Prosesor, Mengenalnya Lebih Jauh

29 Oct 2015 11:04 2504 Hits 0 Comments
Dalam komputer atau smartphone, prosesor memiliki fungsi vital.

Prosesor merupakan komponen dalam computer, atau smartphone yang memiliki peranan sangat penting. Prosesor mempunyai tugas untuk memproses perintah yang kita berikan kepada smartphone atau computer kita. Tanpa ada prosesor, tidak mungkin sebuah computer kita operasikan.

Prosesor dapat kita ibaratkan sebagai otak didalam tubuh kita, dialah yang melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Dia adalah sebuah IC (integrated circuit) yang mengendalikan seluruh jalannya system computer.

Dalam computer, prosesor ditaruh didalam socket atau tempat dudukan yang sudah tersedia di motherboard. bagi yang hobi otak-atik perangkat keras dalam computer, tentunya faham dengan posisi prosesor dalam motherboard.

Untuk mengukur kinerja prosesor, kita menggunakan satuan Gigahertz (GHz). Dalam spesifikasi sebuah computer atau smartphone, biasanya tertulis 2 GHz, artinya si prosesor tersebut sanggup membaca 2000 miliar perintah dalam sekali pengerjaanya.

Dalam perjalanan selanjutnya, kita mengenal istilah prosesor yang memiliki kemampuan komputas 32 bit dan 64 bit, baik di perangkat computer maupun smartphone. Salah satu perangkat smartphone yang pertama mengadopsi prosesor 64 adalah Iphone 5s, awalnya kehadiran prosesor 64 di smartphone tidak begitu jadi perhatian dan dicemooh, namun beberapa waktu terakhir ini, vendor-vendor smartphone banyak mengadopsi prosesor yang berkemampuan 64 bit.

Dalam dunia prosesor, juga dikenal istilah core. Saat ini, kita mengenal prosesor dualcore, quadcore hingga octacore. Dengan semakin banyaknya jumlah core, diklaim bahwa kemampuan multitasking atau multithread semakin baik.

Dengan kemampuan core atau inti semakin banyak, maka masing-masing inti dari prosesor tersebut memiliki tugas dan fungsi masing-masing sehingga mampu menjalankan perintah sekaligus. Masing-masing core/ inti, dapat bekerjasama dengan sirkuit lain, seperti cache, manajemen memori dan input atau output. Untuk aplikasi game atau film 3D, bukanlah suatu hal yang sulit untuk prosesor quadcore yang mendukung multithread.

Saat ini, prosesor yang disematkan kedalam smartphone sudah mendukung jumlah yang core yang semakin banyak. Vendor-vendor prosesor seperti Qualcomm ataupun Mediatek berlomba-lomba dalam pengembangan teknologi prosesor untuk memberikan yang terbaik dalam rangka memenuhi kebutuhan komputasi modern.

Meskipun prosesor merupakan sebuah otak dalam computer atau smartphone, namun prosesor bukanlah satu-satunya factor kinerja sebuah perangkat menjadi mumpuni. Sebuah prosesor yang tidak didukung oleh Memori atau RAM, ataupun grafis yang bagus juga akan membuat kinerja perangkat tidak optimal.

Tags Prosesor

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel