Selain Wortel, Ternyata 5 Makanan ini Baik Untuk Mata

10 Nov 2015 17:21 2659 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kelima makanan ini dapat menjaga kesehatan mata kita.

Zaman sekarang, orang yang menggunakan kacamata jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan ketika Zaman pemerintahan bung Karno.

Mungkin semua rekan pembaca disini sudah tahu bahwa hal ini disebabkan oleh radiasi cahaya yang dikeluarkan oleh layar elektronik baik itu layar monitor, televisi ataupun smartphone. Namun, sebenarnya ada cara mencegah dan menanggulangi radiasi tersebut seperti apa yang tertulis pada artikel-artikel di bawah ini

• Tips Kesehatan Mata Agar Tidak Cepat Lelah di Depan Layar Komputer

• 10 Cara Mudah Melindungi Mata Anda

Namun, dari kedua artikel di atas tidak ada yang menyebutkan secara spesifik bahwa ternyata memakan makanan tertentu juga dapat menjaga serta meningkatkan kesehatan mata.

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar tentang “Makanan yang menyehatkan mata?”

Pasti hampir semua orang berpikiran bahwa makanan yang dapat menyehatkan mata tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah “Wortel.”

Hal tersebut memang benar, karena wortel memiliki betakaroten, yaitu sebuah tipe vitamin A yang memberikan sayuran ini warna orange. Betakaroten sangat berguna bagi mata karena vitamin ini membantu retina dan bagian mata lainnya sehingga dapat bekerja dengan lancar.

Tapi, pasti ada saat dimana kita bosan memakan wortel dan kesehatan mata sendiri tidaklah hanya bergantung pada betakaroten sendiri salah satunya adalah pada vitamin-vitamin yang terkandung dalam 5 jenis makanan berikut ini.

 

1. Sayuran Hijau

Dari namanya, sayuran hijau sudah pasti adalah berbagai jenis sayuran berwarna hijau dimana pada umumnya berbagai jenis sayuran hijau penuh dengan lutein dan zeaxamthin, yaitu suatu jenis antioksidan yang menurut sebuah penelitian yang diunggah ke situs aoa.org antioksidan tersebut dapat mengurangi resiko terkena penyakit katarak dan degenerasi makula atau yaitu sebuah peristiwa rusaknya sel-sel khusus dalam makula retina.

 

2. Telur

Kuning telur pada telur adalah sumber utama dari lutein dan zeaxanthin. Selain itu, pada kuning telur juga terdapat zinc yang juga dapat membantu mengurangi resiko terjadinya degenerasi makula. Hal ini sesuai dengan apa yang dinyatakan oleh Paul Dougherty, yaitu direktur medis dari Dougherty Laser Vision di Los Angeles.

 

3. Jeruk dan Buah Berry

Buah-buahan ini adalah buah-buahan dengan vitamin C terbanyak dibandingkan buah-buahan lainnya. Menurut sebuah penelitian, Vitamin C juga ternyata terbukti membantu mengurangi terkena resiko penyakit katarak dan juga degenerasi makula.

 

4. Almond

Kacang dipercaya dapat menumbuhkan jerawat. Padahal pada kacang almond yang penuh dengan vitamin E dikatakan dapat memperlambat terjadinya kerusakan sel-sel pada retina atau yang dalam istilah kedokteran dikenal dengan nama degenerasi makula.

Satu ons kacang almond sama dengan setengah dosis vitamin E yang dibutuhkan mata perharinya.

 

5. Ikan Gemuk

Ikan tuna, ikan salmon, ikan makarel bahkan hingga ikan teri sangatlah kaya akan DHA, yaitu sebuah asam lemak yang dapat ditemukan pada retina mata kita.

Kekurangan DHA akan mengakibatkan sebuah sindrom dimata mata akan mengalami kekeringan. Hal ini dinyatakan oleh seorang direktur bedah refraktif dari pusat pengobatan Montefiore di New York City.

 

Penutup

Itulah 5 jenis makanan yang ternyata memiliki kandungan bermanfaat bagi mata selain wortel dengan betakarotennya. Mengkonsumsi kelima makanan di atas serta mengikuti saran-saran yang sudah ditulis dalam dua artikel rekomendasi di atas dapat menjamin terjaganya kesehatan mata Anda baik dari radiasi cahaya yang ditimbulkan oleh benda-benda elektronik ataupun karena seiring bertambahnya. [FM]

 

 

Via: Health.com

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel