting agar foto flat lay bisa menghasilkan kualitas foto dengan pencahayaan yang baik. Dan pencahayaan foto yang baik adalah pencahayaan foto yang berasal dari cahaya matahari.

Ini didasari karena cahaya matahari ternyata berpengaruh pada cara kita memfoto objek dari atas. Beda, jika kita memfoto saat malam yang akan membuat bayangan tangan pada foto.

 

3. Jangan Terlalu Rapat!

Kesalahan saya pada foto fat lay itu adalah merapatkan setiap objek. Ini ternyata kurang bagus. Menempatkan objek dengan memberikan ruang diantara tiap objek ternyata membuat hasil foto fat lay lebih menarik.

Apalagi jika objek-objek tersebut diatur secara merata dan tampak membuat garisan pinggir persegi.

 

4. Meneliti Lagi Objek dari Atas

Setelah menempatkan berbagai objek di atas permukaan datar, pastikan lagi objek-objek tersebut sudah sesuai. Jika terlalu rapat, maka geser dan beri uang. JIka ada objek pakaian yang akan di foto. Pastikan pakaian tersebut sudah rapi.

Untuk mengecek hal ini, bisa dilakukan untuk melihat objek dari sudut pandang atas sebelum difoto. Memantau dengan cara ini akan membuat Anda lebih teliti dan membuat Anda bisa menentukan pas tidaknya. 

Cara ini tentunya dilakukan agar Anda tidak memotret berkali-kali lantaran hasil foto dianggap kurang bagus. Tapi, sebenarnya jika Anda tidak keberatan untuk melakukan pemotretan ulang dan try error, hal in tidaklah terlalu bermasalah.

 

5. Foto Fat Lay Sebaiknya MemilikI Tema
 

Foto fat lay yang bagus adalah foto fat lay yang memiliki konsep yang jelas. Dalam hal ini, foto fat lay sebaiknya memiliki tema tersendiri agar tampak lebih menarik.

Contohnya adalah foto fat lay dengan tema fashion. Maka dalam foto, Anda bisa memasukan barang-barang yang berhubungan dengan gaya busana. Contohnya, baju, celana, sepatu, tas, dan lainnya .

Tentu kurang elok jika kemudian Anda menambahkan buku pada foto tersebut.


Contoh lain, jika temanya adalah gadget, tentu saja barang-barang yang ada di objek tersebut adalah gadget-gadget canggih macam smartphone, tablet, smartwatch, laptop, dan gadget lainnya.

Tema juga bisa dibuat tidak berdasarkan kategori bendanya tapi berdasarkan pewarnaan. Misalnya, Anda memiliki sejumlah barang dengan warna yang sama. Maka tidak ada salahnya Anda melakukan foto fat lay dengan tema warna tersebut.  

Nah, itulah tips tentang cara foto fat lay yang mungkin berguna buat Anda. Terlebih buat Anda yang memang sering bermain Instagram.

 

Sumber: Blog Tokopedia

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel